Jumat, 16 Nov 2018
  • Home
  • Pojok
  • Waspadai Kejahatan Seksual Terhadap Anak

Waspadai Kejahatan Seksual Terhadap Anak

Oleh: Jallus
Kamis, 06 Sep 2018 04:17
BAGIKAN:
istimewa.
Kejahatan seksual anak.
KUALA KURUN (EKSPOSnews): Legislator di DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kejahatan seksual terhadap anak.

"Kita minta masyarakat, khususnya orang tua agar mewaspadai kejahatan seksual yang dapat menimpa anak-anaknya," kata Ketua DPRD Gunung Mas, Gumer di Kuala Kurun, Rabu 5 September 2018.

Politisi PDIP mengaku prihatin dengan kasus kejahatan seksual yang belum lama terjadi di daerah tersebut menimpa anak berusia 12 tahun hingga hamil tujuh bulan.

Parahnya lagi tindak pidana asusila yang menimpa siswi SMP itu dilakukan oleh orang dekat atau paman korban sendiri.

"Kita merasa sangat prihatin dan mengutuk perbuatan bejat pelaku," katanya.

Menurutnya, peristiwa tersebut hendaknya dapat jadi pembelajaran bagi masyarakat agar selalu waspada terhadap kejahatan yang dapat menimpa anak, terutama dari kalangan orang-orang dekat atau keluarga sendiri.

"Waspada itu penting untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan," katanya.

Gumer juga meminta kepada penegak hukum untuk memberikan hukuman maksimal terhadap pelaku asusila sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

"Hukuman berat juga harus diberikan sebagai efek jera agar tidak ada yang berani melakukan kejahatan asusila terhadap anak di bawah umur," katanya.

Sementara, Anggota DPRD Gunung Mas lainnya, Nomi Aprilia menambahkan, orang tua dan guru untuk selalu memantau perkembangan anak setiap saat.

"Kalau ada perubahan atau sikap yang tidak wajar dari anak, panggil dan ajak bicara. Apa yang membuatnya berubah," katanya.

Menurutnya, anak di bawah umur yang masih duduk di bangku sekolah memang rentan menjadi korban kejahatan, karena anak tersebut rata-rata tidak memiliki kekuatan untuk melawan maupun menolak. Maka dari itu penanaman sikap untuk menjaga diri harus dilakukan sedini mungkin terhadap anak.

"Guru bersama orang tua harus duduk bersama dan berdiskusi bagaimana caranya menjaga anak, tidak hanya di rumah tapi juga di lingkungan sekitar yang patut diwaspadai," katanya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Memberikan Pelayanan Kesehatan Bagi Suku Anak Dalam

    JAMBI (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batanghari memberikan pelayanan kesehatan dan menggelar Bakti Sosial (Baksos) di pemukiman warga orang rimba atau Suku Anak Dalam (SAD) yang berm

  • 2 minggu lalu

    Anak-Anak Sudah Diserang Diabetes

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ahli endokrin anak Aman Pulungan mengungkapkan orangtua mesti mewaspadai gejala-gejala Diabetes Melitus (DM) pada anak antara lain anak sering haus, lapar, kencing, gatal, dan be

  • 3 minggu lalu

    Ayah Tak Bermoral Perkosa Anak Kandung

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Jajaran Reserse Kriminal Polsek Tanjungkarang Timur, Polresta Bandarlampung menangkap Aldi Saputra (39), warga Kecamatan Kedamaian, Bandarlampung disangka telah menyetubuhi

  • 4 minggu lalu

    Polisi Tangkap Pelaku Percobaan Pencabulan Anak

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Polsek Sungai Kakap, menangkap pelaku percobaan pencabulan terhadap anak berinisial RR (24) di kawasan Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya."Pelaku RR

  • 4 minggu lalu

    2 Anak-Anak Meninggal Setelah Disuntik di RUSD Cut Nyak Dhien

    MEULABOH (EKSPOSnews): Dua pasien anak di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien (RSUD-CND) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh meninggal diduga setelah disuntik oleh pihak medis yang bertugas dan polis

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99