Rabu, 27 Mei 2020
  • Home
  • Pilkada
  • Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah Jadi Gubernur Aceh

Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah Jadi Gubernur Aceh

Oleh: Alex
Sabtu, 25 Feb 2017 22:11
BAGIKAN:
istimewa
Pilkada langsung
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah terplih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, setelah pada Pilkada 15 Februari lalu meraih suara terbanyak.

Perolehan suara terbanyak pasangan calon yang diusung sejumlah partai politik ini ditetapkan dalam rapat pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di ruang sidang utama DPR Aceh di Banda Aceh, Sabtu 25 Februari 2017.

Rapat pleno dipimpin Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi dan dihadiri wakil ketua dan lima komisioner lembaga penyelenggara pemilu tersebut. Rapat juga dihadiri ketua dan anggota KIP kabupaten/kota di Aceh serta Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Aceh.

Berdasarkan hasil rekapitulasi dari 23 kabupaten/kota, pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah memperoleh 898.710 suara dari 2,4 juta lebih suara sah pemilihan Gubernur Aceh.

Sedangkan pasangan Muzakir Manaf dan TA Khalid hanya meraih 766.427 suara, pasangan Tarmizi A Karim dan T Machsalmina Ali meraih 406.865 suara.

Serta pasangan Zaini Abdullah dan Nasaruddin hanya memperoleh 167.910 suara, pasangan Zakaria Saman dan T Alaidinsyah mendapat 132.981 suara serta pasangan Abdullah Puteh dan Said Mustafa mendapat 41.908 suara.

Dengan raihan suara terbanyak tersebut, pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dipastikan terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi mengatakan, pihaknya akan menetapkan pasangan calon terpilih pada Maret mendatang dalam rapat pleno terbuka. Penetapan pasangan calon dilakukan setelah masa sengketa selesai.

"Masa sengketa pilkada diberikan beberapa hari setelah penetapan pasangan calon. Kami berharap tidak ada sengketa yang diajukan," kata Ridwan Hadi menyebutkan.

Ridwan Hadi menyebutkan pilkada Aceh berlangsung damai dan demokratis. Masyarakat telah memberikan hak pilihnya kepada pasangan calon sesuai hati nurani.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif mendukung dan menyukseskan pilkada Aceh sehingga terlaksana dengan damai, lancar, dan demokratis," kata Ridwan Hadi.

Irwandi Yusuf merupakan Gubernur Aceh 2007-2012. Sedangkan Nova Iriansyah merupakan anggota DPR RI periode 2009-2014. Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh (PNA) dan sejumlah partai lainnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Mantan Wakil Gubernur Aceh Diduga Kecipratan Uang Korupsi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Wakil Gubernur Aceh periode 2007 hingga 2012 Muhammad Nazar disebut mendapat Rp700 juta dari proyek pembangunan Dermaga Sabang Aceh yang dibiayai APBN."Ada untuk Wakil Gubernur R

  • 2 tahun lalu

    Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Didakwa Terima Uang Suap Rp42,221 miliar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Gubernur Aceh Irwandi Yusuf didakwa menerima suap sebesar Rp1,05 miliar terkait proyek-proyek yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018 di kabupaten Bener Me

  • 2 tahun lalu

    Penyuap Gubernur Aceh Segera Diadili

    JAKARTA (EKSPOSnews): Bupati Bener Meriah non-aktif Ahmadi sebagai tersangka penyuap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf akan segera disidang dalam perkara dugaan penerimaan suap terkait pengalokasian dan pen

  • 2 tahun lalu

    Tekanan Massa Agar Bebaskan Gubernur Aceh dari Tahanan KPK

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Massa dari Koalisi Masyarakat Aceh Bersatu (KMAB) sebelumnya berunjuk rasa menuntut Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dibebaskan, bertahan di kantor gubernur Aceh.Massa KMA

  • 2 tahun lalu

    Membongkar Korupsi Dana Otsus Aceh

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami komunikasi-komunikasi yang terjadi terkait dengan kasus suap pengalokasian dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) pada tahun

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99