Selasa, 14 Agu 2018
  • Home
  • Pilkada
  • Sidang Gugatan JR Saragih-Ance Selian Dimulai

Sidang Gugatan JR Saragih-Ance Selian Dimulai

Oleh: Jallus
Selasa, 20 Feb 2018 21:56
BAGIKAN:
istimewa.
JR Saragih-Ance Selian.
MEDAN (EKSPOSnews): Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Utara menyidangkan gugatan atau permohonan sengketa yang diajukan pasangan bakal calon gubernur JR Saragih-Ance Selian terhadap Komisi Pemilihan Umum.

Dalam sidang di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan Adam Malik Medan, pasangan JR Saragih-Ance Selian tidak hadir dan diwakili kuasa hukumnya.

Sedangkan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut hadir dalam sidang sengketa pilkada tersebut dipimpin Ketua KPU Sumut Mulia Banurea.

Ikhwanuddin Simatupang, kuasa hukum pasangan bakal cagub JR Saragih-Ance Selian mengatakan, permohonan sengketa pilkada itu terkait keputusan KPU yang menyatakan yang tidak meloloskan pasangan bakal cagub tersebut.

Pihaknya menilai ada ketidaksesuaian dalam keputusan KPU Sumut tersebut yakni sumber verifikasi untuk mengetahui kebenaran legalisasi ijazah JR Saragih yang didukung Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu.

Dalam berkas yang diserahkan ke KPU Sumut untuk memenuhi syarat calon, JR Saragih menyerahkan fotocopy ijazah yang telah dilegalisir Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta.

Namun yang diminta keterangan dalam verifikasi yang dilakukan KPU Sumut adalah Sekretaris Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta.

"Antara legalisir dengan yang menganulir itu jauh sekali. Kepala dinas yang melegalisir yang membantah Sekretaris Dinas," katanya, Selasa 20 Februari 2018.

Pihaknya menilai, dengan ijazah yang telah dilegalisir oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta tersebut, JR Saragih telah sah  dan berhak untuk maju dalam pemilihan gubernur Sumut.

Ketua Bawaslu Sumut Syafrida Rasahan mengatakan, sidang sengketa pilkada tersebut akan melanjutkan persidangan pasa Jumat (23/2) dengan agenda mendengarkan jawaban dari pihak KPU Sumut.

"Musyawarahnya berjalan lancar, semua pihak hadir dan mengikuti proses musyawarah sengketa ini dengan baik. Nanti tanggal 23 Februari akan dilanjutkan," katanya.

Usai persidangan, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengatakan, pihaknya akan menyampaikan jawaban dari sidang pertama pada waktu yang telah ditentukan.

"Langkah kami akan mempersiapkan jawaban. Ini bagian tugas kami untuk menjelaskan," katanya.

Sidang sengketa pilkada tersebut mendapatkan pengawalan yang cukup ketat dari personel kepolisian.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Pertarungan Menuju RI 1 Sudah Dimulai

    Bukan Presiden Joko Widodo namanya jika tak membuat kejutan saat mengumumkan kebijakan, termasuk dalam perombakan kabinet kali ini.Meski sebelumnya memang isu perombakan kabinet telah santer terdengar

  • 10 bulan lalu

    Registrasi Kartu Selular Dimulai

    JAKARTA (EKSPOSnews): Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Noor Iza mengatakan registrasi kartu seluler dengan validasi nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK) s

  • 12 bulan lalu

    Revitalisasi Pabrik Gula Rendeng Dimulai

    KUDUS (EKSPOSnews): Program revitalisasi Pabrik Gula Rendeng, Kudus, Jawa Tengah, dengan dukungan anggaran Rp225 miliar dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama pekerjaan engineering procurement

  • 12 bulan lalu

    Pembangunan PLTM Lae Ordi Sudah Dimulai

    MEDAN (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi melakukan "ground breaking" pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro Lae Ordi 1 di Pergetteng-getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat

  • tahun lalu

    Presiden Kaget Pembangunan Pelabuhan Sibolga Belum Dimulai

    PANDAN (EKSPOSnews): Kerusakan infrastruktur jalan di kawasan Tapanuli, Sumatera Utara, menjadi catatan Presiden Joko Widodo untuk mendapat perhatian serius oleh pemerintah."Presiden Jokowi mencatat a

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99