Minggu, 21 Jan 2018
  • Home
  • Politik
  • KPK Akan Buat Panduan Rekrutmen Kader Partai

KPK Akan Buat Panduan Rekrutmen Kader Partai

Oleh: marsot.
Kamis, 14 Sep 2017 03:39
BAGIKAN:
istimewa.
KPK.
JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membuat panduan rekrutmen dan kaderisasi dalam partai politik untuk mencegah munculnya persoalan integritas partai.

"Nanti akan ada panduan rekrutmen dan kaderisasi parpol yang ideal," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam diskusi dengan pimpinan DPP Partai Demokrat, di Jakarta, Rabu 13 September 2017.

Basaria mengatakan secara umum penyebab munculnya persoalan integritas partai antara lain tidak adanya standar etik dari partai dan politisi, rekrutmen politik dan kaderisasi yang berjalan secara tradisional, masalah pendanaan partai hingga tidak adanya transparansi sumber pendanaan partai.

Khusus menyangkut rekrutmen dan kaderisasi, kata dia, idealnya sebuah partai memastikan latar belakang dari calon kadernya. Seorang calon kader harus memiliki komitmen menjadi politisi yang baik dan berintegritas.

Selain itu partai politik diharapkan tidak serta merta menampung semua orang menjadi anggota/kader tanpa melihat latar belakang yang bersangkutan.

Sementara terkait masalah kode etik, KPK berharap nantinya dapat disusun standar kode etik mendasar yang mesti dimiliki setiap partai. Selanjutnya, soal pendanaan, KPK menginginkan bantuan partai politik bisa terus ditingkatkan hingga bisa menyentuh angka Rp10.000 per suara, dengan turut diperkuat sistem transparansi terkait sumber dan alokasi dana parpol.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    KPK Tahan Fredrich Yunadi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penangkapan pengacara Fredrich Yunadi dilakukan KPK karena KPK menduga keras bekas pengacara Setya Novanto itu melakukan tindak pidana."KPK melakukan penangkapan, bukan jemput pa

  • satu minggu lalu

    KPK Sita Berbagai Dokumen dari Kaktor Pengacara Fredrich Yunanto

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah dokumen usai menggeledah kantor pengacara Fredrich Yunanto di kawasan Gandari Jakarta Selatan."Penggeledahan dilakuka

  • 2 minggu lalu

    Zumi Zola Diperiksa KPK

    JAKARTA (EKSPOSnews): Gubernur Jambi Zumi Zola memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapata

  • 2 minggu lalu

    KPK Operasi Tangkap Tangan Diawal Tahun 2018

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan total enam orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, dan Surabaya, Jawa Timur."

  • 2 minggu lalu

    KPK Akan Periksa Wakil Gubernur Bengkulu

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Bela

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99