Jumat, 14 Des 2018

Ketua DPR Pasang Badan

Oleh: alex
Sabtu, 17 Feb 2018 04:57
BAGIKAN:
istimewa.
Bambang Soesatyo, ketua DPR.
JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan siap "pasang badan" menyikapi banyaknya kritik dari masyarakat terhadap pasal penghinaan parlemen yang diatur dalam UU MPR, DPR, DPD, DPRD hasil perubahan kedua.

"Saya menjamin pasal penghinaan parlemen dalam UU MD3 tidak akan digunakan untuk memenjarakan orang yang mengkritik DPR RI," kata Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat 16 Februari 2018.

Bamsoet, panggilan akrab Bambang Soesatyo, mengingatkan masyarakat tidak perlu ada kekhawatiran berlebihan terhadap pasal 122 huruf k mengenai penghinaan parlemen dalam UU MD3 hasil perubahan kedua yang baru disetujui DPR RI pada Senin (12/2).

Politikus Partai Golkar itu menegaskan bahwa pasal 122 huruf k tersebut, substansinya sama saja dengan pasal UU MD3 sebelumya yang tidak menuai kritik.

"Kritik sangat dibutuhkan DPR RI, karena dapat memacu kinerja. Namun, kritik berbeda dengan menghina maupun memfitnah," katanya.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI yang membidangi hukum itu, juga menyatakan memahami perbedaan antara kritik, penghinaan, dan fitnah.

Bamsoet menjelaskan bahwa fitnah, penghinaan, dan penistaan termasuk dalam delik aduan dalam UU KUHP.

"Menyikapi fitnah dan penghinaan, DPR RI tidak bertindak sendirian, tapi melalui MKD (Mahkamah Kehormatan Dewan) akan melaporkan pelakunya ke aparat penegak hukum," katanya.

Bamsoet juga menegaskan kesiapannya bertanggung jawab atas hasil keputusan DPR RI meloloskan revisi kedua UU MD3 yang mendapat kritik masyarakat.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Ketua DPRD Buton Selatan Ditangkap karena Narkoba

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua DPRD Kabupaten Buton Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara berinisial LA ditangkap anggota Polda Metro Jaya terkait penyalahgunaan narkoba."(LA) ditangkap Subdit 1 Ditresnarko

  • satu bulan lalu

    KPK Panggil Ketua DPRD Labuhanbatu

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Dahlan Bukhari dalam penyidikan kasus suap proyek-proyek di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.Da

  • satu bulan lalu

    KPK Tahan Wakil Ketua DPR Dari PAN Taifuk Kurniawan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan alasan soal penahanan terhadap Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan (TK) yang dilakukan.KPK menahan selama 20 hari pertama terhadap p

  • 2 bulan lalu

    Taufik Kurniawan, Wakil Ketua DPR Dicegah ke Luar Negeri

    JAKARTA (EKSPOSnews): KPK mengirimkan surat permintaan cegah untuk bepergian ke luar negeri terhadap Wakil Ketua DPR dari Faksi Partai Amanat Nasional Taufik Kurniawan terkait dengan penyidikan kasus

  • 2 bulan lalu

    Polisi Tahan Ketua DPRD Samarinda

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua DPRD Samarinda Alphad Syarif ditahan Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Bareskrim Polri karena dugaan melakukan penipuan dan penggelapan.Kepala Divisi Humas Polri

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99