Kamis, 21 Sep 2017
  • Home
  • Politik
  • DPR Akan Punya Gedung Baru. Sakiti Rakyat!

DPR Akan Punya Gedung Baru. Sakiti Rakyat!

Oleh: Jallus
Selasa, 22 Agu 2017 22:16
BAGIKAN:
istimewa
Gedung lama DPR.
JAKARTA (EKSPOSnews): Sekretaris Jenderal DPR Ahmad Djuned mengatakan DPR telah mendapatkan alokasi anggaran untuk penataan kawasan parlemen dalam RAPBN 2018 senilai Rp600 miliar, dari total anggaran DPR tahun 2018 sebesar Rp5,7 triliun.

"Jadi untuk anggaran 2018 itu adalah untuk penataan kawasan termasuk gedung di dalamnya, itu sekitar Rp600 miliar dan itu nantinya akan dimulai dengan perencanaan untuk tahun 2018," kata Ahmad Djuned di Gedung Nusantara DPR Jakarta, Selasa 22 Augustus 2017.

Dia menjelaskan kemungkinan untuk pembangunan gedung baru DPR akan dilaksanakan pada akhir 2018 atau awal tahun 2019.

Djuned mengatakan rancangan dan spesifikasi gedung baru DPR itu akan disesuaikan dengan standar bangunan lembaga negara lainnya misalnya Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dia menjelaskan ruangan di lembaga negara lain biasanya memiliki luas 117 meter persegi dan itu merupakan ukuran standar bangunan untuk pejabat negara eselon satu yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2011.

"Bahwa untuk pejabat negara luasannya itu adalah 117 meter persegi, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2011. Itu sudah standar satu ruangan," ujarnya.

Djuned menilai ruangan seluas 117 meter persegi cukup ideal untuk menampung satu orang anggota DPR, lima tenaga ahli dan dua staf administrasi serta tamu-tamu Anggota DPR.

Dia mengatakan, pihaknya kemungkinan akan menggunakan hasil sayembara disain arsitektur dari penataan kawasan parlemen tahun 2015 sebagai acuan proyek tersebut.

"Penataan kawasan sudah sejak tahun 2015 jadi sudah ada penataan kawasan dan itu akan sebagai acuan ke depannya," katanya.

Djuned menjelaskan apabila gedung baru jadi, Gedung Nusantara I yang saat ini ditempati oleh mayoritas anggota DPR akan tetap dimanfaatkan bagi pegawai Kesetjenan dan Badan Keahlian (BK) DPR.

Hal itu, menurut dia, disebabkan berdasarkan hasil penelitian, Kesekjenan dan BK DPR kekurangan pegawai hingga 1.000 orang sehingga pihaknya akan menambah pegawai.

Selain gedung, DPR juga akan melakukan perencanaan pembangunan alun-alun demokrasi, perpustakaan, museum dan pusat kajian.

Keseluruhannya itu masuk dalam proyek penataan kawasan parlemen namun pembangunan yang menjadi prioritas adalah gedung baru DPR dan alun-alun demokrasi.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Korupsi Perjalan Dinas DPRD Kota Medan

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara telah menerima laporan kasus dugaan korupsi dana perjalanan dinas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Medan sebesar Rp987 juta tahun anggaran 201

  • 6 hari lalu

    KPK Tahan 4 Orang Suap DPRD Pemkot Banjarmasin

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan empat tersangka suap anggota DPRD Kota Banjarmasin terkait persetujuan rancangan peraturan daerah (raperda) penyertaan modal Perusahaan

  • satu minggu lalu

    Anggota DPRD Jadi Tersangka Perkelahian

    SARILAMAK (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), menetapkan tersangka baru kasus dugaan perkelahian di Nagari (desa adat) Taram pada Minggu (10/9), yakni anggota DPRD

  • satu minggu lalu

    DPRD Rekomendasikan Togar Sitorus Jadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar

    PEMATANGSIANTAR (EKSPOSnews): DPRD Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, merekomendasikan kader Partai Demokrat Togar Sitorus menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar sisa masa jabatan 2017-2022."Kita

  • 2 minggu lalu

    Anggota DPRD dari Partai Gerindra Otak Pelaku Pembakar Sekolah di Kalteng

    JAKARTA (EKSPOSnews): Anggota DPRD Kalteng, Yansen Alison Binti menjadi tersangka pembakaran tujuh sekolah dasar di Palangka Raya, Kalimantan Tengah karena diduga menjadi dalang pembakaran tujuh SD te

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak