Rabu, 23 Agu 2017

Membangun LRT di Medan? Mimpi Kali!

Oleh: Alex
Sabtu, 06 Mei 2017 05:40
BAGIKAN:
wikopedia.org
LRT atau kereta api ringan.
MEDAN (EKSPOSnews): Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Kota Medan yang merupakan bagian dari proyek transportasi masal oleh pemerintah pusat di ibukota provinsi Sumatera Utara itu akan segera diwujudkan.

Pemkot Medan melakukan penandatanganan kesepakatan dengan Kementerian Keuangan tentang penyediaan fasilitas penyiapan proyek dan pendampingan pada proyek infrastruktur kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Transportasi Kota (Urban Transport) Medan di Medan, Jumat 5 Mei 2017.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam kesempatan itu mengatakan memberikan apresiasi kepada Kemenkeu karena telah menyanggupi permintaan Pemkot Medan untuk memberikan bantuan berupa fasilitas penyiapan proyek dan pendampingan transaksi pada proyek infrastruktur.

Hal itu sebagai sebagai tindak lanjut dari penyusunan kajian awal prastudi kelayakan pembangunan Light Rail Transit (LRT) Kota Medan yang difasilitasi pihak Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional pada tahun lalu.

Ia mengatakan Pemkot Medan mempunyai kebijakan dan strategi untuk menerapkan sistem angkutan umum massal yang modern dan terpadu sesuai RPJMD 2016-2021 dan RTRW Kota Medan tahun 2031.

Hal itu mengingat jumlah penduduk sekitar 2,5 juta jiwa dan tingkat kepadatan lalu lintas yang terus mengalami peningkatan serta laju pertumbuhan kendaraan bermotor tidak sebanding dengan peningkatan kapasitas dan konektifitas sistem jaringan jalan perkotaan.

Selanjutnya dengan keluarnya kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Perpres No.38 tahun 2015 tentang KPBU dalam penyediaan infrastruktur, kata dia, merupakan kesempatan dan peluang bagi Kota Medan sebagai alternatif pola pembiayaan penyediaan infrastruktur perkotaan.

"Dengan penyediaan sistem angkutan umum massal melalui pola KPBU ini, diharapkan salah satunya menjawab tantangan manajemen kebutuhan perjalanan transportasi masyarakat perkotaan secara inklusif dan berkelanjutan," katanya.

Sementara Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kemenkeu, Robert Pakpahan, mengatakan penandatanganan kesepakatan itu merupakan tindak lanjut telah disetujuinya permohonan fasilitas penyiapan dan pendampingan transaksi untuk rencana Proyek Transportasi Massal Kota Medan.

"Penyediaan fasilitas itu merupakan salah satu wujud komitmen pusat dalam membantu daerah untuk mengembangkan infrastruktur guna memberikan pelayanan umum yang lebih baik kepada masyarakat," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Diera Kepemimpinan Gunawan, Diduga Banyak Proyek Perkim Medan Fiktif

    MEDAN (EKSPOSnews): Dinas perumahan dan Pemukiman kota Medan yang saat ini telah dilebur menjadi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Medan meninggalkan banyak kisah yang pahit di ko

  • 3 bulan lalu

    Kritik Kepemimpinan Gubernur Kepri

    Kritik bertubi-tubi tertuju kepada Nurdin Basirun, beberapa bulan setelah ia dilantik sebagai Gubernur Kepulauan Riau, menggantikan HM Sani yang meninggal dunia 8 April 2016.Bahkan sejumlah tokoh poli

  • 3 bulan lalu

    AIA Siap Wujudkan Mimpi Bakat Sepak Bola Anak Indonesia

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT AIA FINANCIAL (AIA) hari ini menyelenggarakan AIA Junior Cup 2017, kompetisi sepak bola yang diikuti oleh pelajar usia 10 dan 12 tahun. Selain trofi juara serta hadiah menarik

  • 5 bulan lalu

    Ratusan Kiai Muda NU Perbolehkan Memilih Pemimpin Non-Muslim

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sekitar 100 kiai muda Nahdlatul Ulama (NU) melalui forum bahtsul masail atau forum diskusi keagamaan memutuskan bahwa seorang Muslim diperbolehkan memilih pemimpin non-Muslim."Te

  • 12 bulan lalu

    Kasus Gubernur Nur Alam Pelajaran Bagi Pemimpin Daerah

    KENDARI (EKSPOSnews): Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) menilai penetapan Gubernur Sultra Nur Alam sebagai tersangka dalam kasus pertambangan merupakan sebuah

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak