Jumat, 16 Nov 2018

Asman Abnur Mundur dari Menteri

Oleh: marsot
Selasa, 14 Agu 2018 17:53
BAGIKAN:
istimewa.
Asman Abnur, Menpan RB.
JAKARTA (EKSPOSnews): Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur sudah legawa (menerima) mundur dari Kabinet Indonesia Kerja.

"Tadi (Asman sudah) berkomunikasi dengan Pak Mensesneg. Intinya beliau dengan legawa karena beliau memang suda tahu ini dan ini kan bukan proses yang tiba-tiba," kata Pramono di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 14 Augustus 2018.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Kabinet Pratikono mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan "reshuffle" kabinet sebagai konsekuensi koalisi politik.

Asman Abnur adalah menteri yang berasal dari PAN, partai pengusung pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Sandiaga yang merupakan lawan dari pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kemarin kebetulan bertiga, Pak Presiden, menteri sekretaris negara dan saya diminta segera diminta memanggil pak Asman karena bagaimanapun tidak elok kalo kemudian beliau (Asman) ada di dalam pemerintahan, dan Pak Asman sendiri dengan berbesar hati tentunya beliau akan memenuhi itu," ungkap Pramono.

Padahal menurut Pramono, Asman Abnur termasuk menteri yang berprestasi.

"Tapi ini kan pilihan politik yang tak bisa terhindarkan, keberadaan Pak Asman di dalam pemerintahan selama ini cukup baik. Kita mengucapkan terima kasih, tetapi karena perbedaan pilihan politik menjadi berbeda. Kita bertemu, bergabung baik-baik, selesai baik-baik," tutur Pramono.

Menurut Pramono, pengganti Asman hanya diketahui oleh Presiden Jokowi.

"Reshuffle pasti dalam waktu dekat. Itu keputusan presiden. Bisa profesional, karena Pak Asman ini representasi partai, bisa saja dari partai tapi yang jelas itu sepenuhnya kewenangan presiden," tambah Pramono.

Mensesneg Pratikno mengatakan bahwa Presiden juga puas dengan kerja Asman Abnur selama ini.

"Bapak Presiden juga sangat puas dengan kinerjanya Pak Asman Abnur. Sangat, sangat, sangat puas. Bukan hanya puas ya tapi saya bisa katakan lagi sangat, sangat puas. Jadi masalahmya adalah sekali lagi ini koalisi tadi, koalisi partai. Siapa yang di dalam koalisi, siapa yang ada di luar koalisi," ujar Pratikno.

Sedangkan mengenai pergantian menteri yang menjadi calon anggota legislatif menurut Pratikno tidak ada.

"Kalau 'nyaleg' itu hal yang berbeda, dalam regulasi disebutkan bahwa dia diberi kewenangan untuk cuti dan itu cukup banyak ada 7, Kalau (reshuffle) itu tidak ada," kata Pratikno.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99