Senin, 17 Des 2018

PLN Akan Bangun 2 Pembangkit Listrik Biomassa

Oleh: alex
Selasa, 02 Okt 2018 03:46
BAGIKAN:
istimewa.
Proyek Perusahaan Listrik Negara (PLN).
PONTIANAK (EKSPOSnews): General Manager PLN Wilayah Kalbar, Richard Safkaur mengatakan, PLN akan membangun 2 Pembangkit Listrik Tenaga Bio Massa (PLTBM) di Kalbar sebagai komitmen untuk pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

"Pengembangan EBT melalui pembangunan PLTBM menjadi satu di antara prioritas PLN terutama di regional Kalimantan untuk menggantikan pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak atau diesel. Hal ini merupakan komitmen PLN dalam mengejar target bauran EBT nasional sebesar 23 persen pada tahun 2025," ujarnya di Pontianak, Senin 1 Oktober 2018.

Ia menjelaskan saat ini PLN Wilayah Kalbar sudah memiliki 3 pengembang yang memasuki tahapan verifikasi akhir dan 1 yang sudah beroperasi yakni PLTBM Siantan.

Jadi kami sudah memiliki 3 pengembang yang sudah masuk proses verifikasi akhir untuk segera membuat surat penetapan dan melakukan penjualan tenaga listrik kepada kami dan sudah beroperasi juga PLTBM milik PT Rezeki Perkasa Sejahtera Lestari," jelas dia.

Lanjutnya, dengan diresmikannya PLTBM Siantan dan sudah terdaftarnya 3 pengembang EBT maka mengurangi penggunaan pembangkit bahan bakar minyak (BBM) yang saat ini masih memiliki persentase sebesar 40 persen yang digunakan PLN.

"Perjanjian jual beli tenaga listrik ini menggunakan skema Build, Own, Operate, Transfer (BOOT) yang mana apabila perjanjian yang telah disepakati bersama selesai, maka pembangkit ini akan menjadi milik PLN," kata dia.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya telah membangun jaringan untuk PLTBM Siantan supaya dapat mensuplai Sistem Khatulistiwa.

"Kami sudah membangun jaringan listrik tegangan menengah (JTM) 20 kilo-volt sepanjang 5,65 kilo meter sirkit (kms) menuju titik interkoneksi di Gardu Induk (GI) Siantan. Langkah ini sebagai komitmen kami dalam mendukung program pemerintah dan menjalankan bisnis yang berwawasan lingkungan," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Tidak Semua Pembangkit PLN Gunakan B20

    JAKARTA (EKSPOSnews): Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir memastikan tidak semua pembangkit listrik yang dikelola PLN bisa menggunakan energi biodiesel (B20) yang diwajibkan oleh pemerintah."Beberapa d

  • satu bulan lalu

    PLN Siapkan Tafo Mobile

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara menyiapkan sekitar 41 unit trafo "mobile" untuk menjaga pasokan listrik selama Natal dan Tahun Bar

  • satu bulan lalu

    PLN Buka Pintu PLTA Koto Panjang

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) menyatakan terpaksa membuka pintu pelimpah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang karena debit air terus meningkat terutama air kiriman dari hulu Su

  • 2 bulan lalu

    PLN Jual Listrik di Papua Nugini

    JAYAPURA (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) segera menjual listrik ke Papua Nugini (PNG) sebesar 2 megawatt (MW) sebagai tindak lanjut dari kerja sama anatar Pemerintah Indonesia dengan PNG pada 2015."Pen

  • 2 bulan lalu

    KPK Beberkan Peran Dirut PLN di PLTU Riau-1

    JAKARTA (EKSPOSnews): Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK membeberkan sejumlah peran Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir dalam pengadaan proyek "Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99