Jumat, 28 Feb 2020
  • Home
  • Pojok
  • Pelecehan Seksual Oleh Polisi. Kelemahan Pengawasan Atasan?

Pelecehan Seksual Oleh Polisi. Kelemahan Pengawasan Atasan?

Minggu, 19 Jun 2016 14:54
BAGIKAN:
JAKARTA (EKSPOSnews): Banyaknya kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh anggota polisi menunjukkan kurangnya pengawasan pimpinan terhadap perilaku bawahan.

"Ada kecenderungan penyalahgunaan wewenang kalau tidak diawasi (atasan). Pimpinan harus tetap mengontrol dan bersikap tegas," kata pengamat kepolisian, Alfons Loemau, di Jakarta, Minggu 19 Juni 2015.

Menurutnya, seorang polisi yang memiliki kewenangan tertentu berpotensi menyalahgunakan wewenang. "Karena kurang beriman sehingga tetap melakukan perbuatan berdosa," katanya.

Oleh karena itu, dalam hal ini, seorang atasan wajib mengingatkan dan memantau aktivitas bawahannya untuk mengantisipasi adanya bawahan yang melakukan tindakan yang melenceng dari aturan.

Berikut adalah beberapa kasus pelecehan seksual polisi sepanjang tahun 2016.

Pada 20 Februari, Brigadir DS dan Brigadir DP melakukan pelecehan seksual terhadap siswi SMK di Polsek Kreung Raya, Banda Aceh.

Kemudian 7 Juni, DDS (16) siswi SMK swasta Malang, Jatim, menjadi korban pelecehan seksual Brigadir EN yang merupakan anggota Polantas Polres Batu di Pos Alun-alun. Saat itu DDS dibonceng oleh teman lelakinya dan menjadi korban tilang. Namun ketika itu, DDS ditawari Brigadir EN untuk berhubungan intim sebagai ganti damai tilang.

Pada 14 Juni, anggota Polres Klungkung, Bali, Aiptu KA dilaporkan ke polisi karena diduga menjadi pelaku pencabulan dan kekerasan seksual terhadap remaja putri berinisial BW.

Selain itu kasus lainnya pada 16 Juni, anggota Polsek Tampan, Pekanbaru Riau, Brigadir Mardiyus bersama empat temannya menculik dan memperkosa seorang gadis. Aksi perkosaan ini dilakukan pelaku masih dengan menggunakan pakaian dinas. (ant)

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Polisi Cokok Pria Pembawa Sabu 2 Kilogram

    PADANG (EKSPOSnews): Polda Sumatera Barat menangkan seorang pria berinisial H (41) yang diduga membawa narkoba jenis sabu-sabu seberat dua kilogram melalui bus antar provinsi di Kabupaten 50 Kota, Sum

  • 5 bulan lalu

    Seorang Anggota Polisi di Medan Dibacok

    MEDAN (EKSPOSnews): Seorang anggota polisi di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polrestabes Medan mengalami luka serius usai dibacok oleh pelaku pencabulan saat korban hendak mengama

  • 5 bulan lalu

    Ninoy Ancam Laporkan Pengurus Masjid Al Falaah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pegiat media sosial Ninoy Karundeng mengancam akan melaporkan Ketua Pengurus Masjid Al Falaah, Iskandar, ke polisi lantaran menyebarkan informasi yang tidak benar terkait peristi

  • 6 bulan lalu

    Polisi Baku Tembak dengan Pencuri Pistol

    JAMBI (EKSPOSnews): Tim gabungan Resmob Ditreskrimum Polda Jambi dan Polres Sarolangun serta Polres Muarojambi menangkap pelaku pencurian senjat api (senpi) milik anggota Polsek Pauh, Kabupaten Sarola

  • 7 bulan lalu

    Pelaku Pencabulan Anak Melalui Medsos Ditangkap Polisi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penyidik Subdit 1 Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap seorang pria berinisial TR (25 tahun) yang menjadi pelaku kasus eksploitasi dan kekerasan seksual terha

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99