Sabtu, 30 Mei 2020

Akom Diganti, Novanto Kembali Naik

Rabu, 23 Nov 2016 04:31
BAGIKAN:
ist
Partai Golkar.

JAKARTA (EKSPOSnews): DPP Partai Golkar akan menyampaikan surat ke Fraksi Golkar di DPR tentang pengembalian posisi Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto sebagai Ketua DPR/ Dengan demikian surat tersebut bisa langsung diberikan ke Pimpinan DPR untuk segera diproses, kata Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham di Jakarta.

"Yang ambil keputusan dia (Nurdin Halid) dan Idrus Marham. (Bukan Ketua Umum ya?) bukan," katanya, Selasa 22 November 2016.

Idrus mengatakan keputusan mengembalikan posisi Setya ini merupakan hasil rapat pleno yang dipimpin Nurdin dan dirinya.

Dia menjelaskan keputusan itu berdasarkan keputusan "judicial review" Mahkamah Konstitusi tentang alat bukti dalam kasus 'Papa Minta Saham' yang diperkuat keputusan Mahkaham Kehormatan Dewan tentang rehabilitasi nama Setya.

"Jadi ini kebutuhan dan tuntutan partai Golkar, bukan kepentingan Novanto," ujarnya.

 Menurut Idrus, keputusan ini tidak akan menganggu dinamika di DPR, proses pengembalian posisi ini ditujukan untuk meluruskan citra Setya pasca-kasus "Papa Minta Saham".

Dia mengatakan, hasil keputusan ini akan segera dikomunikasikan dengan Ade Komarudin dan dirinya meyakini Ade bisa menerima keputusan partai ini.

"Justru dengan (pergantian) ini, masyarakat jadi tahu, oh benar (Novanto) tidak salah," katanya.

Idrus mengatakan, pergantian Ade Komarudin itu bukan karena yang bersangkutan melakukan kesalahan namun ingin mengembalikan harkat marwah dan martabat partai.

Hal itu menurut dia karena Ketua Umum Partai Golkar pernah dituduh ada masalah hukum, dan buktinya ternyata tidak ada masalah.

Selain membicarakan soal Setya Novanto, Idrus yang datang bersama Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid ke Fraksi Golkar, juga memimpin rapat untuk membahas agenda internal Partai. Dalam rapat pleno ini, seluruh peserta rapat menyetujui secara bulat dan aklamasi pengembalian posisi Setya Novanto sebagai Ketua DPR dengan pertimbangan untuk mengembalikan marwah partai dan peningkatan kinerja.Sebelumnya, Partai Golkar kembali mewacanakan akan mengembalikan kursi ketua DPR RI kepada Setya Novanto, keputusan itu diambil dalam Rapat Pleno DPP Partai Golkar pada Senin (21/11).

Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid mengatakan keputusan itu diambil dengan mengacu pada putusan Mahkamah Konstitusi terkait kasus "Papa Minta Saham" yang menyeret nama Novanto.

Keputusan MK tersebut dikuatkan dengan keputusan Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI yang tidak pernah menjatuhi hukuman untuk Novanto.

Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPP Partai Golkar Yorrys Raweyai mengatakan, selanjutnya DPP Partai Golkar akan berkomunikasi dengan internal partai seperti Dewan Pembina, Dewan Pakar, dan Dewan Kehormatan.

Dia mengatakan, wacana pengembalian kursi Ketua DPR bukan karena performa Ade, melainkan untuk mengembalikan wibawa partai.(ant)


  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Partai Golkar Pecat Erwin Aksa

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ketua Dewan Pakar Partai Golkar HR Agung Laksono mendukung langkah DPP Partai Golkar memberikan sanksi pemecatan Erwin Aksa dari kepengurusan karena mendukung pasangan Prabowo-Sa

  • 2 tahun lalu

    Partai Golkar Kembalikan Uang ke KPK

    JAKARTA (EKSPOSnews): Partai Golkar mengembalikan uang Rp700 juta ke KPK terkait dengan perkara dugaan penerimaan hadiah atau janji kepada anggota DPR terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembanguna

  • 2 tahun lalu

    Tigakoma Pentas di Solo

    SOLO (EKSPOSnews): Kelompok Kajian Teater Tigakoma FKIP UMK setelah berhasil mementaskan sebuah pertunjukan yang disutradarai M. Utomo Aji Putro (Aji Kojek) dengan lakon "RSJ (Rumah Sakit Jiwa)"pada b

  • 2 tahun lalu

    Penonton Antusias Nonton Rumah Sakit Jiwa, Teater Tigakoma

     KUDUS (EKSPOSnews): Pentas Teater Tigakoma Kudus malam tadi telah berhasil dilaksanakan dengan menuai pujian dari penonton. Pentas ini sekaligus menjadi pentas produksi ke-13 dengan naskah RSJ k

  • 2 tahun lalu

    Teater Tigakoma Pentaskan Lakon RSJ, Ungkapan Ketidakwarasan Manusia

    KUDUS (EKSPOSnews): Kelompok Kajian Teater Tigakoma FKIP UMK pada bulan April 2018 ini akan mementaskan sebuah pertunjukan yang disutradarai M. Utomo Aji Putro (Aji Kojek) dengan lakon “RSJ (Rumah S

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99