Rabu, 20 Mar 2019

Pembangunan Tol Trans Sumatera Tersendat

Jumat, 21 Okt 2016 19:26
BAGIKAN:
ist
Tol Trans Sumatera.

SABAHBALAU (EKSPOSnews): Pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni--Terbanggi Besar, Lampung sepanjang 140 kilometer masih tersendat akibat belum tuntasnya pembebasan lahan.

"Sejak kunjungan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, hingga sekarang pengerjaan jalan tol agak tersendat akibat sejumlah lahan yang belum dibebaskan," kata salah satu pegawai PT Waskita Karya yang tidak mau disebutkan namanya di Sabahbalau, Lampung Selatan, Jumat 21 Oktober 2016.

Ia mengatakan bahwa perusahaan diberikan proyek untuk pengerjaan jalan tol sepanjang 40 kilometer mulai dari Desa Sidomulyo hingga Desa Sabahbalau dan sekitarnya di Lampung Selatan, namun tersendat karena belum tuntasnya pembebasan lahan hingga sekarang.

Menurutnya, dari 40 kilometer itu, perusahaan baru dapat mengerjakan jalan tol yang telah dirigid sepanjang 6,5 km.

"Seharusnya akhir Mei lalu pembebasan lahan harus sudah tuntas sehingga kami dapat bekerja," kata dia.

Ia mengaku pesimistis pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sesuai target yakni selesai pada awal tahun 2018 mengingat belum tuntasnya pembebasan lahan.

"Saya tidak tahu permasalahannya seperti apa? hingga pembebasan lahan hingga sekarang belum tuntas karena yang mengurusi masalah itu ada instansi lain yang menanganinya," ujarnya.

Ia menjelaskan beberapa lahan di Desa Lematang menuju Desa Sidomulyo hingga sekarang pembebasan lahannya belum tuntas sehingga menghambat pengerjaan proyek.

Menurutnya, tim pembebasan lahan seharusnya bisa membebaskan lahan secara 'step by step' sehingga kontraktor juga dapat mengerjakan proyek tol juga secara bertahap.

"Bila pembebasan lahan tidak bisa dilakukan sekaligus, tim seharusnya bisa melakukan pembebasan secara bertahap sehingga kontraktor dapat mengerjakan jalan juga secara bertahap," jelasnya.

Ia mengatakan sejumlah alat berat banyak 'menganggur' karena tidak ada lahan yang akan dikerjakan untuk pembangunan jalan tol.

Ia juga mengharapkan pembebasan lahan segera tuntas sehingga perusahaan dapat mengerjakan pembangunan jalan tol sesuai target.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Pasokan Air Tirtanadi Sudah Lama Tersendat-sendat

    MEDAN (EKSPOSnews): Ketersediaan pasokan air bersih PDAM Tirtanadi terkendala akibat berkurangnya debit air Sibolangit yang disebabkan musim kemarau yang mulai melanda daerah itu.Direktur Air Minum PD

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99