Jumat, 14 Des 2018

Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI

Oleh: marsot
Senin, 15 Jan 2018 19:21
BAGIKAN:
istimewa.
Bambang Soesatyo, ketua DPR RI.
JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua DPR Bambang Soesatyo bertekad memperkuat tiga fungsi dasar DPR yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran karena ketiganya harus berjalan seiring dan saling mendukung.

"Dalam waktu sisa yang tidak terlalu lama, saya juga akan berupaya memperkuat fungsi dasar DPR RI, yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran," kata Bambang saat memberikan pidato pertamanya di Rapat Paripurna DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin 15 Januari 2018.

Dia mengatakan ketiga fungsi itu harus berjalan seiring dan saling mendukung, termasuk penguatan terhadap tugas, fungsi dan kewenangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Menurut dia, MKD sebagai benteng kehormatan tidak saja kepada para anggota, tetapi juga kepada DPR sebagai institusi lembaga negara.

"Sebagai bagian dari pimpinan DPR, panduan kami dalam mengoordinasikan kerja-kerja politik dari alat kelengkapan Dewan adalah amanat konstitusi," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan pimpinan DPR akan mendorong lahirnya produk-produk legislasi yang relevan dengan kepentingan jangka panjang seluruh bangsa Indonesia.

Selain itu menurut dia, DPR juga akan melakukan pengawasan yang seksama dan responsif terhadap kebutuhan rakyat serta memastikan alokasi anggaran yang mampu mendorong kesejahteraan dan keadilan sekaligus.

"Selain semua itu, khusus terhadap lembaga eksekutif dan lebih khusus lagi terhadap Pemerintahan Presiden Joko Widodo, saya akan membantu untuk memposisikan lembaga perwakilan yang terhormat ini sebagai sebuah mitra yang kontributif, produktif, akrab dan bersahabat," katanya.

Bambang mengatakan DPR adalah mitra eksekutif, sehingga instituinya akan mendorong berbagai program dan kebijakan yang memang baik dan perlu.

Namun menurut dia, sebagai mitra sejati tentu DPR harus siap dan sanggup mengingatkan, serta turut memberikan solusi bagi berbagai hal yang masih perlu dibenahi.

"Semua yang sudah berjalan baik harus dilanjutkan, namun berbagai hal yang memang masih perlu dibenahi tentu harus dicarikan jalannya," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Bambang Soesatyo Ditunjuk Jadi Ketua DPR

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto telah menunjuk Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto."Sudah fix namanya BS, namanya Bamsoe

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99