Rabu, 19 Des 2018

Merenovasi Pasar di Padang

Oleh: Jallus
Rabu, 08 Nov 2017 13:32
BAGIKAN:
istimewa.
Pasar.
PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, terus mengupayakan revitalisasi dan renovasi bangunan pasar satelit di sebelas kecamatan daerah tersebut.

"Pasar satelit cukup penting menopang perekonomian dan kebutuhan masyarakat, tentu perlu diberi kenyamanan dan kemudahan untuk memanfaatkannya," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Padang, Rabu 8 November 2017.

Menurutnya selain di pasar pusat atau Pasar Raya, banyak warga melakukan transaksi kebutuhan di pasar pembantu atau satelit.

Tujuan utama revitalisasi ini adalah mengubah tradisi pasar tradisional yang semrawut dan kotor menjadi tertib dan bersih.

Saat ini pihaknya telah mengoptimalkan revitalisasi di Pasar Banda Buek, Lubuk Buaya, dan Siteba, sedangkan Pasar Belimbing yang letaknya di tengah perumahan sedang dibangun.

Khusus Pasar Belimbing ini Pemkot menyiapkan empat blok bangunan untuk menampung 300 lebih pedagang.

Selama ini kesan pasar tersebut cenderung semrawut, kotor, becek dan tidak representatif.

Setelah ini akan ada revitalisasi pasar satelit lain serta revitalisasi lanjutan dari Pasar Raya usai merampungkan pasar inpres.

Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal menambahkan khusus untuk Pasar Belimbing telah rampung bangunan blok pertama atau A yang dapat menampung 94 pedagang.

Akhir tahun ini, semua pedagang dapat menempati kios pada Blok A pasar tersebut.

Kemudian dua blok lagi segera dikerjakan termasuk penataan drainase di sekitar pasar yang tidak representatif.

Di samping itu bersama Dinas Perhubungan, pihaknya akan menata lalu lintas di sekitar mengingat rawan kemacetan.

Mungkin pedagang yang berjualan di depan pasar akan dipindahkan ke blok yang tersedia sehingga kemacetan yang terjadi akibat pedagang, dan lalu lalang kendaraan umum serta parkir dapat diatasi.

"Bila memungkinkan akan diupayakan dua jalur, bergantung pada kondisi dan situasi," katanya.

Sementara itu salah satu warga yang tinggal di sekitar Pasar Belimbing Giska mengapresiasi upaya pemerintah merevitalisasi pasar tersebut.

Hal ini menjadi sebuah kemajuan bagi daerah Belimbing yang cukup padat penduduk namun tidak memiliki tempat jual beli representatif.

Setidaknya seperti Banda Buek, Pasar Belimbing akan memberikan kenyamanan untuk warga berjualan dan belanja, katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Kementerian PURR Akan Bangun Jembatan Permanen Padang-Bukittingi

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun jembatan permanen di jalan nasional penghubung Padang-Bukittinggi, Sumatera Barat yang ambruk Senin (10/12)

  • 7 hari lalu

    Jalan Lintas Padang-Jambi Putus

    PADANG (EKSPOSnews): Akses jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Padang dengan Provinsi Jambi terputus akibat tanah longsor di panorama dua Sutinjau Laut, Rabu malam sekitar 02.30 WIB."Material lon

  • satu bulan lalu

    Semen Padang Bekali Warga di Sekitar Lingkungan Perusahaan

    PADANG (EKSPOSnews): PT Semen Padang membekali warga dari 10 kelurahan yang ada di sekitar lingkungan perusahaan pelatihan kecakapan hidup sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan.

  • 2 bulan lalu

    Sejumlah Rumah di Padang Rusak Diterjang Banjir

    PADANG (EKSPOSnews): Sejumlah rumah di Kelurahan Alai Parak Kopi, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), rusak parah dilanda banjir luapan dari banjir kanal yang berada tak jauh lokasi terdampak."Kejadianny

  • 2 bulan lalu

    Wisatawan Malaysia Banjiri Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat provinsi itu paling banyak dikunjungi oleh wisawatan asing asal Malaysia pada September 2018 mencapai 4.149 orang dari total 5.

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99