Minggu, 19 Nov 2017
  • Home
  • Politik
  • Perppu Ormas Menjaga Eksistensi Bangsa Indonesia

Perppu Ormas Menjaga Eksistensi Bangsa Indonesia

Oleh: marsot.
Rabu, 18 Okt 2017 19:32
BAGIKAN:
istimewa.
Ormas.
JAKARTA (EKSPOSnews): Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarifhidayatullah, Azyumardi Azra menilai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan diperlukan untuk menjaga eksistensi bangsa Indonesia.

"Pengertian kegentingan memaksa sebenarnya tidak ada, namun saya tegaskan ini soal eksistensial yaitu ada ormas yang tidak terima Pancasila, padahal itu ideologi bangsa Indonesia," kata Azyumardi dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi II DPR, di Jakarta, Rabu 18 Oktober 2017.

Dia mengatakan kalau ada ormas yang bertentangan dengan Pancasila itu dibiarkan maka eksistensi negara bangsa Indonesia bisa berakhir cepat atau lambat.

Karena itu, menurut dia Perppu Ormas tidak bisa disamakan dengan penyebab munculnya Perppu Terorisme yang dikeluarkan karena adanya kegentingan pascaperistiwa Bom Bali I dan II.

"Namun, harus dilihat lebih luas yaitu masa depan negara bangsa berdasarkan Pancasila," ujarnya.

Dia menilai Perppu Ormas tidak khususnya ditujukan untuk Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), namun untuk kelompok mana pun yang mengancam eksistensi negara Indonesia.

Azyumardi menilai tantangan yang dihadapi NKRI dan Pancasila tidak sederhana karena dengan adanya demokrasi yang sejak 1998/1999 sampai sekarang, berbagai paham aliran dan gerakan yang tidak selaras dengan NKRI dengan bebas bisa menyampaikan ekspresinya.

"Saya ingin menyimpulkan Perppu ini memang diperlukan, ini persoalan eksistensial bangsa Indonesia. Kalau ada kekhawatiran ormas lain jadi target, kita harus pantau pemerintah," katanya.

Dia menilai berlebihan kalau Perppu Ormas dinilai bisa mendorong pada otoritarianisme karena di era demokrasi, tidak mungkin Indonesia kembali pada paham tersebut.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Perppu Ormas Tak Represif

    BANDUNG (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo membantah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Ormas bersifat represif karena justru dalam penyusunannya dibuat secara demokratis."Kesimpula

  • 4 bulan lalu

    Perppu Ormas Jaga Keutuhan NKRI

    PALANGKA RAYA (EKSPOSnews): Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto berpendapat, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Orma

  • 4 bulan lalu

    DPR Sudah Terima Surat Perppu Pembubaran Ormas

    JAKARTA (EKSPOSnews): Dewan Perwakilan Rakyat menerima surat pemerintah terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan, dan akan diproses ses

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99