Minggu, 23 Sep 2018
  • Home
  • Pilkada
  • Kerja KPU Sumut pada Pilkada Serentak Amburadul

Kerja KPU Sumut pada Pilkada Serentak Amburadul

Oleh: alex
Selasa, 03 Jul 2018 20:21
BAGIKAN:
istimewa.
Komisi Pemilihan Umum (KPU).
MEDAN (EKSPOSnews): Puluhan orang dari massa Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Peduli Demokrasi (Amara Pedas) melakukan aksi di kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara terkait banyaknya warga yang tidak mendapat formulir C6 dan A5 saat pilgub lalu.

"Kami mempertanyakan kinerja KPU kenapa banyak warga yang tidak mendapat C6 maupun A5," kata Koordinator Aksi Karter Sitanggang dalam orasinya, di depan kantor KPU Sumut, Selasa 3 Juli 2018.

Dalam orasinya itu, ia juga menyampaikan keluhan warga terkait susahnya mengurus C6 dan A5 dari mulai TPS, kelurahan sampai KPU kabupaten/ kota, namun apa yang diinginkan tidak juga didapatkan.

"Warga sulit dapat C6 yang diurus. Yang mirisnya, orang yang sudah meninggal justru masih ada yang dapat. Ini kan aneh, kok ada yang sudah meninggal tapi masih dapat C6," katanya.

Sementara Ketua KPU Sumut Mulia Banurea yang menerima para pengunjuk rasa mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas apa yang disampaikan pengunjuk rasa terkait adanya warga yang tidak mendapat C6.

Ia mengatakan KPU Pusat telah membuat regulasi terkait C6 maupun A5 tersebut dan pihaknya hanya menjalankan agar regulasi tersebut dapat diterapkan dengan baik.

Pihaknya juga sebelum Pilkada sudah memerintahkan KPU kabupaten/ kota melalui KPPS agar mendistribusikan semua formulir C6 kepada masyarakat yang sudah terdaftar di daftar pemilih tetap.

Namun bagi warga yang tidak mendapat C6 tetap dapat mencoblos asalkan dapat membawa KTP Elektronik atau suket saat mencoblos di TPS.

"KPPS wajib hukumnya melayani masyarakat pemilih kalau memang sudah terdaftar sebagai pemilih tetap. Apavyang disampaikan massa aksi akan menjadi masukan kepada kami untuk disampaikan ke KPU pusat agar pilkada kedepannya dapat berjalan lebih baik lagi," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Pergeseran Suara di Pilkada Serentak

    JAKARTA (EKSPOSnews): Hasil survei opini publik yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melalui exit poll pada hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah di enam provinsi menunj

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99