Selasa, 26 Mei 2020

Incest Bukti Degradasi Moral

Oleh: marsot
Selasa, 26 Feb 2019 19:32
BAGIKAN:
istimewa.
Hubungan terlarang.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Provinsi Riau Luzi Diamanda mengatakan kasus memilukan hubungan sedarah (incest) di Kabupaten Pringsewu, Lampung, membuktikan bahwa degradasi moral sudah merambah pedesaan.

"Degradasi moral itu kini tidak hanya terjadi di perkotaan juga di pedesaan yang selama ini dikenal sebagai wilayah aman, ramah dan tenteram dan pengaruh buruk tekhnologi menyebabkan pelaku berperilaku seperti hewan," kata Luzi Diamanda di Pekanbaru, Selasa 26 Februari 2019.

Pendapat demikian disampaikannya terkait kasus memilukan hubungan sedarah di Kabupaten Pringsewu, Lampung, yakni perempuan berusia 18 tahun (dalam kondisi keterbelakangan mental) yang jadi korban incest karena diperkosa oleh ayahnya M (45) dan kakaknya SA (24) yang mempraktekkan adegan pornografi dari HP, serta adiknya YF (15).

Menurut Luzi, kasus incest di Lampung memperlihatkan dominasi kekuasaan memakan yang lemah, tak berdaya. kekuasaan ayah (orang tua), kekuasaan kesehatan (tanpa cacat) menjadi rentan menzalimi yang lemah (korban) yang dalam kondisi tak sehat.

Padahal, katanya, ayah, kakak laki-laki dan adik lakinya seharusnya menjadi pelindung namun mirisnya telah berubah menjadi predator sadis.

"Ini terjadi karena nilai-nilai moral sudah tak ada lagi dan nilai-nilai agama dikesampingkan, diperparah oleh situasi lingkungan yang tidak mau tahu, bisa oleh faktor ekonomi, dimana masyarakat sibuk mencari nafkah untuk keluarga masing-masing dan idak peduli dengan sekelilingnya," katanya.

Kasus ini muncul, katanya, bisa juga karena faktor kekerabatan mulai tidak ada arti, karena itu perlu kembali dihidupkan nilai-nilai agamais, nilai-nilai sosial dan budi pekerti, di sekolah-sekolah dan pada wirid pengajian.

Selain itu, katanya, peran RT atau Kepala Desa perlu menggelar pelatihan berkesinambungan berupa pengajian atau kegiatan bersama seperti gotong royong.

"Pada kegiatan pelatihan atau pengajian tersebut bisa dimasukan nilai-nilai sosial tadi, bahwa antara satu masyarakat dan masyarakat lainnya saling peduli," katanya.

Berikutnya pendidikan di sekolah, katanya, jangan hanya mengejar rangking I sampai III, akan tetapi jadikan anak didik sebagai manusia yang manusiawi, serta berperilaku manusia. Budi pekerti sangat patut diajarkan dan tentunya pelajaran agama bukan tentang sorga dan neraka, namun bagaimana mendidik jiwa dan hati manusia, agar takut pada Tuhan, pada azab dan pada hukuman yang nyata.

Ia memandang bahwa perlu lebih ditingkatkan kepedulian saudara terhadap saudara yang lain, kepedulian kekuasaan (RT/Kades) kepada rakyat yang diayominya, jika kepedulian tetap tergerus diyakini kasus serupa akan tetap ditemui, munkin di lain tempat atau lain waktu.

"Untuk menghindari kasus ini tidak terulang lagi, maka dibutuhkan kerjasama antara pemerintah, kelompok masyarakat untuk bahu membahu menjaga dan memperkuat moralitas yang harus menjadi ukuran dalam setiap sesi kehidupan," katanya.

Sebelumnya Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas mengatakan, korban incest berusia 18 tahun oleh ayah kandungnya M (45) dan kakaknya SA (24), serta adiknya YF (15) trauma, tatapan korban kosong kendati kondisi fisiknya bagus, psikisnya terganggu dan mengalami trauma.

AKP Edi menjelaskan, korban saat itu tinggal bersama ibu dan neneknya, saat ibunya meninggal karena sakit, M membawa korban, putrinya itu tinggal di rumahnya di Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Setelah putrinya itu tinggal dua bulan lebih, M melancarkan perbuatan bejatnya memperkosa. Perbuatan bejat itu kemudian diikuti kedua putranya SA (24) dan YF (15).


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Praktik Kawin Kontrak, Degradasi Moral!

    BOGOR (EKSPOSnews): Praktik kawin kontrak yang tengah viral menimbulkan kekhawatiran dari kalangan masyarakat terutama para ibu, kemunculan fenomena ini sebagai degradasi moral yang tengah terjadi, se

  • tahun lalu

    Incest Perbuatan Tak Bermoral

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Pemerhati masalah sosial dari Riau M.Zen  mengatakan keluarga yang memiliki anak perempuan dengan kondisi keterbelakangan harus diberikan pemahaman tentang hukum-hukum aga

  • 2 tahun lalu

    Ketika Kasus Incest Meningkat di Indonesia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Anti Kekerasan Terhadap Perempuan menyoroti kasus incest yang menimpa anak perempuan Indonesia.Komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin saat memberikan "Catatan Tahun

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99