Sabtu, 22 Sep 2018

Pasar Perumahan Tetap Menjanjikan

Oleh: marsot
Jumat, 29 Jun 2018 06:26
BAGIKAN:
istimewa.
Perumahan.
SOLO (EKSPOSnews): Real Estate Indonesia (REI) menyatakan tahun politik tidak mempengaruhi bisnis sektor perumahan di Jawa Tengah mengingat mayoritas pembelian dari konsumen bukan untuk investasi.

"Kebanyakan pembelian digunakan untuk sendiri, berbeda dengan investasi yang biasanya cenderung mempertimbangkan kebijakan pemerintah yang artinya pasti dipengaruhi oleh situasi perpolitikan," kata Ketua REI Jawa Tengah MR Prijanto di Solo, Kamis 28 Juni 2018.

Meski demikian, ia tidak memungkiri pilkada serentak yang baru dilaksanakan pada Rabu (27/6) akan memberikan angin segar bagi sektor perumahan.

"Paling tidak ketika masyarakat melihat situasi pilkada termasuk di Jawa Tengah berlangsung aman, damai, dan kondusif membuat minat pembelian rumah oleh masyarakat akan meningkat," katanya.

Dengan demikian, ia berharap pada semester dua mendatang penjualan rumah khususnya tipe menengah dan menengah ke atas dapat lebih baik dibandingkan semester satu tahun ini.

Meski enggan penyebutkan angka penjualan, Prijanto mengatakan pada periode tersebut penjualan rumah khususnya tipe menengah ke atas mengalami penurunan hingga 10 persen jika dibandingkan periode sama tahun lalu.

"Entah itu karena berhubungan dengan kemampuan beli masyarakat atau kemauan, kami belum tahu alasannya. Yang pasti kondisinya tidak lebih baik dibandingkan tahun lalu," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah bisa memberikan keringanan melalui kebijakan-kebijakan yang pro terhadap sektor perumahan.

"Misalnya pelonggaran LTV (loan to value, red) mengenai uang muka. Dengan besaran uang muka yang rendah tentu minat pembelian akan muncul. Apalagi seperti yang saya katakan, pembeli di Jawa Tengah biasanya untuk digunakan sendiri," katanya.

Menurut dia, jika pembelian digunakan untuk kebutuhan sendiri maka masyarakat akan diringankan dengan uang muka rendah, sedangkan jika untuk investasi maka investor akan lebih senang ketika harga terus mengalami kenaikan.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Properti di Lampung Menjanjikan

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Founder Pinehurst Michael Riady menyatakan perekonomian di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung cepat meningkat, sehingga bisnis properti di kota ini sangat menjanjikan.

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99