Rabu, 17 Okt 2018

JR Saragih Ajukan Gugatan ke PTTUN

Oleh: marsot
Kamis, 08 Mar 2018 21:20
BAGIKAN:
istimewa.
JR Saragih-Ance Selian.
MEDAN (EKSPOSnews): Bakal calon gubernur Sumatera Utara JR Saragih mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan atas putusan Komisi Pemilihan Umum yang tidak meloloskannya sebagai cagub.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Iskandar Zulkarnain di Medan,  mengatakan, surat panggilan dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN)bMesb itu telah diterima KPU.

Dalam surat dengan nomor 5/G/PILKADA/2018/PT.TUN.MDN itu, KPU Sumut diundang untuk memberikan keterangan pada Jumat (9/2).

Dalam menghadiri persidangan tersebut, PTTUN Medan meminta KPU Sumut untuk membawa objek sengketa berupa surat keputusan nomor 07/PL.03-3-Kpt/12/PROV/ISI/2018 tentang Penetapan Calon Peserta Pemulihan Gubernur Sumut.

"Karena ada undangan dari PTTUN, KPU akan datang. Kami melayani saja sebagai penyelenggara," katanya, Kamis 8 Maret 2018.

Sebelum menerima surat dari PTTUN Medan tersebut, KPU Sumut telah menyurati bakal cagub JR Saragih untuk mempertanyakan kesiapannya melegalisir ijazah sesuai keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Baik email maupun tertulis, belum ada jawaban, malah dapat undangan gugatan PTTUN," ujar Iskandar.

Secara institusi, kata dia, KPU Sumut akan mendatangi persidangan tersebut untuk menjawab berbagai pertanyaan yang akan diajukan PTTUN Medan.

Hal itu disebabkan KPU Sumut telah bekerja secara profesional dengan menjalankan tahapan sesuai regulasi dalam membuat keputusan.

Meski demikian, pihaknya belum menetapkan penggunaan kuasa hukum dalam persidangan di PTTUN itu. "Nanti akan kami plenokan dulu," kata Iskandar.

Sebelumnya, KPU menetapkan bakal cagub Sumut JR Saragih yang berpasangan dengan Ance tidak memenuhi syarat untuk mengikuti pemilihan gubernur.

Atas keputusan itu, pasangan JR Saragih-Ance mengajukan permohonan sengketa pilkada ke Bawaslu yang memutuskan agar pasangan bakal cagub itu melakukan legalisir ulang ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Namun, sebelum putusan itu dijalankan, JR Saragih justru mengajukan gugatan ke PTTUN Medan.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Kejati Sumut Tunggu Berkas JR Saragih

    MEDAN (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara masih menunggu pelimpahan berkas perkara tersangka bakal calon gubernur Sumut JR Saragih, dalam dugaan pemalsuan tanda tangan Kepala Dinas Pendidika

  • 7 bulan lalu

    Pasangan JR Saragih-Ance Tetap Tidak Memenuhi Syarat

    MEDAN (EKSPOSnews): Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara kembali menetapkan pasangan JR Saragih-Ance tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Pilkada Sumut 2018."Tidak berubah, tetap mengacu pad

  • 8 bulan lalu

    Sidang Gugatan JR Saragih-Ance Selian Dimulai

    MEDAN (EKSPOSnews): Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Utara menyidangkan gugatan atau permohonan sengketa yang diajukan pasangan bakal calon gubernur JR Saragih-Ance Selian terhadap Komisi Pemil

  • 8 bulan lalu

    JR Saragih-Ance Tersingkir dari Pilgub Sumut

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018 hanya diikuti dua pasangan calon yakni pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.Keputusan itu d

  • 9 bulan lalu

    Dukungan PKPI kepada JR Saragih-Ance Selian Tak Bisa Ditarik Lagi

    MEDAN (EKSPOSnews): Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia mengganti kepengurusan tingkat Provinsi Sumatera Utara pascapencalonan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur.Anggota Komisi Pemilihan Umum (K

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99