Minggu, 21 Okt 2018

PLN Bangun Pembangkit Listrik Biomassa

Oleh: marsot
Kamis, 20 Sep 2018 03:19
BAGIKAN:
istimewa.
Pembangkit listrik.
MEULABOH (EKSPOSnews): Pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) yang telah direncanakan di wilayah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Manager PT PLN Area Meulaboh, Redi Suzanto, di Meulaboh, mengatakan mesin pembangkit listrik tersebut menggunakan bahan baku organik biodiesel, pembangunan infrastruktur energi itu dilakukan dengan pola bisnis Independent Power Producer (IPP).

"Di wilayah PLN Area Meulaboh belum ada rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) karena bahan baku tidak tersedia. Kalau biodiesel itu sangat memungkinkan dan sudah disurvey sesuai kebutuhan di Simeulue,"sebutnya, Rabu 19 September 2018.

Hal itu menyikapi langkah - langkah strategis Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, di mana saat ini sedang mengupayakan terbangunnya PLTSa di daerah, seperti yang sudah terlaksana dibeberapa kota di Indonesia.

Redi mengatakan direncanakan PLTBm di kepulauan terluar Provinsi Aceh itu berkapasitas 5 - 6 Megawatt (MW), sementara bahan untuk bahan baku dimanfaatkan potensi lokal serta didatangkan secara mobile dari perusahaan yang ditunjuk pemerintah.

Dengan hadirnya pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) tersebut, akan membuat daerah destinasi wisata bahari Indonesia surplus energi, sengaja memang disiapkan oleh pemerintah untuk menyambut kehadiran investor di masa mendatang.

"Simeulue merupakan daerah kepulauan yang saat ini banyak dilirik investor, kebutuhan energi merupakan salah satu hal yang wajib disediakan. Mungkin persoalannya nanti harga per Kwh dari PLTBm ini lebih mahal dari yang kita produksi selama ini," imbuhnya.

Disampaikan sebelumnya oleh Redi, bahwa pemerintah juga membangun satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 5 MW di Kabupaten Simeulue, hal itu menyikapi potensi penambahan daya dan pertumbuhan ekonomi.

Dengan penyediaan daya 6 MW untuk Kabupaten Simeulue selama ini, sebenarnya masih tercukupi, namun ini sebagai upaya ke depan untuk mengantisipasi perkembangan beban daya listrik dan pertumbuhan ekonomi regional dan nasional.

Redi juga berpesan kepada masyarakat pelanggan di wilayah kerja PT PLN Area Meulaboh untuk membayar rekening listrik tepat waktu, dirinya juga meminta maap atas semua kekurangan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Redi Suzanto, Rabu (19/9) pagi, mengikuti serahterima jabatan karena akan berpindah tugas sebagai Manager PT PLN Area Punorogo, Distribusi Jawa Timur, sementara Manager PT PLN Area Meulaboh yang baru adalah Ediwan, dari Deputi Manager Perencanaan Sistem Kelistrikan PLN Wilayah Aceh.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    KPK Beberkan Peran Dirut PLN di PLTU Riau-1

    JAKARTA (EKSPOSnews): Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK membeberkan sejumlah peran Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir dalam pengadaan proyek "Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap

  • 3 minggu lalu

    PLN Akan Bangun 2 Pembangkit Listrik Biomassa

    PONTIANAK (EKSPOSnews): General Manager PLN Wilayah Kalbar, Richard Safkaur mengatakan, PLN akan membangun 2 Pembangkit Listrik Tenaga Bio Massa (PLTBM) di Kalbar sebagai komitmen untuk pengembangan E

  • 3 minggu lalu

    Upaya PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan Palu

    MANADO (EKSPOSnews): Pada Jumat (28/9), sekitar pukul 14.00 WIB gempa pertama kali mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6 dengan

  • 4 minggu lalu

    Peserta Tes Calon Pegawai PLN Mengadu ke Ombudsman

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Puluhan peserta tes calon pegawai PLN mengadu ke Ombudsman RI Perwakilan Aceh karena merasa dirugikan dan proses seleksi yang mereka nilai tidak transparan.Puluhan peserta tes

  • satu bulan lalu

    PLN Bantu Pengembangan Museum Pusaka Nias

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) membantu pengembangan Museum Pusaka Nias yang berada di Kota Gunung Sitoli, Provinsi Sumatera Utara.Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilaya

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99