Kamis, 26 Apr 2018
  • Home
  • Properti
  • Bangka Belitung Akan Bangun Pembangkit Listrik

Bangka Belitung Akan Bangun Pembangkit Listrik

Oleh: Jallus.
Selasa, 17 Okt 2017 17:25
BAGIKAN:
istimewa.
Pembangkit listrik.
PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pembangkit listrik dengan memanfaatkan potensi logam tanah jarang guna mewujudkan kemandirian energi di daerah itu.

"Saat ini kita akan melakukan kajian dan penelitian terhadap potensi logam tanah jarang sebagai bahan baku pembangkit listrik," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Saya Mineral Provinsi Kepulauan Babel, Suranto Wibowo di Pangkalpinang, Selasa 17 Oktober 2017.

Ia menjelaskan pembangunan pembakit listrik berbahan baku mineral ikutan timah ini karena potensi dan kandungannya sangat besar, belum terjamah, dan belum dikelola dengan baik untuk mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.

Hasil penelitian Badan Tenaga Nuklir Nasional pada 2009 menunjukkan seluas 400.000 hektare lahan di Provinsi Kepulauan Babel mengandung kadar thorium sebesar 120.000 ton, uranium 24.000 ton dan unsur logam tanah jarang sekitar 7.000.000 ton.

"Jika ini terwujud tentu akan berdampak positif bagi peningkatan investasi dan masyarakat dapat menikmati listrik murah karena ketersediaan bahan baku yang berlimpah," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini ketersediaan listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sudah mencukupi, namun untuk kebutuhan industri dan usaha masyarakat seperti perhotelan serta lainnya masih kurang.

"Mudah-mudahan kajian dan penelitian logam tanah jarang ini berjalan dengan baik, sehingga pemerintah daerah dapat dengan cepat merealisasikan pembangunan tenaga listrik ini," ujarnya.

Menurut Suranto, untuk merealisasikan pembangkit listrik ini pemerintah daerah membutuhkan investor karena biaya pembangunannya sangat besar dan harus memiliki teknologi tinggi.

"Kami berharap pemerintah pusat mendukung wacana pemerintah daerah membangun pembangkit listrik berbahan baku logam tanah jarang ini guna mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di provinsi kepulauan ini," ujarnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Bangka Belitung Genjot Populasi Sapi

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan jumlah populasi sapi pada 2018 sebanyak 13.090 ekor atau meningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya 12.202 ekor, g

  • 2 bulan lalu

    Bangka Tengah Butuh Pembangkit Listrik Baru

    KOBA (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membutuhkan investor baru untuk merealisasikan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapas

  • 2 bulan lalu

    Bangka Belitung Tambah Beras Medium

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Bulog menambah 500 ton beras medium untuk disalurkan ke titik operasi pasar di Pulau Bangka."Kami bersama

  • 3 bulan lalu

    Jumlah Wisatawan ke Banga Belintung Meningkat

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah kunjungan wisatawan selama 2017 mengalami kenaikan 25,6 persen dibandingkan 2016."Kunjung

  • 3 bulan lalu

    Widar Operasikan Pembangkit Listrik di Tanjung Balai Karimun

    BATAM (EKSPOSnews): Anak perusahaan PT PGN (Persero), PT Widar Mandripa Nusantara (Widar) mengoperasikan pembangkit listrik di Pulau Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.Direktur Utama PT Widar, Riza

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99