Sabtu, 24 Jun 2017
  • Home
  • Pojok
  • Pendidikan Seks Usia Dini, Penting Lho!

Pendidikan Seks Usia Dini, Penting Lho!

Oleh: Alex
Sabtu, 13 Mei 2017 17:59
BAGIKAN:
istimewa
Pendidikan seks dini.
SUKABUMI (EKSPOSnews): Pendidikan seks usia dini penting diberikan kepada anak-anak sesuai umur seperti dalam memahami kondisi tubuhnya yang bertujuan untuk mengantisipasi kekerasan seksual dan seks bebas.

"Pendidikan ini harus dimulai saat anak mengenal akan identitas diri dan keluarga serta mengenal fungsi anggota tubuhnya khususnya alat reproduksi," kata Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Sabtu 13 Mei 2017.

Menurutnya, pendidikan seks ini harus disesuaikan dengan usia anak seperti mengenalkannya melalui gambar atau poster, lagu dan permainan jika anak tersebut belum tertarik kepada lawan jenis.

Dengan cara tersebut diharapkan penyampaian yang diberikan guru atau tim pengajar bisa diserap si anak minimalnya mampu membedakan bagian tubuh mana yang tidak boleh dipegang oleh orang lain.

Lanjut dia, pendidikan seks ini konteksnya bukan hubungan layaknya suami istri tetapi lebih mengenalkan alat reproduksi dan kegunaannya. Sehingga si anak bisa menolak atau melawan jika ada yang hendak melecehkannya.

Pihaknya juga prihatin dengan kondisi hubungan antarlawan jenis khususnya pelajar di daerah yang dipimpinnya seperti mereka sudah tidak malu lagi bergandengan tangan bahkan hingga berpelukan di muka umum.

"Setiap harinya saya selalu menemukan ada saja anak remaja yang statusnya masih pelajar SMP dan SMA tidak malu bergandengan tangan dan memeluk lawan jenisnya," tambahnya.

Di sisi lain, Fahmi yang juga Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kota Sukabumi mengatakan tayangan televisi khususnya sinetron sudah tidak memberikan nilai positif kepada anak yang tengah tumbuh kembang dan mencari data diri seperti lebih menonjolkan kisah asmara pelajar.

Diharapkan dengan pendidikan seks anak usia dini bisa mengantisipasi semakin bebasnya hubungan antarlawan jenis di luar nikah khususnya di kalangan.

Namun juga harus dibarengi dengan pendidikan agama yang kuat agar anak menjadi takut atau ada batasan jika melakukan hubungan (berteman) dengan lawan jenis.

"Pendidikan seks sejak usia dini, juga membantu kami untuk menekan angka penularan HIV karena sekarang mayoritas kasus baru yang ditemukan penyebaran virus mematikan tersebut melalui hubungan seks," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Ajarkan Pendidikan Seks kepada Anak Sejak Dini

    PADANG (EKSPOSnews): Psikolog dari Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Nila Anggreiny mengatakan orang tua perlu mengajarkan pendidikan seks sejak dini agar anak mengerti dan bisa t

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak