Jumat, 21 Sep 2018

Jalan Tembus Langkat-Karo Akan Dibangun

Oleh: Jallus
Selasa, 11 Sep 2018 03:52
BAGIKAN:
istimewa.
Jalan.
STABAT (EKSPOSnews): Jalan tembus dari Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat menuju Kabupaten Karo, Sumatera Utara, segera dibangun setelah berbagai instansi terkait melakukan pertemuan.

Asisten Pemerintahan Pemkab Langkat Abdul Karim, di Stabat,  mengatakan, sudah dicapai kesepakatan bersama untuk penyelesaian pembangunan jalan tembus tersebut yang sudah lama dinantikan kedua pemerintah daerah mau pun masyarakatnya.

"Tadi kita adakan pertemuan dan rapat membahas penyelesaian pembangunan jalan tembus tersebut, diharapkan dalama waktu dekat akan segara dikerjakan," katanya,Senin 10 September 2018.

Jalan tembus tersebut tentu akan memberikan dampak positif bagi kedua kabupaten karena keduanya ada banyak kawasan wisata yang bisa meningkatkan ekonomi rakyat.

Selain itu, juga kawasan itu sangat mendukung bagi pertumbuhan ekonomi lainnya seperti pertanian, agrowisata, dan salah satu akses jalan untuk penyelamatan bila sewaktu-waktu Gunung Sinabung erupsi.

"Mudah-mudahan harapan kita bersama ini segera terealisasi pembangunan jalannya sekitar 4 kilometer yang akan dilakukan pengaspalan dengan hotmix," katanya.

Kepala Desa Telagah Suranta Sitepu mengaku sangat mendukung pembangunan jalan yang menghubungkan kedua kabupaten, namun mengharapkan agar pengawasan terus dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Misalnya dengan memasang portal agar menghindari jalan tersebut tidak menjadi jalur lintasan narkoba, serta menjaga ekosistem hutan dan tidak adanya perambahan yang dilakukan.

"Kalau warga Sei Bingei hampir 70 persen mempunyai keluarga di Tanah Karo, selain itu mempermudah jalur evakuasi apabila terjadi erupsi Gunung Sinabung kembali," katanya.

Kepala Resor Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) Jhon Purba juga sangat mendukung adanya pemasangan portal, namun menyatakan hal itu bukan kapasitasnya.

Selain menimalisir pembalakan liar, pemasangan portal itu juga untuk menjaga ekosistm hewani dan menjaga nilai eksotik TNGL lainnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99