Senin, 17 Jun 2019

PLN Bangun Pembangkit Listrik Biomassa

Oleh: marsot
Kamis, 20 Sep 2018 03:19
BAGIKAN:
istimewa.
Pembangkit listrik.
MEULABOH (EKSPOSnews): Pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) yang telah direncanakan di wilayah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Manager PT PLN Area Meulaboh, Redi Suzanto, di Meulaboh, mengatakan mesin pembangkit listrik tersebut menggunakan bahan baku organik biodiesel, pembangunan infrastruktur energi itu dilakukan dengan pola bisnis Independent Power Producer (IPP).

"Di wilayah PLN Area Meulaboh belum ada rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) karena bahan baku tidak tersedia. Kalau biodiesel itu sangat memungkinkan dan sudah disurvey sesuai kebutuhan di Simeulue,"sebutnya, Rabu 19 September 2018.

Hal itu menyikapi langkah - langkah strategis Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, di mana saat ini sedang mengupayakan terbangunnya PLTSa di daerah, seperti yang sudah terlaksana dibeberapa kota di Indonesia.

Redi mengatakan direncanakan PLTBm di kepulauan terluar Provinsi Aceh itu berkapasitas 5 - 6 Megawatt (MW), sementara bahan untuk bahan baku dimanfaatkan potensi lokal serta didatangkan secara mobile dari perusahaan yang ditunjuk pemerintah.

Dengan hadirnya pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) tersebut, akan membuat daerah destinasi wisata bahari Indonesia surplus energi, sengaja memang disiapkan oleh pemerintah untuk menyambut kehadiran investor di masa mendatang.

"Simeulue merupakan daerah kepulauan yang saat ini banyak dilirik investor, kebutuhan energi merupakan salah satu hal yang wajib disediakan. Mungkin persoalannya nanti harga per Kwh dari PLTBm ini lebih mahal dari yang kita produksi selama ini," imbuhnya.

Disampaikan sebelumnya oleh Redi, bahwa pemerintah juga membangun satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 5 MW di Kabupaten Simeulue, hal itu menyikapi potensi penambahan daya dan pertumbuhan ekonomi.

Dengan penyediaan daya 6 MW untuk Kabupaten Simeulue selama ini, sebenarnya masih tercukupi, namun ini sebagai upaya ke depan untuk mengantisipasi perkembangan beban daya listrik dan pertumbuhan ekonomi regional dan nasional.

Redi juga berpesan kepada masyarakat pelanggan di wilayah kerja PT PLN Area Meulaboh untuk membayar rekening listrik tepat waktu, dirinya juga meminta maap atas semua kekurangan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Redi Suzanto, Rabu (19/9) pagi, mengikuti serahterima jabatan karena akan berpindah tugas sebagai Manager PT PLN Area Punorogo, Distribusi Jawa Timur, sementara Manager PT PLN Area Meulaboh yang baru adalah Ediwan, dari Deputi Manager Perencanaan Sistem Kelistrikan PLN Wilayah Aceh.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    PLN Serahkan Ribuan Al Quran di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) Wilayah Aceh telah menyerahkan 1.000 Al Quran kepada Provinsi Aceh yang saat itu diterima Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Daud Pakeh

  • 4 minggu lalu

    Rekapitulasi Suara Pemilih Alot di PPLN Kuala Lumpur

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memutuskan menunda proses rekapitulasi tingkat nasional untuk empat provinsi dan satu wilayah kerja panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Kuala Lump

  • satu bulan lalu

    Sistem Kelistrikan Sumut Sempat Mengulah

    MEDAN (EKSPOSnews): Sistem kelistrikan dari Pembangkit Listrik Belawan, Sumatera Utara yang sempat mengalami penurunan karena gangguan pasokan gas, telah pulih, kata Manajer Komunikasi PLN Wilayah Sum

  • satu bulan lalu

    Sahur Tanpa Penerangan Listrik

    LUBUK PAKAM (EKSPOSnews): Warga di Kota Medan, Deliserdang dan Langkat serta sejumlah daerah lainnya di Provinsi Sumatera Utara, pada hari ke-4 Ramadhan harus sahur dengan penerangan seadanya karena p

  • 3 bulan lalu

    Mempromosikan Kompor Induksi di Lubukbasung

    LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) Rayon Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mempromosikan kompor listrik induksi kepada warga dan karyawan perusahaan itu di halaman kantor PLN terseb

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99