Sabtu, 30 Mei 2020

Ahok Tak Akan Ditinggal Parpol

Jumat, 12 Agu 2016 10:45
BAGIKAN:
ist
Ahok maju pada Pilkada Pemprov DKI lewat jalur Parpol.

JAKARTA (EKSPOSnews): Pakar politik dari lembaga kajian Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak akan ditinggalkan oleh tiga partai yang mengusungnya dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Saya kira sulit tiga partai tersebut menarik diri. Ketiga partai tersebut sudah dikunci oleh Presiden Jokowi. Ketua Umum Nasdem, Hanura dan Golkar tidak akan berani macam-macam, karena jika satu partai saja menarik diri, Ahok akan selesai," kata Pangi di Jakarta, Jumat 12 Agustus 2016.

Pangi menekankan Ahok memiliki kedekatan khusus dengan Presiden Jokowi karena keduanya pernah menjadi pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Atas dasar itu, kata Pangi, tiga partai akan sulit menarik diri dari komitmennya mengusung Ahok.

"Presiden Jokowi adalah juru kunci. Beliau merupakan elite penentu jadi atau tidaknya Ahok sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, sehingga tiga partai tersebut sulit menarik diri, berbeda halnya kalau Presiden Jokowi tidak lagi berpihak ke Ahok, saya kira Ahok selesai," ujar dia.

Pangi menekankan Presiden Jokowi adalah orang yang mampu menggaransi dukungan tiga partai politik untuk Ahok. Presiden dinilai bisa melobi tiga partai tersebut karena ketua umum tiga parpol tersebut mitra koalisi pemerintah, dan sangat dekat dengan Presiden Jokowi.

Sedangkan terkait kemungkinan partai presiden yakni PDI Perjuangan mengusung calon lain ditengah keberpihakan Jokowi terhadap Ahok, menurut Pangi, hal itu mungkin saja terjadi.

"Kalau Ketua Umum PDIP ibu Megawati ingin mengurangi pengaruh Presiden Jokowi pada kontestasi pilkada tersebut, maka kemungkinan PDIP akan mengusung calon sendiri dan menyiapkan sang penantang dan lawan tanding yang sebanding dengan Ahok," jelas dia.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan maju sebagai calon dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Ahok yang sebelumnya memilih jalur perseorangan kini memutuskan maju dengan diusung tiga partai politik yakni Nasdem, Hanura serta Golkar.(ant)


  Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    9 Parpol, Termasuk PSI Tak Laporkan Nama Penyumbang Secara Lengkap

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Pengawas Pemilu RI menemukan sembilan partai politik peserta Pemilu 2019, tidak melaporkan identitas penyumbang dana kampanyenya secara lengkap.Temuan ini diperoleh Bawaslu

  • tahun lalu

    Citra Parpol Semakin Ambruk karena Korupsi

    JEMBER (EKSPOSnews): Pengamat hukum Universitas Jember (Unej) Bayu Dwi Anggono mengatakan kasus yang menjerat Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy semakin memperburuk citra parta

  • 2 tahun lalu

    Persaingan Antarparpol Bakal Seru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Pakar Politik Universitas Riau, Hasanuddin mengatakan berdasarkan konstruksi perundang-undangan mengenai Pemilu terutama berkaitan dengan perhitungan suara dan perolehan kursi

  • 2 tahun lalu

    Anggota DPD Tak Boleh dari Partai Politik

    JAKARTA (EKSPOSnews): Mahkamah Konstitusi (MK) melalui putusannya menegaskan bahwa anggota DPD sejak Pemilu 2019 dan pemilu-pemilu setelahnya tidak boleh diisi oleh pengurus partai politik."Untuk sela

  • 2 tahun lalu

    Isran Noor-Hadi Mulyadi Menangkan Pilkada Kaltim

    SAMARINDA (EKSPOSnews): Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor-Hadi Mulyadi memenangi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kaltim 2018 berdasarkan penghitungan resmi Komisi Pemil

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99