Jumat, 24 Mei 2019

Bawaslu Berhentikan Ketua Panwaslu Garut

Oleh: alex
Selasa, 27 Feb 2018 00:24
BAGIKAN:
istimewa.
Pilkada.
BANDUNG (EKSPOSnews): Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Barat memberhentikan Ketua Panwaslu Kabupaten Garut, Hari Hasan Basri, seiring keterkaitannya menerima uang suap dari Didin Wahyudin untuk meloloskan salah satu pasangan calon.

"Panwas sudah kita berhentikan dan hari ini kita antar ke dewan etik sementara hukumnya berjalan di kepolisian," ujar Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto di Bandung, Senin 26 Februari 2018.

Harminus mengatakan, sebagai pengganti Hari, Bawaslu menunjuk Asep Burhanudin yang masih merupakan anggota Panwaslu Kabupaten Garut.

Ia mengaku terpukul dengan adanya kasus suap yang melibatkan anggotanya tersebut. Meski begitu, dia menjamin penyelenggaraan Pemilihan Bupati Garut tetap berjalan.

"Seluruh tahapan proses ini tak terpengaruh adanya oknum Panwas kita yang berhasil dirayu dan disuap," kata dia.

Sementara terkait Hari, Harminus akan langsung mendatangi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk menyerahkan surat pemberhentian ketua Panwaslu Garut.

"Karena ini sudah 'declare' (deklarasikan) kita terkait 'money politics' baik penyelenggara maupun peserta pemilu, maka saya hari ini juga akan mengantarkan pemberhentian ke DKPP," kata dia.

Ia pun menginstruksikan jajarannya untuk kooperatif membantu Polda Jabar guna pendalaman kasus dan mengungkap dugaan adanya keterlibatan pihak lain maupun pengawasan politik uang di Pilkada serentak di Jawa Barat.

"Sekali lagi Bawaslu kooperatif terkait pengembangan kasus ini, Panwas maupun lainnya yang terlibat harus diusut tuntas," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 10 jam lalu

    Terjebak 15 Jam di Tumpukan Barang Bekas Hindari Kericuhan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Seorang warga berinisial S (33) asal Bima, Nusa Tenggara Barat terjebak selama 15 jam di atas tumpukan barang bekas di sekitar gedung Sarinah Jakarta Pusat saat menghindari keric

  • 2 hari lalu

    Polisi Bubarkan Massa

    JAKARTA (EKSPOSnews): Polisi membubarkan massa yang berkumpul di ruas Jalan Wahid Hasyim meski pengunjuk rasa melakukan perlawanan pada Rabu dini hari.Polisi awalnya mengimbau massa yang berada di sim

  • 2 hari lalu

    Irjen Pol Gatot Eddy Pramono Berdiri di Garis Depan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Polisi melakukan penyisiran di ruas Jalan Wahid Hasyim arah Tanah Abang sebagai upaya untuk membubarkan massa  yang bersikeras bertahan di area sekitar Gedung Bawaslu, Jakar

  • 2 minggu lalu

    Ketua Bawaslu Sumut temui Pendemo

    MEDAN (EKSPOSnews): Aspirasi ribuan pendukung Capres-Cawapres Prabowo-Sandi di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasaha dengan

  • 6 bulan lalu

    Nafa Urbach Penuhi Panggilan Bawaslu

    MAGELANG (EKSPOSnews): Calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem Nafa Urbach memenuhi panggilan Bawaslu Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, untuk diklarifikasi dugaan pelanggaran larangan kampanye.Nafa yan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99