Sabtu, 21 Apr 2018
  • Home
  • Politik
  • DPR Tak Bisa Proses Pergantian Setya Novanto

DPR Tak Bisa Proses Pergantian Setya Novanto

Oleh: Jallus
Selasa, 12 Des 2017 13:24
BAGIKAN:
istimewa.
DPR RI.
JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan Pimpinan DPR tidak bisa memproses pergantian Setya Novanto karena ada dua surat dari Fraksi Partai Golkar kepada pimpinan, satu berisi dukungan kepada Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR dan lainnya berisi penolakan.

"Kalau untuk pengunduran diri Pak Novanto sudah ada suratnya, dan DPR menerima. Namun untuk penggantian Pak Novanto, karena ada dua surat dari Partai Golkar, maka kami serahkan kepada internal Golkar untuk finalisasi," kata Agus di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa  12 Desember 2017.

Agus menyerahkan keputusan penggantian tersebut kepada Partai Golkar untuk difinalisasi sehingga nantinya hanya satu surat karena kalau ada dua surat, tentu Pimpinan DPR tidak dapat memproses untuk tindak lanjutnya.

Dia mengharapkan nantinya hanya ada satu usulan tetapi karena sekarang sudah memasuki masa reses sehingga nanti setelah masa reses baru kemudian dilaksanakan.

"Dalam hal ini ada dua surat yang satu mengusulkan nama dan yang satu adalah menunda supaya nanti dilaksanakan munaslub terlebih dahulu," ujarnya.

Selain itu, politisi Partai Demokrat tersebut mengatakan kekosongan kursi Ketua DPR saat ini tidak akan mengganggu tugas dewan secara keseluruhan.

Hal itu, menurut dia, karena Pimpinan DPR telah secara resmi menunjuk Fadli Zon sebagai Plt Ketua DPR sehingga tugas administrasi bisa dilaksanakan dengan baik.

"Tidak mengganggu kinerja, karena dulu saat Pak Setnov mengundurkan diri ada Plt juga. Semuanya berjalan dengan lancar dan untuk nantinya masa bakti Plt selesai pada saat sudah ada, ditentukan secara definitif ketua DPR yang baru," ujarnya.

Sebelumnya, Fraksi Partai Golkar mengirimkan dua surat terkait pergantian Ketua DPR ke Pimpinan DPR, surat pertama berisi tindak lanjut dari usulan Setnov yang menginginkan Aziz Syamsuddin menjadi penggantinya di posisi Ketua DPR.

Surat kedua yaitu surat yang ditandatangani Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar Dito Ganinduto dan Sekretaris Fraksi Agus Gumiwang Kartasasmita.

Surat yang ditujukan kepada pimpinan DPR RI ini menegaskan bahwa pimpinan Fraksi Partai Golkar DPR RI menyampaikan, tidak ada penggantian Ketua DPR RI di Masa Persidangan II Tahun Sidang 2017-2018. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 12 jam lalu

    Pemilihan Kepala Daerah Lewat DPRD, Korupsinya Juga Akan Gila-Gilaan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Almas Sjafrina berpendapat bahwa mengembalikan pemilihan kepala daerah ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tidak akan mengeliminasi masala

  • 2 minggu lalu

    KPK Panggil 10 Anggota DPRD Sumut

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil 10 anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap kepada DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2009-2

  • 3 minggu lalu

    KPK Tetapkan 38 Anggota DPRD Sumut Jadi Tersangka Korupsi

    JAKARTA (EKSPOSnews): KPK menetapkan 38 anggota DPRD Sumatera Utara sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi menerima hadiah atau janji dari Gatot Pujo Nugroho selaku Gubernur Sumatera Uta

  • 2 bulan lalu

    Pimpinan DPR Menunggu Pengesahan UU MD3

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua DPR Bambang Soesatyo menegaskan Rapat Paripurna pada Senin (5/3) tidak akan melantik Pimpinan DPR yang baru hasil perubahan kedua UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, D

  • 2 bulan lalu

    KPK Perpanjang Penahanan Anggota DPRD Jambi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriono, tersangka suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Dae

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99