Kamis, 16 Agu 2018

Orang Minang Membangun Kampung Halaman

Oleh: Jallus
Kamis, 07 Jun 2018 04:11
BAGIKAN:
reuters.
Padang.
JAKARTA (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengajak Dispora Minang yang ada di rantau maupun di seluruh Indonesia ikut membangun kampung halaman yang kini tengah berlangsung dengan pesatnya.

Hal itu disampaikan Gubernur Irwan Prayitno pada saat acara buka puasa bersama diadakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Jakarta, di Hotel Balairung Matraman, Jakarta Timur, Rabu 6 Juni 2018.

Acara Buka Bersama Gubernur Sumatera Barat juga dihadiri Wakil Gubernur, Nasrul Abit, mantan Wamen Pendidikan Prof Dr Fasli Djalal yang juga tokoh masyarakat Minang dan Bundokandung di antaranya Bunda Aisyah Amini.

Lebih lanjut Gubernur Irwan Prayitno memaparkan beberapa pembangunan yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat dan juga yang terus berkembang pesat, baik di bidang ekonomi maupun pariwisata. Bahkan kereta bandara dari Padang ke bandara Minangkabau yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo diharapkan akan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berwisata ke Sumbar juga akan diteruskan sampai Riau.

Selain jalur kereta api dari kota Padang ke bandara juga akan dilanjutkan sampai ke Bukittinggi yang sedang direvitalisasi diharapkan sampai ke Lipat Kain, Riau dan pembangunan objek wisata KEK Mentawai dan Mandeh, serta jalan tol Padang-Pekanbaru.

Diharapkannya semuanya itu dapat dibangun dengan dana APBN karena dana APBD sangat terbatas dan juga harus didukung dengan investasi untuk itu.

Ia mengimbau perantau Minang dimanapun berada bisa berinvestasi dan pulang kampung ikut membangun Sumbar. Diakui dari kunjungannya ke berbagai negara seperti Jepang dan Amerika ia berhasil mendapatkan investor yang akan menanamkan modalnya di Sumbar.

Gubernur mengakui banyak perantau dan diaspora Minang yang berinvestasi di kampung halaman. "Saya merasa bangga dengan perantau yang mau berinvestasi di kampung halaman. Salah satunya perantau dari Lampung yang membangun hotel Emersia di Batusangkar," ujar Irwan Prayitno.

Masih banyak peluang investasi di antaranya bidang energi baru terbarukan, yaitu panas bumi seperti Migas di Sijunjung juga sudah dikelola oleh investasor.

"Saya berharap para Diaspora Minang yang ada di manapun ikut membantu membangun Kampung halaman," ujar Gubernur Irwan Prajitno.

Ia juga menjamin bagi mereka yang akan berinvestasi di Sumbar akan dibantu. Tidak ada pungli dan tidak pakai lama pengurusan izinnya dan kalau ada masalah, akan dibentuk tim khusus yang akan membantu menyelesaikannya selain regulasinya akan dipermudah dan tanpa pungutan liar, ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumbar Andre Setiawan melaporkan acara buka bersama itu merupakan acara tahunan mempererat silaturahmi perantau Minang dengan Pemprov Sumbar dengan Tokoh dan Masyarakat Minang se Jabodetabek diawali penampilan grup Marawis dari Hadrof Al Istiqomah dan ceramah agama oleh ustad Mashadi Suthami.

Sedangkan Tokoh Minang, Fasli Djalal mengapresiasi kemajuan Sumbar saat ini dan juga support Pemerintah Pusat membangun kembali Pasa Ateh Bukittinggi. Jalan tol juga sudah mulai dibangun, dan banyak lainnya. Semoga perantau Minang berkontribusi memajukan kampung halaman, demikian Fasli Djalal. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Membangun Kampung Nelayan di Mukomuko

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendukung pembangunan dan pengembangan Kawasan Kampung Nelayan Sejahtera (KKNS) di desa Pasar Bantal, k

  • 4 bulan lalu

    Gajah Liar Masuk Kampung

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Warga mengeluhkan kehadiran belasan gajah sumatera liar masuk ke permukiman di Pekon (Kampung) Gunungdoh, Kecamatan Bandarnegeri Semuong, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lamp

  • 4 bulan lalu

    Membentuk Kampung KB di Deli Serdang

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, membentuk satu Kampung Keluarga Berencana (KB) di setiap kecamatan di daerah itu untuk lebih menyukseskan peogram kependudukan.Pe

  • 9 bulan lalu

    Sandera yang Sudah Dibebaskan Agar Pulang Kampung

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta para sandera yang telah dibebaskan dari perkampungan Kimbeli dan Banti, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua agar tidak kembali ke Pa

  • 9 bulan lalu

    500 Warga Akan Dievakuasi dari Kampung Banti

    TIMIKA (EKSPOSnews): Sekitar 500 warga asli Papua yang berada di kampung Banti, distrik Tembagapura, Mimika, Papua akan dievakuasi ke Timika.Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar di Timika mengataka

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99