Kamis, 22 Agu 2019

Menyoroti Kasus Asusila di Sambas

Oleh: marsot
Rabu, 27 Mar 2019 12:20
BAGIKAN:
boldsky.
Asusila (ilustrasi).
PONTIANAK (EKSPOSnews): Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (Imtek), Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, menyoroti sejumlah kasus kejahatan asusila di Sambas yang terus terjadi sehingga hal itu harus menjadi perhatian semua pihak.

"Dari data dan informasi yang ada, setiap tahunnya kasus asusila di Sambas selalu ada dan sudah sangat memprihatinkan termasuk soal pergaulan bebas. Itu tentu harus menjadi perhatian," ujar Ketua Imtek, Wahyu di Pontianak, Rabu 27 Maret 2019.

Dengan persoalan yang ada, pihaknya dari mahasiswa juga ingin ambil bagian untuk bisa mencarikan solusi dan kampanye tolak tindakan asusila.

"Sebagai mahasiswa kami dituntut harus peka terhadap masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar kita sendiri termasuk soal kasus asusila di Sambas. Dalam hal itu untuk masalah yang terjadi pemuda dan mahasiswa harus tau apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut," papar dia.

Menurutnya dari diskusi - diskusi yang digelar pihaknya ada beberapa hal yang mesti dan terus dilakukan yakni memperkuat faktor internal dan eksternal.

Untuk faktor internal yaitu pada lingkungan keluarga karena pendidikan yang pertama kali adalah pada ruang lingkup lingkungan keluarga. Orang tua harus memperhatikan anaknya.

"Keluarga sangat berpengaruh atas tingkah laku seorang anak jadi keluarga harus menjaga dan mengajar kan anak anak dari awal untuk mengubah pola pikir anak," jelas dia.

Sementara untuk faktor eksternal yaitu lingkungan luar yang sangat berpengaruh terhadap tingkah laku seorang anak karena di lingkungan luar banyak sekarang hal hal negatif yang biasa akan didapat.

"Pergaulan dari luar. Jadi kita juga harus tau memilih pergaulan baik yang terjadi sekarang karena hal tersebut dapat juga menimbulkan masalah seperti meningkatnya kejahatan seksual," papar dia.

Terpenting lagi, kata dia, peran pemerintah harus hadir maksimal dengan regulasi dan kebijakan yang bisa membawa daerah Kabupaten Sambas bebas kejahatan seksual.

"Pembinaan kepada masyarakat oleh pemerintah harus terus hadir apakah dengan pendekatan keagamaan, sosial dan hukum. Langkah kongkret harus sudah gencar dilakukan termasuk melibatkan berbagai kalangan dan lintas unsur masyarakat," papar dia.

Pihaknya dari mahasiswa akan ikut gencar juga kampanye dan merangkul pemuda untuk menjauhi pergaulan bebas dan tindakan negatif lainnya.

"Mari bersama mencegah dan melakukan kampanye bebas kejahatan asusila di Bumi Serambi Mekkah. Semua harus berperan," ajaknya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Kasus Asusila di NTB

    MATARAM (EKSPOSnews): Petugas Kepolisian Resor Mataram, Nusa Tenggara Barat, menangani kasus dugaan tindak pidana asusila atau pencabulan, pelimpahan penyidik Polsek Narmada Kabupaten Lombok Barat."Ka

  • 2 tahun lalu

    Kasus Asusila Jadi Perhatian Khusus

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili akan memberi perhatian khusus seiring maraknya kasus asusila yang terjadi akhir-akhir ini di kabupaten tersebut."Kasus asusila yang marak menu

  • 2 tahun lalu

    Oooiii...Ada Guru Cabul di Sambas

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengutuk tindakan asusila seorang guru berinisial MU terhadap tiga muridnya yang masih duduk di bangku kelas 1 SD pada Senin (13/3) dan baru terung

  • 3 tahun lalu

    Kasus Asusila di Sambas

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Polres Sambas mencatat hingga kini laporan atas kasus asusila di wilayah kerjanya sudah sebanyak lima kasus. "Sejak awal tahun 2017 hingga hari ini sudah lima lapo

  • 3 tahun lalu

    Kasus Asusila di Padang Melonjak

    PADANG (EKSPOSnews): Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Sumatera Barat, mencatat sebanyak 1.191 kasus tindak asusila atau penyakit masyarakat yang ditemukan di daerah itu mulai Jan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99