Rabu, 20 Sep 2017

Mengembangkan Perumahan di Pinggir Kota Jambi

Oleh: Jallus
Senin, 27 Mar 2017 05:03
BAGIKAN:
marsot
Perumahan.
JAMBI (EKSPOSnews): Ketua Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Jambi, Miftah mengatakan pengembangan properti perumahan saat ini lebih mengarah ke daerah luar kota karena keterbatasan lahan di perkotaan yang semakin sempit.

"Lahan yang terbatas menjadi tantangan bagi pengembang perumahan sehingga inisiasi khusunya yang diperuntukan perumahan subsidi saat ini lebih banyak di luar kota," kata Miftah di Jambi, Minggu 26 Maret 2017.

Selain lahan yang terbatas di wilayah perkotaan, harga jual tanah yang terus merangkak naik juga menjadikan para pengembang perumahan memilih kawasan di luar kota.

"Saat ini lebih mengarah ke kawasan seperti di daerah Mendalo dan Muarojambi, tapi yang aksesnya tidak jauh dari Kota Jambi," katanya.

Pengembangan perumahan yang lebih mengarah ke luar kota tersebut menurutnya, juga sebagai upaya memecah kepadatan penduduk yang terpusat di wilayah perkotaan.

Selain itu pihaknya berharap kepada pemerintah daerah di Jambi agar memberikan kemudahan terhadap regulasi pengembangan perumahan sesuai dengan PP Nomor 64 Tahun 2016 Tentang Pembangunan Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

"Kami berharap pemerintah daerah di Jambi menerapkan itu, misalnya di Jambi ini yang perlu diterapkan adalah izin lokasi dihapuskan untuk luas lahan di bawah lima ribu hekatre, dan juga izin IMB dipermudah," katanya menjelaskan.

DPD REI pada tahun 2017 ini siap membangun sebanyak 5.000 unit rumah di sejumlah kawasan daerah itu. Dari jumlah tersebut nantinya akan lebih didominasi pembangunan rumah subsidi melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Pembangunanya akan lebih didominasi rumah subsidi yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memang belum memiliki hunian rumah," kata Miftah.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Perumahan Pengungsi Sinabung Selesai Akhir Tahun Ini

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan penyaluran dana pengadaan perumahan dan lahan pertanian bagi 2.015 kepala keluarga atau 7.142 jiwa pengungsi erupsi Gunung Sinabung,

  • 4 minggu lalu

    Lahan Pertanian di Sumut Beralihfungsi Jadi Perumahan

    SEIRAMPAH (EKSPOSnews): Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Sumatera Utara prihatin dengan semakin banyaknya lahan pertanian, khususnya persawahan yang berubah fungsi menjadi perumahan.Ketua Perh

  • 10 bulan lalu

    Holding BUMN Perumahan Percepat Program Sejuta Rumah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ahli di bidang pembiayaan perumahan, Iskandar Saleh mengatakan kehadiran holding BUMN di bidang perumahan sudah sangat mendesak sebagai upaya memenuhi target membangun sejuta

  • tahun lalu

    GERBANG PERUMAHAN RIVER VALLEY

    Gerbang pintu masuk perumahan River Valley (dulu perumahan Sejohor Baru yang tipe kecil) menata perumahan dengan menawarkan harga lahan Rp1 juta per meter. Perumahan River Valley ini dekat dengan l

  • tahun lalu

    GAPURA GOLDEN LAND

    Perumahan Golden Land dekat lahan keluarga besar USU sudah habis terjual. Lalu pengembangannya kemana? Areal lahan kavlingan kelurga USU yang luasnya sekitar 60 hektare sangat menggiurkan dijadikan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak