Selasa, 28 Jan 2020

Unimed Wisuda Ribuan Sarjana, Pengangguran Bertambah

Rabu, 19 Okt 2016 19:28
BAGIKAN:
ist
Sarjana (ilustrasi).

MEDAN (EKSPOSnews): Universitas Negeri Medan tidak hanya menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, tetapi juga tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter, serta memiliki kecerdasan intelektual.

"Masyarakat juga menaruh harapan cukup besar kepada Unimed untuk mendidik tenaga guru yang cerdas maupun kinestetik," kata Rektor Unimed Syawal Gultom, saat mewisuda 2.814 sarjana di lingkungan perguruan tinggi negeri itu, Rabu 19 Oktober 2016.

Tingginya minat masyarakat terhadap profesi guru, menurut dia, diindikasikan oleh semakin banyaknya calon mahasiswa baru yang mendaftar di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) termasuk Unimed.

"Namun, patut dicatat bahwa regulasi terkait pengadaan tenaga guru terus mengalami perbaikan," ujar Syawal.

Rektor mengatakan, berdasarkan regulasi yang ada, karena guru adalah suatu profesi, maka untuk menjadi guru lulusan program studi kependidikan harus melalui pendidikan profesi guru atau Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

PPG yang sedang berlangsung saat ini di Unimed seperti Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T), masih merupakan PPG rintisan.

"Pada saatnya nanti pemerintah membuka kran PPG reguler, maka para wisudawan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut," ucapnya.

Syawal menjelaskan, PPG rintisan di Unimed adalah SM3T angkatan IV sedang melaksanakan PPG memasuki tahapan PPL.SM3T angkatan V baru saja mengakhiri masa pengabdian di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T), saat ini mereka sedang menunggu tahapan PPG.

Sementara, SM3T angkatan VI barun saja diberangkatkan di daerah 3T setelah menjalani menjalani prakondisi selama 17 hari.

"Bentuk PPG rintisan seperti ini tentu akan dievaluasi oleh pemerintah dari sisi efektivitas dalam menjamin ketersediaan tenaga guru yang profesional," kata Rektor Unimed.

Sementara itu, dari jumlah 2.816 wisudawan lulusan Unimed semester ganjil tahun akademik 2016/2017, terdiri dari 2 lulusan Doktor Pendidikan (Dr), 83 lulusan Magister Humaniora (M.Hum), 306 lulusan Magister Pendidikan (MPd), dan 20 lulusan Magister Sains (M.Si), Kemudian, 2.170 lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd), 52 lulusan Sarjana Sastra (S.S) dari FBS, 99 lulusan Sarjana Sains (S.SI) dari FMIPA, 23 lulusan Sarjana Sains (S.SI) dari FIK, dan 34 lulusan Sarjana Ekonomi (SE) dari FE.(ant)


  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Syamsul Gultom Terpilh Menjadi Rektor Unimed

    MEDAN (EKSPOSnews): Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengapresiasi atas semua tahapan pemilihan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) berjalan tertib, aman dan lancar, serta sesuai den

  • 9 bulan lalu

    Program Studi Baru Unimed Harus Terakreditasi

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Negeri Medan  Syawal Gultom mengatakan prodi baru S3 Teknologi Pendidikan harus segera mendapatkan visitasi akreditasi oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasi

  • 9 bulan lalu

    Mahasiswa Unimed Raih Medali Emas

    MEDAN (EKSPOSnews): Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan berhasil meraih medali emas dan Most Favorit Penilaian Poster pada ajang bergengsi Indonesia Intern

  • 10 bulan lalu

    Unimed Harus Mampu Bersaing dengan Universitas Terkemuka

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Negeri Medan Syawal Gultom, mengatakan perguruan tinggi negeri yang dipimpinnya itu, ke depan diharapkan harus bisa bersaingi dengan berbagai universitas terkemu

  • 10 bulan lalu

    Satpam Unimed Hajar 2 Orang Sampai Mati

    MEDAN (EKSPOSnews): Personel Satuan Reskrim Polrestabes Medan menggelar rekonstruksi kasus pengeroyokan yang merenggut dua orang pria di Kampus Universitas Negeri Medan Jalan Williem Iskandar Desa Med

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99