Senin, 15 Okt 2018

USU Dapat Hibah dari Pemprov Sumut

Oleh: marsot
Rabu, 15 Nov 2017 04:33
BAGIKAN:
istimewa.
Universitas Sumatera Utara (USU).
MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberi dana hibah Rp10 miliar kepada Universitas Sumatera Utara untuk mendukung pembangunan Kampus II di Kwala Bekala, Kabupaten Deliserdang.

"Dana dari APBD itu untuk membangun embung keperluan pembangunan Kampus II Kwala Bekala," ujar Gubernur Suumut T Erry Nuradi usai penandatanganan prasasti pembangunan embung bersama Rektor USU Runtung Sitepu di Deliserdang, Selasa 14 November 2017.

Menurut Erry, dukungan untuk membangun Kampus II USU itu guna kepentingan peningkata sumber daya manusia (SDM) dimana USU akan membangun Fakultas Kehutanan.

Selain untuk SDM, bantuan membangun embung di kawasan Kwala Bekala itu dengan pertimbangan bisa difungsikan sebagai sanitasi air, tempat ekosistem hewan dan tumbuhan dan dapat dijadikan alternatif wisata air dan sarana olah raga dayung atau perahu naga.

Erry menjelaskan, sertifikat hak pakai tanah untuk kampus itu yang seluas 300 hektare milik PTPN juga sudah diterbitkan.

"Pemprov Sumut masih akan terus membantu USU mengingat Kampus USU I yang di Padang Bulan kondisinya sudah sangat padat." katanya.

Rektor USU, Runtung itepu, mengatakan, USU mengganggarkan Rp5 miliar pada 2018 untuk membangun Fakultas Kehutanan di kampus II Kwala Bekala itu.

"Harapannya kampus itu pada 2019 sudah mulai dioperasikan. Adapun proyeksi pembangunan kampus itu sendiri sampai tahun 2024 karena akan dilengkapi banyak fasilitas seperti tempat persinggaahn atau penginapan bagi peneliti," katanya.

Runtung menjelaskan, embung itu berbeda dengan bendungan atau waduk karena ukurannya lebih kecil.

Namun meski lebih kecil, embung itu nantinya akan dapat menampung air dengan volume air hingga 582.000 meter kubik.

"Sebagai ilustrasi, air sebanyak itu bisa digunakan mandi dan minum oleh 100 orang selama satu setengah tahun atau memelihara ikan lele 3 juta ekor sekaligus," ujarnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Presiden Jokowi Ajak USU Buka Jurusan Sesuai Perkembangan Teknologi

    MEDAN (EKSPOSnews): Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Orasi Ilmiah di Universitas Sumatera Utara (USU), dalam acara Dies Natalis USU ke-66 tahun.  Dalam Orasi Ilmiahny

  • 6 hari lalu

    KPK Tetapkan Irwandi Yusuf Tersangka Penerima Gratifikasi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua orang sebagai tersangka menerima gratifikasi terkait pelaksanaan proyek pembangunan Dermaga Sabang yang dibiayai APBN Tahun Angg

  • 4 minggu lalu

    Kelapa Sulawesi Utara Makin Susut

    MANADO (EKSPOSnews): Luas lahan tanaman kelapa yang masih produktif di Sulawesi Utara tinggal 220 ribu hektare, kata Kepala Dinas Perkebunan Sulut Refly Ngantung."Kita memiliki 275 ribu hektare tanama

  • satu bulan lalu

    Irwandi Yusuf Praperadilankan KPK?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima surat untuk menghadiri proses persidangan praperadilan Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, tersangka suap pengalokasian dan pe

  • satu bulan lalu

    USU Tingkatkan Prodi Akreditasi A

    MEDAN (EKSPOSnews): Universitas Sumatera Utara hingga Agustus 2018, telah menunjukkan peningkatan jumlah prodi berakreditasi "A" yang cukup signifikan."Dari jumlah 22 program studi (Prodi) di tahun 20

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99