Sabtu, 30 Mei 2020
  • Home
  • Pilkada
  • Pasangan Risma-Uno Bisa Pesaing Berat Ahok

Pasangan Risma-Uno Bisa Pesaing Berat Ahok

Jumat, 22 Jul 2016 11:16
BAGIKAN:
ist
Ahok, Gubernur DKI Jakarta.
JAKARTA (EKSPOSnews): Direktur Eksekutif lembaga penelitian Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago memandang duet Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno jika terjadi dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 akan menjadi pesaing terberat calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Tren semakin menguatnya elektabilitas dan popularitas simulasi pasangan Risma-Sandiaga Uno jelas akan semakin menambah rasa percaya diri pasangan tersebut untuk bersatu. Ini menjadi tantangan sekaligus ancaman yang serius bagi Ahok," kata Pangi di Jakarta, Jumat 22 Juli 2016.

Pangi menuturkan duet Risma-Uno akan sulit disaingi popularitas dan elektabilitasnya oleh kontestan lain. Menurut dia, Ahok bisa tersaingi apabila salah mengambil wakil dan maju melalui jalur independen.

"Ahok harus punya presisi dan akurasi yang tepat, kalkulasi politik harus matang. Kesalahan langkah menunjuk wakil yang akan mendampinginya akan berakibat fatal. Ahok bisa selesai," kata dia.

Menurut Pangi, baik Risma dan Uno memiliki jaringan yang cukup kuat dan mengakar di level akar rumput. Untuk mengantisipasi duet keduanya, Ahok dinilai harus memastikan dapat berpasangan dengan calon wakil gubernur yang elektabilitas dan popularitasnya tinggi sebagai tambahan suntikan elektoral.

"Intinya baik Ahok maupun Risma memiliki kans potensial menjadi Gubernur DKI. Ini sangat bergantung pada kemahiran dan kelihaian masing-masing calon gubernur meminang wakilnya sebagai suntikan elektoral voter. Wakil merupakan salah satu determinan yang menentukan terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta," terang dia.

Sejauh ini Risma sendiri belum menyatakan diri akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Sementara Uno yang telah menyatakan kesiapannya, sudah melakukan kegiatan sosialisasi ke sejumlah kecamatan di Jakarta.(ant)

  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Ahok Segera Dieksekusi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan segera mengeksekusi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari Rutan Mako Brimob, Depok ke rutan yang ditentukan pascapencabutan permohonan banding oleh jaksa penuntut umum.

  • 3 tahun lalu

    Soal Pencabutan Banding Ahok. Kejaksaan Belum Ambil Sikap

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan belum bersikap atas pencabutan berkas banding Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pascavonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara yang memvonis 2 tahun penja

  • 3 tahun lalu

    Jaksa Banding Kasus Ahok dengan Alasan Profesionalisme

    JAKARTA (EKSPOSnews): Jaksa Agung M Prasetyo menegaskan alasan pihaknya mengajukan banding atas vonis Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terkait penodaan agama menyangkut kebenaran hakiki dan profesiona

  • 3 tahun lalu

    Aksi 1000 Lilin untuk Ahok Berlanjut di Biak

    BIAK (EKSPOSnews): Ribuan warga Kabupaten Biak Numfor, Papua melakukan aksi lanjutan penyalaan seribu lilin menuntut pembebasan Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam k

  • 3 tahun lalu

    Hakim Gunakan Pasal Lain Vonis Ahok

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ali Mukartono, Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan bahwa Majelis Hakim boleh saja menggunakan Pasal 156a KUHP untuk menjatuhkan vonis terhadap Basuki Tjahaja Purnama (

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99