Jumat, 21 Sep 2018

Membangun Rumah Sekat di Papua

Oleh: Jallus
Senin, 10 Sep 2018 14:39
BAGIKAN:
istimewa.
Perumahan sehat.
TIMIKA (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua pada 2018 ini membangun rumah sehat dengan mengalokasikan dana otonomi khusus (Otsus) sebesar Rp16 miliar.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Mimika Marthen Paiding di Timika, mengatakan, rumah sederhana sehat tersebut akan dibangun di sebanyak tujuh distrik (kecamatan) yang terletak di sekitar kota Timika, wilayah pesisir pantau dan pegunungan.

"Tujuh distrik tersebut antara lain, Kuala Kencana, Mimika Barat, Mimika Tengah, Mimika Timur Jauh, Agimuga, Jita dan Jila," katanya.

Marthen mengatakan, pihaknya akan membangun sebanyak 42 rumah sehat dengan tipe 45. Jumlah rumah yang akan dibangun di masing-masing distrik juga akan berbeda-beda.

"Khusus untuk distrik Kuala Kencana pada 2018 ini mendapat kuota rumah terbanyak yaitu sembilan unit," ujarnya, Senin 10 September 2018.

Ia juga meminta pada kepala desa dan kepala distrik untuk memastikan tanah dan lokasi yang akan dibangun rumah sehat sehingga di kemudian hari tidak menjadi persoalan baru.

Selain itu, rumah yang dibangun tersebut harus diberikan kepada keluarga yang belum memiliki rumah dan bukan kepada keluarga yang telah memiliki rumah.

Kepala Distrik Jita Albertus Solme, memastikan tanah yang akan dibangun rumah sehat tersebut telah disetujui oleh calon pemilik rumah dan tidak akan ada masalah di kemudian hari.

"Untuk soal tanah itu sudah aman. Keluarga yang meminta untuk memperoleh rumah sudah sediakan tanah untuk dibangun rumah sehat, saya pastikan tidak ada masalah," ujarnya.

Marthen menargetkan akhir Desember, perumahan tersebut sudah rampung dibangun dan bisa ditempati oleh keluarga yang belum memiliki rumah.

Pemerintah Kabupaten Mimika sejak 2016 telah membangun rumah sehat di sejumlah distrik di wilayah kabupaten Mimika. Tahun 2016, pemkab membangun sebanyak 77 unit rumah sehat dengan total anggaran Rp66 miliar yang bersumber dari dana Otsus dan Dana Alokasi Khusus. Tahun 2017, pemkab juga membangun 53 unit rumah dengan total anggaran 21 miliar yang bersumber dari dana Otsus.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    TNI Tangkap Pemilik Ladang Ganja di Papua

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Yonif 756/Wimane Sili (WMS) menangkap AL (36) yang teridentifikasi sebagai pengedar dan pemilik ladang gan

  • 2 bulan lalu

    BBKSDA Papua Tampung 11 Jenis Burung yang Dilindungi

    JAYAPURA (KICAU): Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua menampung sebanyak 81 ekor jenis satwa di kandang transit di Buper, Waena, Abepura, Kota Jayapura.Kepala BBKSDA Papua Timbu

  • 3 bulan lalu

    Serahkan Senjata Jenis Mouser, JK Ingin Kampungnya Aman

    BOVEN DIGOEL (EKSPOSnews): Seorang warga asal kampung Ninatie, Distrik Ninatie, Kabupaten Boven Digoel, Papua, mendadak mendatangi pos pengaman perbatasan Yonif Raider 500/Sikatan.Bukan tanpa maksud d

  • 3 bulan lalu

    3 Tewas Ditembak Kelompok Bersenjata

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Tiga dari lima orang warga yang ditembak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di sekitar Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, dinyatakan tewas.Kabid Humas P

  • 3 bulan lalu

    Satgas Indonesia-Papua Nugini, Gelar Sholat Ied bersama Warga

    BOVEN DIGOEL (EKSPOSnews): Tak hanya diikuti oleh personel TNI saja, pelaksanaan sholat ied di Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Papua, juga turut serta diikuti oleh tokoh ulama setempat.Sepert

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99