Jumat, 19 Okt 2018

Pembangunan PLTA Batangtoru Dilanjutkan

Oleh: Jallus
Senin, 11 Jun 2018 05:06
BAGIKAN:
istimewa.
PLTA.
JAKARTA (EKSPOSnews): Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Batangtoru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, dilanjutkan karena pembayaran pembebasan lahan untuk proyek tersebut telah selesai.

"Kami sedang membuka lahan untuk membuat jalan akses terbatas menuju lokasi utama dari proyek PLTA Batangtoru. Hingga kini, kami telah berhasil membuka lahan hingga 40 persen dari panjang jalan jalan yang kami rencanakan," ujar Manajer Humas PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) Agus Supriono saat menyampaikan perkembangan dari proyek ini kepada media, di Jakarta, Minggu 10 Juni 2018.

Menurut dia, PLTA Batangtoru dirancang sebagai PLTA irit lahan merupakan proyek untuk memasok listrik di wilayah Sumatera.

Luas lahan yang telah dibebaskan pada kurun waktu 2013-2017 oleh PT NSHE untuk pengerjaan proyek ini adalah sebesar 677 hektare ditambah 12 hektaer untuk 85 titik tapak menara transmisi.

"Seluruh proses hukum yang berkaitan dengan pembelian dan pembayaran lahan tahap pertama telah selesai dilakukan seluruhnya. Perusahaan telah membayar minimum 4 kali lebih besar dari harga yang tertera di NJOP," ungkap Kuasa Hukum PT NSHE Syamsir Alam Nasution, Dengan telah diselesaikannya urusan pembayaran lahan tersebut, maka pembuatan jalan akses terbatas menuju lokasi utama proyek pun telah dimulai sejak Desember 2017.

Selain itu, PT NSHE telah menyelesaikan berbagai kesiapan lain yang diperlukan untuk tetap menjaga keseimbangan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati, juga hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial dan dampak lainnya dari proyek PLTA Batangtoru.

PLTA Batangtoru dirancang sebagai proyek yang berwawasan lingkungan, dengan minimnya penggunaan lahan sebagai dam yang hanya memerlukan 90 hektare.

Dam ini akan bekerja dengan metode "run of river hydropower" sehingga akan sangat bergantung pada ketersediaan dan debit air yang optimal.

"Oleh karenanya, menggunakan energi baru terbarukan dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem di Batangtoru merupakan komitmen kami, agar melalui proyek PLTA Batangtoru ini kami pun bisa mendukung upaya pemerintah pusat dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia," tambah Agus Pihaknya berharap dengan selesainya proses pembayaran lahan tahap pertama untuk kebutuhan proyek PLTA Batangtoru maka bisa berkonsentrasi untuk menyelesaikan pembuatan jalan akses.

Denga demikan, lanjutnya, proyek tersebut bisa terus bergulir, dan pasokan listrik berkuatan 510 MW pada saat beban puncak bisa segera dirasakan oleh masyarakat Sumatera.

Hasbulah Pospos, warga desa adat yang lahannya telah dibeli oleh PT NSHE untuk pembangunan proyek tersebut mengatakan, harga pembelian yang diterimanya layak.

"Dan prosesnya pun telah selesai dilakukan. Semua proses dan pembayaran pun tidak berbelit-belit dan tidak ada pihak ketiga yang terlibat," ujar Hasbulah.

Dia mengungkapkan dari hasil pembayaran tanah dirinya bisa mempunyai modal untuk melakukan usaha bagi keluarga.

"Saya berharap proyek ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga hasilnya nanti bisa segera dirasakan, tidak saja oleh saya, tapi juga oleh anak cucu," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pembangunan PLTA Batangtoru Tak Ganggu Habitat Orangutan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara tidak mengganggu keberadaan orangutan seperti dikampanyekan sejumlah kalangan. Ha

  • satu bulan lalu

    PLTA Batangtoru Tak Ganggu Orangutan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memastikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru di Tapanuli Selatan, tidak akan mengganggu kelestari

  • 3 bulan lalu

    PLTA Batangtoru Jaga Ekosistem

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) berkomitmen untuk menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.Manajer Humas PT North Sumater

  • tahun lalu

    Dosen Perlu Melanjutkan Studi ke Luar Negeri

    PADANG (EKSPOSnews): Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X  Herri menyarankan dosen kampus swasta yang ada di bawah kepengawasan lembaganya dapat meraih kesempatan b

  • 2 tahun lalu

    Sidang Mantan Menteri BUMN yang Disebut Bersih Itu Dilanjutkan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menyatakan tiga saksi akan dihadirkan dalam persidangan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam perkara dugaan korupsi di PT Panca Wira Usa

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99