Kamis, 19 Sep 2019

Muslim Konservatif Pilih Prabowo-Sandi

Oleh: alex
Selasa, 05 Mar 2019 17:24
BAGIKAN:
istimewa.
Muslim.
JAKARTA (EKSPOSnews): Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul pada kelompok Muslim konservatif yaitu kelompok Muslim yang menginginkan Indonesia seperti Timur Tengah.

"Prabowo-Sandi unggul di masyarakat atau pemilih Muslim konservatif yang menginginkan Indonesia seperti Timur Tengah," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa di Jakarta, Selasa 5 Maret 2019.

Ardian menyampaikan berdasarkan survei, secara keseluruhan dari total 87,8 persen pemilih Muslim, ketika diminta mencoblos simulasi surat suara, mayoritas di antaranya atau 55,7 persen menyatakan memilih Jokowi-Ma'ruf Amin, sedangkan 33,6 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno.

Muslim pemilih Jokowi-Ma'ruf, mayoritas menyatakan terafiliasi dengan Nahdlatul Ulama yang merupakan Muslim moderat yang menginginkan Indonesia khas Pancasila.

Sementara Muslim pemilih Prabowo-Sandi mayoritas terafiliasi PA 212 dan FPI yang menurut Ardian mayotitas di antaranya cenderung konservatif atau menginginkan Indonesia seperti dunia Timur Tengah atau Arab.

Lebih jauh dia mengungkapkan di segmen pemilih Muslim, Jokowi-Ma ruf hanya unggul di pemilih Muslim yang puas terhadap kondisi ekonomi. Sedangkan di pemilih Muslim yang tidak puas dengan kondisi ekonomi, Jokowi-Ma ruf kalah.

Survei LSI dilakukan 18-25 Februari 2019, dengan metode "multistage random sampling" terhadap 1.200 responden dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dan "margin of error survei" plus minus 2,9 persen.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    MK Tolak Seluruh Permohonan Prabowo-Sandi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang pembacaan putusan perkara sengketa Pilpres 2019 menyatakan menolak seluruh permohonan baik dari pihak pemohon, termohon, dan terkait."Amar p

  • 3 bulan lalu

    Permohonan BPN Prabowo-Sandi Ditolak MA

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mahkamah Agung (MA) melalui putusannya menyatakan 'tidak dapat menerima' permohonan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang diwakili Ketua B

  • 4 bulan lalu

    Posko Prabowo-Sandi di Jateng Jadi Pemicu Semangat

    JAKARTA (EKSPOSnews): Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kemenangan PDIP dan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Jateng karena adanya posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sub

  • 12 bulan lalu

    Prabowo-Sandiaga Panik

    JAKARTA (EKSPOSnews): Koalisi partai politik pengusung Prabowo-Sandiaga jangan panik menyikapi iklan pencapaian kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dibuat Kementerian Komunikasi dan Informatika

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99