Senin, 18 Jun 2018

Bawaslu Berhentikan Ketua Panwaslu Garut

Oleh: alex
Selasa, 27 Feb 2018 00:24
BAGIKAN:
istimewa.
Pilkada.
BANDUNG (EKSPOSnews): Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Barat memberhentikan Ketua Panwaslu Kabupaten Garut, Hari Hasan Basri, seiring keterkaitannya menerima uang suap dari Didin Wahyudin untuk meloloskan salah satu pasangan calon.

"Panwas sudah kita berhentikan dan hari ini kita antar ke dewan etik sementara hukumnya berjalan di kepolisian," ujar Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto di Bandung, Senin 26 Februari 2018.

Harminus mengatakan, sebagai pengganti Hari, Bawaslu menunjuk Asep Burhanudin yang masih merupakan anggota Panwaslu Kabupaten Garut.

Ia mengaku terpukul dengan adanya kasus suap yang melibatkan anggotanya tersebut. Meski begitu, dia menjamin penyelenggaraan Pemilihan Bupati Garut tetap berjalan.

"Seluruh tahapan proses ini tak terpengaruh adanya oknum Panwas kita yang berhasil dirayu dan disuap," kata dia.

Sementara terkait Hari, Harminus akan langsung mendatangi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk menyerahkan surat pemberhentian ketua Panwaslu Garut.

"Karena ini sudah 'declare' (deklarasikan) kita terkait 'money politics' baik penyelenggara maupun peserta pemilu, maka saya hari ini juga akan mengantarkan pemberhentian ke DKPP," kata dia.

Ia pun menginstruksikan jajarannya untuk kooperatif membantu Polda Jabar guna pendalaman kasus dan mengungkap dugaan adanya keterlibatan pihak lain maupun pengawasan politik uang di Pilkada serentak di Jawa Barat.

"Sekali lagi Bawaslu kooperatif terkait pengembangan kasus ini, Panwas maupun lainnya yang terlibat harus diusut tuntas," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Bawaslu Panggil Warga Tolak Kampanye Djarot

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta akan memanggil warga yang menolak calon wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat kampanye di Kembangan Jakarta

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99