Jumat, 19 Jan 2018
  • Home
  • Politik
  • DPR Akan Punya Gedung Baru. Sakiti Rakyat!

DPR Akan Punya Gedung Baru. Sakiti Rakyat!

Oleh: Jallus
Selasa, 22 Agu 2017 22:16
BAGIKAN:
istimewa
Gedung lama DPR.
JAKARTA (EKSPOSnews): Sekretaris Jenderal DPR Ahmad Djuned mengatakan DPR telah mendapatkan alokasi anggaran untuk penataan kawasan parlemen dalam RAPBN 2018 senilai Rp600 miliar, dari total anggaran DPR tahun 2018 sebesar Rp5,7 triliun.

"Jadi untuk anggaran 2018 itu adalah untuk penataan kawasan termasuk gedung di dalamnya, itu sekitar Rp600 miliar dan itu nantinya akan dimulai dengan perencanaan untuk tahun 2018," kata Ahmad Djuned di Gedung Nusantara DPR Jakarta, Selasa 22 Augustus 2017.

Dia menjelaskan kemungkinan untuk pembangunan gedung baru DPR akan dilaksanakan pada akhir 2018 atau awal tahun 2019.

Djuned mengatakan rancangan dan spesifikasi gedung baru DPR itu akan disesuaikan dengan standar bangunan lembaga negara lainnya misalnya Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dia menjelaskan ruangan di lembaga negara lain biasanya memiliki luas 117 meter persegi dan itu merupakan ukuran standar bangunan untuk pejabat negara eselon satu yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2011.

"Bahwa untuk pejabat negara luasannya itu adalah 117 meter persegi, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2011. Itu sudah standar satu ruangan," ujarnya.

Djuned menilai ruangan seluas 117 meter persegi cukup ideal untuk menampung satu orang anggota DPR, lima tenaga ahli dan dua staf administrasi serta tamu-tamu Anggota DPR.

Dia mengatakan, pihaknya kemungkinan akan menggunakan hasil sayembara disain arsitektur dari penataan kawasan parlemen tahun 2015 sebagai acuan proyek tersebut.

"Penataan kawasan sudah sejak tahun 2015 jadi sudah ada penataan kawasan dan itu akan sebagai acuan ke depannya," katanya.

Djuned menjelaskan apabila gedung baru jadi, Gedung Nusantara I yang saat ini ditempati oleh mayoritas anggota DPR akan tetap dimanfaatkan bagi pegawai Kesetjenan dan Badan Keahlian (BK) DPR.

Hal itu, menurut dia, disebabkan berdasarkan hasil penelitian, Kesekjenan dan BK DPR kekurangan pegawai hingga 1.000 orang sehingga pihaknya akan menambah pegawai.

Selain gedung, DPR juga akan melakukan perencanaan pembangunan alun-alun demokrasi, perpustakaan, museum dan pusat kajian.

Keseluruhannya itu masuk dalam proyek penataan kawasan parlemen namun pembangunan yang menjadi prioritas adalah gedung baru DPR dan alun-alun demokrasi.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua DPR Bambang Soesatyo bertekad memperkuat tiga fungsi dasar DPR yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran karena ketiganya harus berjalan seiring dan saling mendukung."Dalam

  • satu minggu lalu

    Bambang Soesatyo Ditunjuk Jadi Ketua DPR

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto telah menunjuk Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto."Sudah fix namanya BS, namanya Bamsoe

  • satu bulan lalu

    DPR Tak Bisa Proses Pergantian Setya Novanto

    JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan Pimpinan DPR tidak bisa memproses pergantian Setya Novanto karena ada dua surat dari Fraksi Partai Golkar kepada pimpinan, satu berisi du

  • satu bulan lalu

    Mantan Pimpinan KPK Cabut Uji Materi Hak Angket DPR

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas mencabut gugatan uji materi Pasal 79 ayat 3 UU MD3 yang mengatur tentang hak angket DPR kepada KPK."Kami sepaka

  • 2 bulan lalu

    DPR dan Kemendagri Dapat Fee Proyek E-KTP

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pengusaha Andi Narogong mengakui pemberian "fee" untuk DPR sebesar 7 juta dolar AS sudah dilakukan."Untuk DPR sudah dieksekusi, 3,5 juta dolar AS pada akhir 2011, lalu 3,5 juta d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99