Senin, 23 Okt 2017

Membangun Hunian Sementara Pengungsi Sinabung

Oleh: Alex
Minggu, 06 Agu 2017 06:10
BAGIKAN:
badan geologi
Sinabung.
KABANJAHE (EKSPOSnews): Badan Penangulangan Bencana Daerah Sumut bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyiapkan empat lokasi hunian sementara bagi pengungsi erupsi Gunung Sinabung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Karo Martin Sitepu di Kabanjahe,  mengatakan, jika selesai dibangun, empat hunian sementara itu mampu menampung 348 kepala keluarga (KK).

Tiga lokasi hunian sementara tersebut berada di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat yang akan menampung 274 KK pengungsi asal Desa Pintu Besi dan Desa Jeraya.

Sedangkan satu lokasi lagi berada di Desa Sukatendel, Kecamatan Sukatendel yang akan menampung 74 KK pengungsi dari Desa Mardinding.

"Setelah empat lokasi hunian sementara itu selesai dibangun, pihaknya akan memindahkan sebagian pengungsi yang selama ini berada di sejumlah lokasi penampungan," ujarnya, Sabtu 5 Augustus 2017.

Penempatan pengungsi ke lokasi hunian sementara itu menjadi salah satu atensi Presiden Joko Widodo agar pengungsi mendapatkan lokasi yang lebih layak.

Staf Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Muhammad Iqbal yang mengawasi pembangunan itu mengatakan, hunian sementara yang dibangun tersebut memiliki tipe 27 dengan satu kamar.

Disebabkan menjadi hunian sementara, kamar mandi yang disiapkan di setiap lokasi bersifat umum untuk digunakan bersama.

Namun pihaknya membuat perbedaan toilet yang akan digunakan. "Selain toilet jongkok, ada juga toilet duduk untuk kalangan lansia," katanya.

Secara umum, persediaan air untuk lokasi hunian sementara bagi pengungsi erupsi Gunung Sinabung itu tidak mengalami masalah karena sudah disiapkan sumur bor yang airnya tinggal dialirkan.

Sedangkan untuk kebutuhan listrik di lokasi hunian sementara tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Perusahan Listrik Negara (Persero).

"Listriknya sudah dikomunikasikan. Rencananya minggu ini mau dipasang," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 21 jam lalu

    Keluarga Besar Pelindo 1 Bantu Pengungsi Sinabung

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyalurkan bantuan kepada pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di lokasi pengungsian yang terletak di Kecamatan Kabanjahe, Kab

  • 2 minggu lalu

    Pelindo 1 Bantu Pengungsi Sinabung

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberikan bantuan kepada pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di lokasi pengungsian Gedung Serbaguna KNPI Kabanjahe, Kabupaten

  • satu bulan lalu

    Truk Pengangkut Anak Sekolah Pengungsi Sinabung Terbalik, Seorang Tewas

    MEDAN (EKSPOSnews): Truk yang sehari-hari membawa anak-anak pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo yang akan bersekolah, Senin, terbalik.Asisten 1 Pemkab Karo Suang Karokaro yang dihubungi

  • satu bulan lalu

    Relokasi Pengungsi Sinabung Berbau Korupsi

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara saat ini sedang mengusut dugaan penyimpangan dana rehabilitasi dan rekonstruksi untuk korban erupsi Sinabung di Kabupaten Karo, melalui program Relo

  • 2 bulan lalu

    Pangdam Kunjungi PEmukiman Relokasi Pengungsi Sinabung

    MEDAN (EKSPOSnews): Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri mengunjungi pemukiman relokasi pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung di Desa Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Karo Provinsi Sumat

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99