Senin, 26 Jun 2017

Bangun Rusunawa di Tempat Pembuangan Sampah

Oleh: Marsot
Rabu, 03 Mei 2017 19:40
BAGIKAN:
istimewa
Rusunawa.
JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Tangerang meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun Rusunawa bagi para pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Rawa Kucing, Neglasari Kota Tangerang.

"Kami berharap Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dapat membantu kami untuk mewujudkan pembangunan Rusunawa untuk para pemulung di TPA Rawa Kucing Kota Tengerang," ujar Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat melakukan audiensi dengan Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 3 Mei 2017.

Adanya Rusunawa di TPA Rawa Kucing diharapkan dapat mewujudkan hunian yang layak bagi para pemulung yang sehari-hari mencari nafkah menyortir sampah di tempat tersebut.

Menurut Arief, pembangunan Rusunawa yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR sangat membantu pemerintah daerah untuk menata wilayahnya. Apalagi banyak masyarakat kurang mampu yang bisa tinggal di Rusunawa dengan biaya sewa yang cukup murah dan terjangkau.

Lebih lanjut, Arief menerangkan, TPA Rawa Kucing yang berlokasi di daerah Neglasari mampu menampung sekitar 1.200 ton sampah per harinya. Di sana terdapat ratusan orang yang menggantungkan pekerjaan sehari-hari sebagai pemulung sampah yang dapat didaur ulang.

"Kami juga telah memprogramkan penataan kawasan TPA Rawa Kucing tersebut sehingga bisa bebas dari kesan jorok dengan penghijauan dan membuat tempat rekreasi bagi masyarakat. Di sana tinggal sekitar 100 Kepala Keluarga yang bekerja sebagai pemulung. Jadi daripada mereka tinggal di hunian yang kumuh dan khawatir ada longsor akibat sampah yang menumpuk kan lebih baik tinggal di Rusunawa," harapnya.

Untuk mendorong terwujudnya Rusunawa bagi para pemulung tersebut, pihak Pemkot Tangerang yang memiliki aset tanah seluas 35 hektare di TPA tersebut telah menyiapkan lahan seluas satu sampai dua hektar untuk lokasi pembangunan Rusunawa.

Selain itu Pemkot juga siap untuk mempermudah perizinan jika pihak Kementerian PUPR akan membangun Rusunawa untuk masyarakat Kota Tangerang.

"Kami yakin dengan Rusunawa para pemulung di TPA Rawa Kucing juga akan terbantu untuk memiliki hunian yang layak. Mereka juga mampu untuk membayar sewa asalkan terjangkau," katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin menyatakan, pihak Kementerian PUPR pada dasarnya siap untuk membantu pembangunan Rusunawa asalkan targetnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Dengan demikian, tegasnya, Rusunawa yang dibangun nantinya bisa segera dihuni oleh masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan hunian.

"Silakan saja segera ajukan permohonan bantuan pembangunan Rusunawa ke Kementerian PUPR disertai dengan target masyarakat yang akan menghuni hunian vertikal tersebut. Kami siap mendukung," tandasnya.

Syarif menuturkan, ia juga berharap kepada Pemda yang telah mendapatkan bantuan Rusunawa untuk segera mengurus masalah kepenghuniannya. Pihaknya juga siap memberikan izin penghunian sementara sehingga bangunan yang dibangun dengan dana APBN tersebut bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Kami harap Pemda bisa mengelola kepenghunian Rusunawa agar bisa segera dihuni," kata Syarif.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Manfaatkan Rusunawa

    GUNUNG KIDUL (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan masyarakat kurang mampu memanfaatkan rumah susun sewa sederhana, karena sejak dibuka Februari 201

  • 4 bulan lalu

    Membangun Rusunawa di Surabaya

    SURABAYA (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, menyiapkan dua rumah susun sewa sederhana (rusunawa) bagi warga Stren Kali yang berlokasi di kawasan Tambak Wei, Keputih, dan Dukuh Menangg

  • 5 bulan lalu

    Membangun Rusunawa di Padang Panjang

    PADANG PANJANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, bakal membangun rumah susun sewa untuk memenuhi kebutuhan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah. &

  • 6 bulan lalu

    Rusunawa di Jakarta Jadi Kantong Kemiskinan Baru

    JAKARTA (EKSPOSnews): Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) yang saat ini kerap dijadikan sebagai tempat relokasi warga korban penggusuran di berbagai daerah perlu diperhatikan dengan sungguh-sungg

  • 7 bulan lalu

    Rusunawa Bekasi Harapkan Bantuan DKI

    BEKASI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengajukan kebutuhan anggaran untuk pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Bantargebang kepada Pemerintah Provinsi DKI dan Kementerian Peke

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak