Sabtu, 22 Sep 2018
  • Home
  • Politik
  • Pemilih Islam Masih Percaya Sama Joko Widodo

Pemilih Islam Masih Percaya Sama Joko Widodo

Oleh: alex
Rabu, 04 Jul 2018 08:43
BAGIKAN:
istimewa.
Joko Widodo,Presiden RI.
SURABAYA (EKSPOSnews): Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (Puspek) FISIP Universitas Airlangga (Unair) menempatkan pasangan Joko Widodo-Muhaimin Iskandar pada urutan teratas atau 41 persen dalam Survei Menakar Arah Pemilih Islam untuk Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2019.

"Sedangkan urutan kedua pasangan Prabowo Subianto-Zulkifli Hasan 26,3 persen, dan urutan ketiga Gatot Nurmantyo-Anies Rasyid Baswedan 6,4 persen," kata Direktur Utama Puspek FISIP Unair Novri Susan, di Surabaya, Rabu 4 Juli 2018.

Selain itu, lanjut dia, dalam survei Puspek ini disebutkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar masuk sebagai tokoh representasi Islam meraih 18,2 persen, disusul Joko Widodo (14,7 persen), Prabowo Subianto (12,3 persen), Mahfud MD (11,1 persen), Habib Rizieq Shihab (5,6 persen), dan Said Aqil Siroj (5,0 persen).

Meski demikian, lanjut dia, secara umum hasil survei menunjukkan pemilih Islam pada Pilpres 2019 mendatang masih menaruh kepercayaan pada Joko Widodo dengan raihan 47,9 persen, disusul Prabowo Subianto 30,1 persen.

Sementara itu, calon presiden lain yang masuk survei yakni mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 3,1 persen, Wapres Jusuf Kalla 1,4 persen, Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) pemenangan pilkada dan pilpres dari Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 1,2 persen serta Gubenur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Hary Tanoesudibjo, Mahfud MD sama-sama meraih 1 persen serta Abdul Muhaimin Iskandar 0,6 persen. Sedangkan yang belum memutuskan 12,7 persen.

"Dukungan terhadap suara Jokowi berasal dari pedesaan, masyarakat Pulau Jawa dan perempuan. Sedangkan Prabowo dari kalangan perkotaan, non-Pulau Jawa dan kalangan laki-laki," katanya.

Selain capres, Novri juga merilis survei tokoh yang cocok menjadi cawapres 2019 mendatang, yakni Gatot Nurmantyo menempati teratas 18,4 persen disusul Jusuf Kalla 15,3 persen, Abdul Muhaimin Iskandar 13,0 persen, AHY 10,4 persen, Anies Rasyid Baswedan 7,4 persen, Hary Tanoesudibjo 5,7 persen, Mahfud MD 5,2 persen, Ridwan Kamil 4,7 persen, Susi Pudjiastuti 4,3 persen, Chairul Tanjung 2,8 persen, Tito Karnavian 2,7 persen, dan Sri Mulyani 2,2 persen.

Survei Puspek Menakar Arah Pemilih Islam Menuju Pemilu 2019 ini dilaksanakan mulai 12-26 Juni 2018 dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error sebesar 2,83 persen.Metode survei yang digunakan multistage random sampling dengan melibatkan 1.200 responden di 29 provinsi. Survei tersebut dilakukan dengan wawancara langsung secara tatap muka pada responden muslim.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Jokowi Resmikan Portal WNI di Luar Negeri

    SEOUL (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Seoul, Korea Selatan, meluncurkan Sistem Informasi Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri bernama Portal Peduli WNI yang dibuat ol

  • 2 minggu lalu

    Joko Widodo Bertemu 4 Pimpinan Perusahaan Korsel

    SEOUL (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menerima empat pemimpin perusahaan dari Korea Selatan secara bergantian di sela kunjungan kenegaraannya di negara yang terkenal dengan gingseng ini.Keempat bos

  • 2 minggu lalu

    Kader Demokrat Dukung Jokowi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Bakal Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Uno memahami adanya kader Partai Demokrat di daerah yang menyatakan mendukung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon petahana pada Pilpres 2019

  • 3 minggu lalu

    Ketika Silat Satukan Joko widodo dan Prabowo

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pesilat Indonesia Hanifan Yudani Kusumah mengaku refleks saat menyatukan Presiden Joko Widodo dan Ketua PB IPSI Prabowo Subianto dalam pelukan bersama usai meraih emas cabang ola

  • 2 bulan lalu

    Kebijakan Kehutanan Era Jokowi Sangat Mendasar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kebijakan pengelolaan sektor kehutanan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo yang mengalami perubahan mendasar disampaikan dalam pertemuan internasional di Roma, Italia, pe

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99