Minggu, 21 Jan 2018

Membangun Rumah Nelayan di Agam

Oleh: Jallus
Jumat, 05 Jan 2018 13:53
BAGIKAN:
istimewa.
Rumah (ilustrasi).
LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Agam, Sumbar, mengajukan pembangunan 100 rumah nelayan di Kecamatan Tanjungmutiara ke Kementerian Pekerjaam Umum dan Perumahan Rakyat pada 2017 yang pembangunannya direncananya dilakukan tahun ini.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Agam, Rudi Hendri di Lubukbasung,  mengatakan 100 unit rumah tersebut untuk nelayan di Tiku Lima Jorong berjumlah 50 unit dan Tiku Selatan 50 unit.

Lokasi pembangunan rumah tersebut telah tersedia satu hamparan dan telah memiliki sertifikat, katanya, Jumat 5 Januari 2018.

Pemkab Agam telah mengusulkan pembangunan rumah tersebut pada akhir 2017 dan Kemenpupera telah melakukan verifikasi ke lapangan.

Namun tinggal persetujuan dari Kemenpupera dan setelah itu baru dibangun.

"Kita berharap seluruh usulan itu disetujui oleh Kemenpupera sehingga nelayan di Tanjungmutiara mendapatkan bantuan rumah yang layak," katanya.

Pada 2017, tambahnya, Pemkab Agam mendapatkan alokasi dana sebesar Rp7,5 miliar untuk membangun 50 unit rumah di Muaro Putih, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara.

Pembangunan rumah tersebut telah selesai dan tinggal serah terima antara Kemenpupera ke Pemkab Agam dan nelayan.

"Serah terima ini bakal dilakukan dalam waktu dekat, sehingga nelayan bisa menempati rumah itu," katanya.

Tokoh Masyarakat Tiku Lima Jorong, Abdul Muis, mengatakan pihaknya telah menyediakan lahan untuk pembangunan rumah bagi nelayan dan lahan tersebut telah memiliki sertifikat.

"Kita akan memberikan lahan berapa dibutuhkan untuk pembangunan rumah tersebut untuk nelayan," katanya yang juga Ketua Kerapatan Adat Nagari Tiku Lima Jorong.

Selama ini, pihaknya sangat mendukung program dari pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pada 2017, KAN juga menyerahkan lahan seluas 111 hektare untuk dijadikan cetak sawah baru.

Saat ini cetak sawah baru itu telah selesai dan sudah panen.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Jangan Tonjolkan Sentimen Agama

    JAKARTA (EKSPOSnews): Akademisi Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Muzakir Tawil mengatakan sentimen agama hendaknya tidak ditonjolkan dalam ruang publik termasuk dalam politik di negara maj

  • 2 bulan lalu

    Ajak Tokoh Agama dan Masyarakat Saling Bersinergi

    Tak hanya memupuk sinergitas antar sesama prajurit, Mayjen TNI Arif Rahman jugan mengajak seluruh tokoh agama dan masyarakat di Kabupaten Madiun untuk saling bersinergi dalam menjaga kondusifitas wila

  • 5 bulan lalu

    Kasus Rohingya Bukan Masalah Agama

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj menegaskan bahwa kasus Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar, bukanlah konflik agama."Kita harus menyikapi s

  • 5 bulan lalu

    Merehabilitasi Rumah Nelayan di Mukomuko

    MUKOMUKO (EKSPOSnews) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprioritaskan rehabilitasi sedikitnya 10 bangunan rumah tidak layak huni milik nelayan trad

  • 5 bulan lalu

    Pemkab Agam Usulkan Pembangunan Rumah untuk Nelayan

    LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengusulkan pembangunan 50 unit rumah bagi nelayan di Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, kepada Kementerian Pekerjaan Umum da

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99