Rabu, 15 Agu 2018
  • Home
  • Properti
  • Bangka Belitung Akan Bangun Pembangkit Listrik

Bangka Belitung Akan Bangun Pembangkit Listrik

Oleh: Jallus.
Selasa, 17 Okt 2017 17:25
BAGIKAN:
istimewa.
Pembangkit listrik.
PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pembangkit listrik dengan memanfaatkan potensi logam tanah jarang guna mewujudkan kemandirian energi di daerah itu.

"Saat ini kita akan melakukan kajian dan penelitian terhadap potensi logam tanah jarang sebagai bahan baku pembangkit listrik," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Saya Mineral Provinsi Kepulauan Babel, Suranto Wibowo di Pangkalpinang, Selasa 17 Oktober 2017.

Ia menjelaskan pembangunan pembakit listrik berbahan baku mineral ikutan timah ini karena potensi dan kandungannya sangat besar, belum terjamah, dan belum dikelola dengan baik untuk mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.

Hasil penelitian Badan Tenaga Nuklir Nasional pada 2009 menunjukkan seluas 400.000 hektare lahan di Provinsi Kepulauan Babel mengandung kadar thorium sebesar 120.000 ton, uranium 24.000 ton dan unsur logam tanah jarang sekitar 7.000.000 ton.

"Jika ini terwujud tentu akan berdampak positif bagi peningkatan investasi dan masyarakat dapat menikmati listrik murah karena ketersediaan bahan baku yang berlimpah," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini ketersediaan listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sudah mencukupi, namun untuk kebutuhan industri dan usaha masyarakat seperti perhotelan serta lainnya masih kurang.

"Mudah-mudahan kajian dan penelitian logam tanah jarang ini berjalan dengan baik, sehingga pemerintah daerah dapat dengan cepat merealisasikan pembangunan tenaga listrik ini," ujarnya.

Menurut Suranto, untuk merealisasikan pembangkit listrik ini pemerintah daerah membutuhkan investor karena biaya pembangunannya sangat besar dan harus memiliki teknologi tinggi.

"Kami berharap pemerintah pusat mendukung wacana pemerintah daerah membangun pembangkit listrik berbahan baku logam tanah jarang ini guna mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di provinsi kepulauan ini," ujarnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Bangka Belitung Kekeringan

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan mesin pompa air kepada kelompok tani, guna mengatasi kekeringan selama musim kemarau di daerah itu."Kita berha

  • 3 minggu lalu

    Bangka Belitung Bangun Pelabuhan Lepas Pantai

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan izin kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pelindo untuk membangun pelabuhan lepas pantai guna meningkat

  • satu bulan lalu

    Barata Indonesia Kembangkan Pembangkit Listrik

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Barata Indonesia (Persero) menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan multinasional asal Spanyol, Duro Felguera, dalam pengembangan proyek bidang pembangkit listrik.Ked

  • 2 bulan lalu

    Babel Bangun Pabrik Kelapa Sawit

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pabrik pengolahan kelapa sawit yang dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk meningkatkan produksi sekali

  • 2 bulan lalu

    Polda Kepulauan Bangka Belitung Ungkap Jaringan Prostitusi

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Polda Kepulauan Bangka Belitung berhasil mengungkap kasus protistusi di Hotel Galaxy Jalan Kiyai Haji Kholid Hamid Gang Haduma belakang Puncak Mall Pangkalpinang."Dalam pen

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99