Rabu, 20 Jun 2018

Merenovasi Pasar di Padang

Oleh: Jallus
Rabu, 08 Nov 2017 13:32
BAGIKAN:
istimewa.
Pasar.
PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, terus mengupayakan revitalisasi dan renovasi bangunan pasar satelit di sebelas kecamatan daerah tersebut.

"Pasar satelit cukup penting menopang perekonomian dan kebutuhan masyarakat, tentu perlu diberi kenyamanan dan kemudahan untuk memanfaatkannya," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Padang, Rabu 8 November 2017.

Menurutnya selain di pasar pusat atau Pasar Raya, banyak warga melakukan transaksi kebutuhan di pasar pembantu atau satelit.

Tujuan utama revitalisasi ini adalah mengubah tradisi pasar tradisional yang semrawut dan kotor menjadi tertib dan bersih.

Saat ini pihaknya telah mengoptimalkan revitalisasi di Pasar Banda Buek, Lubuk Buaya, dan Siteba, sedangkan Pasar Belimbing yang letaknya di tengah perumahan sedang dibangun.

Khusus Pasar Belimbing ini Pemkot menyiapkan empat blok bangunan untuk menampung 300 lebih pedagang.

Selama ini kesan pasar tersebut cenderung semrawut, kotor, becek dan tidak representatif.

Setelah ini akan ada revitalisasi pasar satelit lain serta revitalisasi lanjutan dari Pasar Raya usai merampungkan pasar inpres.

Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal menambahkan khusus untuk Pasar Belimbing telah rampung bangunan blok pertama atau A yang dapat menampung 94 pedagang.

Akhir tahun ini, semua pedagang dapat menempati kios pada Blok A pasar tersebut.

Kemudian dua blok lagi segera dikerjakan termasuk penataan drainase di sekitar pasar yang tidak representatif.

Di samping itu bersama Dinas Perhubungan, pihaknya akan menata lalu lintas di sekitar mengingat rawan kemacetan.

Mungkin pedagang yang berjualan di depan pasar akan dipindahkan ke blok yang tersedia sehingga kemacetan yang terjadi akibat pedagang, dan lalu lalang kendaraan umum serta parkir dapat diatasi.

"Bila memungkinkan akan diupayakan dua jalur, bergantung pada kondisi dan situasi," katanya.

Sementara itu salah satu warga yang tinggal di sekitar Pasar Belimbing Giska mengapresiasi upaya pemerintah merevitalisasi pasar tersebut.

Hal ini menjadi sebuah kemajuan bagi daerah Belimbing yang cukup padat penduduk namun tidak memiliki tempat jual beli representatif.

Setidaknya seperti Banda Buek, Pasar Belimbing akan memberikan kenyamanan untuk warga berjualan dan belanja, katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Samsat Kota Padang Libur, Segera Bayar Pajak Kendaraan Anda

    PADANG (EKSPOSnews): Kantor UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah atau Samsat Kota Padang, Sumatera Barat, tidak melayani an pembayar pajak kendaraan pada 11-20 Juni saat cuti bersama dan libur nasional

  • 2 minggu lalu

    Grup Astra Internasional Gelar Pasar Murah di Padang

    SOLOK (EKSPOSnews): Grup Astra Internasional Padang menggelar pasar murah di Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.Ketua Grup Astra Internasio

  • 3 minggu lalu

    Kapal Mudik Gratis dari Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Perusahaan BUMN PT Semen Padang menyediakan kapal mudik dan balik secara gratis dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang ke Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dengan kuota 1.000 pemudik

  • 3 minggu lalu

    Pasar Murah di Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat menggelar pasar murah dengan menyediakan beragam bahan kebutuhan pokok di halaman kantor Jalan Sudirman, Padang pada 30-31 Mei 2018."

  • 4 minggu lalu

    Membangun Wisata Belanja di Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Padang berencana menjadikan Pasar Raya sebagai pusat perdagangan dan wisata belanja terbesar di Provinsi Sumatera Barat."Pasar Raya cukup strategis di Padang karen

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99