Kamis, 21 Sep 2017

Hunian Hotel di Sumbar Meningkat

Oleh: yusuf
Jumat, 07 Jul 2017 04:36
BAGIKAN:
istimewa
Hotel.
PADANG (EKSPOSnews): Tingkat hunian kamar hotel di Sumatera Barat (Sumbar) mengalami peningkatan mencapai 30 persen pada libur Lebaran 2017 bila dibandingkan pada hari biasa.

"Tingkat hunian hotel hingga mencapai 30 persen pada H+4 Lebaran dengan rata-rata penyewa kamar kategori keluarga," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar Maulana Yusran saat dihubungi di Padang, Kamis 6 Juli 2017.

Namun, menurutnya peningkatan okupansi atau tingkat hunian hotel tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat hunian pada Lebaran 2016 yang mampu meningkat hingga 10 sampai 14 hari setelah libur lebaran.

"Ditambah tahun ini libur anak sekolah masih ada setelah habis lebaran, seharusnya peningkatan 30 persen ini bisa lebih hingga seminggu kedepan," ujarnya.

Ia sangat menyayangkan kondisi ini, karena saat-saat libur yang harusnya bisa meningkatkan hunian hotel justru tidak terjadi.

Menurutnya hal itu selain disebabkan dengan meningkatnya jumlah kamar di masing-masing hotel, juga kurang dikelolanya destinasi wisata di suatu kota itu.

"Kurang dikelola suatu tempat wisata dapat menyebabkan berkurangnya minat wisatawan berkunjung sehingga tingkat hunian hotel pun mengalami penurunan," ujarnya.

Ia menilai Sumbar merupakan salah satu tujuan wisata dengan kategori keluarga dan juga tempat pilihan orang untuk mengadakan reunian, seharusnya potensi tersebut dapat dikelola dengan baik.

Ia mengharapkan kepada pihak terkait untuk evaluasi kembali kinerja dalam tata kelola wisata, untuk menjadi lebih baik kedepan.

"Sehingga kami dari pihak hotel tidak hanya mengunggulkan aktivitas dari pemerintah saja tetapi juga dari sektor pariwisata," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Veteran Menilai Pembangunan Kesejahteraan Era Joko Widodo Meningkat Pesat

    MEDAN (EKSPOSnews): Pembangunan bidang kesejahteraan bagi rakyat Indonesia pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo mengalami kemajuan yang cukup pesat dan dapat dirasakan, baik warga berada di pede

  • 2 bulan lalu

    Populasi Harimau Sumatera Diharapkan Meningkat

    JAMBI (EKSPOSnews): Habitat Harimau Sumatera (Panthrea tigris sumatrae) sangat penting diperhatikan untuk menghindarkan spesies tersebut dari konflik di luar kawasan habitatnya, kata Direktur Konserva

  • 4 bulan lalu

    Bidan Banyak, Kok Kematian Ibu Melahirkan Meningkat?

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemristekdikti Ali Ghufron Mukti mengatakan fenomena saat ini semakin banyak lulusan profesi bidan justru a

  • 6 bulan lalu

    Janda di Indragiri Hulu Semakin Banyak

    RENGAT (EKSPOSnews): Pasangan Suami Istri di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau yang melakukan gugat cerai pada Januari - Maret tahun 2017 baru mencapai 267 kasus, sedangkan selama tahun 2016 men

  • 7 bulan lalu

    Biaya Kesehatan Meningkat Terus

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Managing Director Agency Value Creation and Innovation Prudential Indonesia, Luskito Hambali mengatakan berdasarkan hasil survei Tower Watson Global Medical Trend Survey Report

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak