Rabu, 20 Jun 2018

Membangun Rumah Nelayan di Agam

Oleh: Jallus
Jumat, 05 Jan 2018 13:53
BAGIKAN:
istimewa.
Rumah (ilustrasi).
LUBUKBASUNG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Agam, Sumbar, mengajukan pembangunan 100 rumah nelayan di Kecamatan Tanjungmutiara ke Kementerian Pekerjaam Umum dan Perumahan Rakyat pada 2017 yang pembangunannya direncananya dilakukan tahun ini.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Agam, Rudi Hendri di Lubukbasung,  mengatakan 100 unit rumah tersebut untuk nelayan di Tiku Lima Jorong berjumlah 50 unit dan Tiku Selatan 50 unit.

Lokasi pembangunan rumah tersebut telah tersedia satu hamparan dan telah memiliki sertifikat, katanya, Jumat 5 Januari 2018.

Pemkab Agam telah mengusulkan pembangunan rumah tersebut pada akhir 2017 dan Kemenpupera telah melakukan verifikasi ke lapangan.

Namun tinggal persetujuan dari Kemenpupera dan setelah itu baru dibangun.

"Kita berharap seluruh usulan itu disetujui oleh Kemenpupera sehingga nelayan di Tanjungmutiara mendapatkan bantuan rumah yang layak," katanya.

Pada 2017, tambahnya, Pemkab Agam mendapatkan alokasi dana sebesar Rp7,5 miliar untuk membangun 50 unit rumah di Muaro Putih, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara.

Pembangunan rumah tersebut telah selesai dan tinggal serah terima antara Kemenpupera ke Pemkab Agam dan nelayan.

"Serah terima ini bakal dilakukan dalam waktu dekat, sehingga nelayan bisa menempati rumah itu," katanya.

Tokoh Masyarakat Tiku Lima Jorong, Abdul Muis, mengatakan pihaknya telah menyediakan lahan untuk pembangunan rumah bagi nelayan dan lahan tersebut telah memiliki sertifikat.

"Kita akan memberikan lahan berapa dibutuhkan untuk pembangunan rumah tersebut untuk nelayan," katanya yang juga Ketua Kerapatan Adat Nagari Tiku Lima Jorong.

Selama ini, pihaknya sangat mendukung program dari pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pada 2017, KAN juga menyerahkan lahan seluas 111 hektare untuk dijadikan cetak sawah baru.

Saat ini cetak sawah baru itu telah selesai dan sudah panen.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Kagama Sumut Launching Kongsi

    MEDAN (EKSPOSnews): Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Sumatera Utara (Kagama Sumut), meluncurkan aplikasi kegiatan sosial pertama d

  • satu bulan lalu

    Isu Agama Tak Laku di Malaysia

    KUALA LUMPUR (EKSPOSnews): Pakatan Harapan merupakan gerakan perubahan bersejarah di Malaysia karena kemenangan koalisi pimpinan Tun Mahathir Mohammad adalah sebuah perjuangan panjang."Perjuangan ters

  • 3 bulan lalu

    Debat English Ala Kagama

    MEDAN (EKSPOSnews): Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) Sumatera Utara berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar English Debate Competition pada

  • 3 bulan lalu

    Penganiayaan Tokoh Agama Kriminal?

    SEMARANG (EKSPOSnews): Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Triatmadja menyebutkan penganiayaan terhadap mantan Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Ahmad Zaenuri

  • 3 bulan lalu

    Kapolda Sumut Silaturahim dengan Sejumlah Tokoh

    MEDAN (EKSPOSnews): Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpau akan melaksanakan silaturahim dengan forum komunikasi pemerintah daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, dalam upaya menyukseska

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99