Minggu, 22 Okt 2017

Bangunan di Medan Banyak Tak Miliki IMB

Oleh: Tawanli
Kamis, 22 Jun 2017 04:07
BAGIKAN:
Tawanli
Bangunan tanpa IMB.
MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Medan dinilai lemah dalam mengawasi pembangunan di Kota, sehingga tidak jarang ditemukkan bangunan liar tanpa izin karena sudah menjamur dimana-mana.
 
Para oknum pengembangpun semakin merajalela dan sesuka hati dalam mendirikan bangunan tanpa plank Izin Mendirikan Bangunana (IMB) sebagai landasan hukumnya.
 
Tindakan tersebut dinilai salah satu bentuk kelalaian para petugas di lapangan membuat para oknum pengembang banyak main tiko untuk menghindari retribusi PAD Kota Medan.  
 
Hal itu disampaikan oleh Toni H kepada wartawan Rabu 21 Juni 2017 di Medan terkait banyaknya bangunan liar yang tidak memiliki plank IMB di kota Medan.
 
Ketua Investigasi LSM Gerakan Rakyat Anti Korumsi (GERTAK) itu, memberi tanggapan terkkait salah satu bangunan yang berdiri di Kecamatan Medan Kota Milik K Sijabat, saat diinvestigasi ke lapangan tidak menemukan plank IMB, sementara pembangunan tersebut sudah hampir rampung 80 persen dengan jumlah lebih kurang 13 unit.
 
Menyikapi hal tersebut, Toni H dengan tegas meminta Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Medan segera menertibkan kegiatan pembangunan perumahan di Kelurahan Sudirejo karena diduga kuat tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).
 
"Ini salah satu bentuk tindakan pengemplang pajak, karena tidak memberikan retribusi sebagai PAD sesuai Perda No 5 tahun 2012 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan dan  Perda No 2 tahun 2015 tentang rencana detail tata ruang dan peraturan zonasi kota Medan tahun 2015-2035"katanya.
 
Lagi kata Toni, setiap orang pribadi/badan yang mendirikan bangunan harus memiliki IMB untuk pembinaan penyelenggaraan bangunan dari wali kota Medan (Pasal 9 ayat 1 Perda no 5 Tahun 2012).
 
"Jika bangunan tidak memiliki IMB, bisa dibongkar,"tegasnya. 
 
Anehnya lagi informasi yang dihimpun di lapangan memperlihatkan, ada kejanggalan karena  kegiatan pembangunan puluhan unit perumahan elit itu sudah berlangsung 3 bulan, namun nama perumahan tersebut masih dikaburkan alias tidak ada. Ditambah  tidak ditemukan adanya papan plank yang menyatakan pembangunan perumahan tersebut dilengkapi dengan IMB sebagaimana mestinya.

Salah seorang masyarakat ditemui di lapangan mengaku, juga menyebutkan tidak pernah melihat plank IMB di lokasi perumahan selama kegiatan pembagunan perumahan tersebut berlangsung. Oleh karena itu, pria paruh baya itu yakin, bahwa pembangunan perumahan milik K Sijabat tersebut tidak memiliki IMB.

Sementara, K Sijabat yang mengaku pemilik perumahan tersebut saat dikonfirmasi membantah perumahan yang dibangunnya tidak memiliki Izin.
 
"Semua izinnya sudah kita urus, hanya saja planknya waktu itu terjatuh. Sehingga tidak dapat dipantu masyarakat,"terang K Sijabat sembari berjanji akan menunjukkan dokumen resmi kepada wartawan.
 
Hampir sepekan wartawan menunggu dokumen perumahan yang diduga bermasalah itu, hingga Rabu 21 JUni 2017  K sijabat tidak pernah menunjukkan. Justru Dia terkesan  mengelak untuk memperlihatkannya.   
 
Anehnya, walaupun tidak dilengkapi dengan IMB, namun bangunan perumahan di kelurahan Sidorejo, Kecamatan  Medan Kota tersebut tetap berlangsung tanpa hambatan dari Pemkot Medan. 

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99