Senin, 20 Nov 2017
  • Home
  • Pilkada
  • Raidin Pinim-Bukhari Unggul pada Pilkada Aceh Tenggara

Raidin Pinim-Bukhari Unggul pada Pilkada Aceh Tenggara

Oleh: Jallus
Sabtu, 25 Feb 2017 03:35
BAGIKAN:
istimewa
Pilkada langsung.
KUTACANE (EKSPOSnews): Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara menyatakan pasangan Raidin Pinim-Bukhari unggul dalam pilkada serentak 2017 untuk wilayah kabupaten itu berdasarkan pleno rekapitulasi hasil dan rincian penghitungan suara.

"Perolehan suara pasangan Raidin-Bukhari nomor urut satu tercatat 62.773 suara, sedangkan Ali Basrah-Denny nomor urut dua 55.549 suara," kata Komisioner KIP Aceh Tenggara, Fitriana di Kutacane, Jumat 24 Februari 2017.

Dia mengatakan, penetapan pasangan nomor urut satu yang didukung satu partai politik, yakni Hanura lebih unggul setelah dilakukan penghitungan kotak suara dari 16 kecamatan di Aceh Tenggara.

Pasangan calon bupati/wakil bupati Aceh Tenggara Raidin-Bukhari menang telak dalam perolehan suara di sembilan kecamatan seperti Babul Makmur, Bambel, Bukit Tusam, Ketambe, Lawe Alas, Lawe Sigala-Gala, Leuser, Semadam dan Tanoh Alas.

Mereka berdua ini kalah tipis seperti Kecamatan Darul Hasanah dengan perolehan 4.025 suara berbanding 4.072 suara untuk rivalnya yang merupakan pasangan petahana Ali Basrah-Denny Febrian Roza, dan pasangan nomor dua ini unggul di enam kecamatan.

"Total jumlah suara sah dalam pemilihan calon bupati/wakil bupati Aceh Tenggara periode 2017-2022 pada 16 kecamatan adalah 118.322 suara," ucapnya.

Fitriana mengaku, kegiatan pleno rekapitulasi hasil dan rincian penghitungan suara dari setiap kecamatan di Aceh Tenggara ini berlangsung secara terbuka, dan disaksikan kedua tim sukses calon bupati/wakil bupati termasuk partai politik pengusung.

Para tim sukses dari dua pasangan calon bupati/wakil bupati, yakni Raidin-Bukhari dan Ali Basrah-Denny Febrian Roza berlangsung kondusif dan tidak terjadi perdebatan dalam perolehan suara serta penolakan berita acara.

"Baru selesai, malam tadi (Kamis, 23/2). Masing-masing saksi dari pasangan calon, menandatangani berita acara rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kabupaten," tuturnya.

Kapolres Aceh Tenggara, AKBP Edi Bastari sebelumnya mengatakan, pihaknya menempatkan 15 personel Brimob dengan persenjataan lengkap untuk mengamankan rapat pleno rekapitulasi yang digelar KIP setempat.

"Sebanyak 15 personel Brimob dari Gayo Lues, kita tempatkan khusus untuk pengamanan di KIP," katanya.

Terlihat selama dua hari berturut-turut puluhan personel Polri dan TNI setempat, mengamankan jalannya rapat pleno rekapitulasi, penetapan dan pengumuman penghitungan suara berlangsung di Gedung Olahraga Kutacane.

Sebanyak 143.973 orang berdasarkan daftar pemilih tetap telah mencoblos di 428 tempat pemungutan suara yang tersebar di 385 desa, dan 16 kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara.

Pelaksanaan pilkada di Aceh digelar serentak yakni pemilihan gubernur-wakil gubernur, dan pemilihan 20 bupati-wali kota beserta wakil dari total 23 kabupaten dan kota dengan pemungutan dilakukan pada Rabu (15/2).

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99