Minggu, 31 Mei 2020
  • Home
  • Properti
  • Jalur Kereta Api Barang Rute Bandar Tinggi-Batubara-Kuala Tanjung Diujicoba

Jalur Kereta Api Barang Rute Bandar Tinggi-Batubara-Kuala Tanjung Diujicoba

Oleh: marsot
Minggu, 21 Okt 2018 03:56
BAGIKAN:
istimewa.
Rel kereta api.
MEDAN (EKSPOSnews): PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara melakukan uji coba jalur kereta api barang rute Bandar Tinggi, Batubara-Pelabuhan Kuala Tanjung, Simalungun, Sumatera Utara.

"Uji coba sudah mulai dilakukan dan tidak ada masalah dengan track," ujar Pejabat Pembuat Komitmen Riau Balai Teknik Perkeretapian (Baltek) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Lurianto Lukito di Medan, Sabtu 20 Oktober 2018.

Uji coba dilakukan Tim Balai Teknik Perkeretaapian Sumbagut dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumut.

Uji coba melintasi Stasiun Bandar Tinggi (Bdt)-Pelabuhan Kuala Tanjung (Pkt) dengan Lok LBB 3037805 sepanjang 21,5 km dilakukan 10 Oktober 2018.

"Perjalanan dengan keberangkatan dari Stasiun Bandar Tinggi pukul 11.00 WIB dan tiba di Pelabuhan Kuala Tanjung pada pukul 12.10 WIB berjalan lancar," kata Lurianto didampingi Manajer Humas KAI Divre 1 Sumut, M Ilud Siregar.

Termasuk keberangkatan dari Pelabuhan Kuala Tanjung yang dilakukan pada pukul 13.46 WIB dan tiba di Stasiun Bandar Tinggi 14.46 WIB.

"Setelah uji coba track dengan lokomotif berhasil baik, maka akan segera diuji coba rangkaian kereta api,"katanya.

Uji coba rangkaian dilakukan setelah "joint inspection" bersama KAI Divre 1 Sumut, Balai Teknik Perkeretaapian Sumbagut dan Subdit Jalur Bangunan dari kantor pusat dilakukan.

Dia menegaskan proyek pembangunan rel kereta api Bandar Tinggi Pelabuhan Kuala Tanjung sudah rampung 98 persen.

"Tetapi masih perlu penyempurnaan karena meskipun kekurangannya minor,tapi harus dilaksanakan perbaikan,"katanya.

Manager Humas KAI Divre 1 Sumut, M Ilud Siregar menyebutkan operasional rel itu menunggu hasil uji coba rangkaian kereta api dan izin laik jalan dari kementerian.

Dia mengatakan operasional KA barang itu akan mendorong pertumbuhan ekonomi Sumut.

"Terciptanya pelayanan jasa terpadu membuat semua layanan menjadi cepat dan biaya menjadi lebih murah dan efisiensi,"katanya.

Sejalan dengan akan beroperasinya KA barang dari Bandar Tinggi ke Pelabuhan Kuala Tanjung, manajemen KAI, ujar Ilud sudah melakukan kerja sama dengan PT Wilmar.

Pada tahap awal, intensitas kendaraan pengangkutan dua kali sehari dengan empat gerbong.

Potensi angkutan kereta api memiliki potensi besar khususnya dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke dan Pelabuhan Kuala Tanjung. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Jalur Kereta Api Kuala Tanjung Hampir Rampung

    MEDAN (EKSPOSnews): Progres pembangunan jalur kereta api lintas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, Sumatera Utara, sepanjang 21,5 km sudah mencapai 95 persen."Proyek masih terus dikerjakan dan akan segera d

  • 3 tahun lalu

    Merevitalisasi Jalur Kereta Api Padang-Bukittinggi

    PADANG (EKSPOSnews): Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan merevitalisasi jalur kereta api dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan perekenomian

  • 3 tahun lalu

    Jalur Kereta Api Sumut-Aceh Mangkrak

    STABAT (EKSPOSnews): Proyek pengerjaan jalur kereta api trans Sumatera yang digagas Presiden Joko Widodo dari Medan menuju Langkat, dan langsung ke Aceh terkesan mangkrak."Di daerah Langkat ini sejuml

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99