Jumat, 23 Jun 2017

Unimed Gandeng Perguruan Tinggi Luar Negeri

Oleh: Alex
Selasa, 09 Mei 2017 15:34
BAGIKAN:
istimewa
unimed.
MEDAN (EKSPOSnews): Universitas Negeri Medan, saat ini sudah menjalin kerja sama dengan 21 instansi perguruan tinggi, dinas pendidikan, sekolah, perusahaan, dan lembaga yang bergerak dalam pendidikan di luar negeri.

"Yaitu dari Amerika, Inggris, Perancis, Jerman, Denmark, Cekoloswakia, China, Jepang, Singapura, Taiwan, Thailand, Australia dan Malaysia," kata Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Syawal Gultom, di Medan, Selasa 9 Mei 2017.

Hal tersebut dikatakan Rektor Unimed, ketika mewisuda 1.406 lulusan yang terdiri dari jenjang Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma.

Melalui kerja sama tersebut, diharapkan "visibility" Unimed dengan pihak eksternal semakin meluas yang pada gilirannya berdampak pada ruag gerak aktivitas sivitas akademika dalam melakukan tri darma perguruan tinggi.

"Kepercayaan pihak luar terhadap Unimed terus menerus diupayakan," ujar Syawal.

Ia menyebutkan, sampai saat ini, Unimed dipercaya sebagai penyelenggara tes TKDA dan TKBI dalam rangka sertifikasi dosen.Banyak dosen dari luar Unimed mengikuti tes di perguruan tinggi itu, seperti dari Aceh, Padang dan Batam.

"Hal ini berarti bahwa Unimed tidak hanya mempunyai infra struktur yang mendukung penyelenggaraan tes tersebut, tetapi yang lebih penting adalah ada pengakuan atas kredibilitas dan kepercayaan sebagai penyelenggara," ucap dia.

Ia mengatakan, Pusat bahasa Unimed, sejak 11 April 2017 telah menjalin kerja sama dengan Indonesian Institution Education Foundation (IIEP).

Mahasiswa, alumni dan masyarakat umum dapat mengikuti tes TOEFL ITP di Pusat bahasa Unimed untuk mendapatkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterima secara luas, misalnya untuk beasiswa S2 dan S3.

Pelibatan SDM Unimed dalam kegiatan-kegiatan skala Nasional akhir-akhir ini membesarkan nama baik perguruan tinggi tersebut, yang menunjukkan bahwa secara perlahan tapi pasti apa yang sudah dicanangkan di dalam rencana strategis pengembabangan Unimed, yatu daya saing nasional dapat terwujud.

Kebijakan nasional terutama terkait dengan bidang pendidikan selalu mengikutsertakan Unimed mulai dari proses perencanaan sampai proses implementasi.

Hal ini menunjukkan bahwa Unimed sudah melakukan proses pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Seiring dengan itu, ke depan Unimed juga akan lebih fokus pada peningkatan kualitas riset yang juga akan berkontribusi pada visibility Unimed di dunia luar," kata Rektor Unimed.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Unimed Terima Calon Mahasiswa Bidik Misi

    MEDAN (EKSPOSnews): Universitas Negeri Medan akan menerima 860 mahasiswa dari program bidik misi untuk belajar di perguruan tinggi negeri itu pada tahun ajaran 2017 dan mereka telah mengisi formulir s

  • 4 bulan lalu

    Unimed Jalin Kerja Sama Publikasi Ilmiah

    MEDAN (EKSPOSnews): Universitas Negeri Medan mengadakan kerja sama dengan PT Raja Grafindo Persada, penerbit buku profesional untuk peningkatan mutu pendidikan dan publikasi ilmiah dosen di perguruan

  • 5 bulan lalu

    Unimed Lounching Kampung Bordir di Serdang Bedagai

    SERDANG BEDAGAI (EKSPOSnews): Setelah sukses dengan program kampung Digital, saat ini LPM Unimed berimprovisasi untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dengan tajuk lounching Kampung Bordir Sumater

  • 5 bulan lalu

    Kuota Mahasiswa Miskin di Unimed Cukup Besar

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Negeri Medan  Syawal Gultom mengatakan, kuota mahasiswa miskin untuk kuliah di perguruan tinggi negeri itu cukup besar dan tidak perlu ragu kehabisan kur

  • 5 bulan lalu

    Unimed Raih Akreditasi A

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Negeri Medan Syawal Gultom mengatakan, perguruan tinggi negeri yang dipimpinnya itu, berhasil meraih akreditasi "A" dari Kementerian Riset, Teknolog

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak