Rabu, 18 Jul 2018

USU Dapat Hibah dari Pemprov Sumut

Oleh: marsot
Rabu, 15 Nov 2017 04:33
BAGIKAN:
istimewa.
Universitas Sumatera Utara (USU).
MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberi dana hibah Rp10 miliar kepada Universitas Sumatera Utara untuk mendukung pembangunan Kampus II di Kwala Bekala, Kabupaten Deliserdang.

"Dana dari APBD itu untuk membangun embung keperluan pembangunan Kampus II Kwala Bekala," ujar Gubernur Suumut T Erry Nuradi usai penandatanganan prasasti pembangunan embung bersama Rektor USU Runtung Sitepu di Deliserdang, Selasa 14 November 2017.

Menurut Erry, dukungan untuk membangun Kampus II USU itu guna kepentingan peningkata sumber daya manusia (SDM) dimana USU akan membangun Fakultas Kehutanan.

Selain untuk SDM, bantuan membangun embung di kawasan Kwala Bekala itu dengan pertimbangan bisa difungsikan sebagai sanitasi air, tempat ekosistem hewan dan tumbuhan dan dapat dijadikan alternatif wisata air dan sarana olah raga dayung atau perahu naga.

Erry menjelaskan, sertifikat hak pakai tanah untuk kampus itu yang seluas 300 hektare milik PTPN juga sudah diterbitkan.

"Pemprov Sumut masih akan terus membantu USU mengingat Kampus USU I yang di Padang Bulan kondisinya sudah sangat padat." katanya.

Rektor USU, Runtung itepu, mengatakan, USU mengganggarkan Rp5 miliar pada 2018 untuk membangun Fakultas Kehutanan di kampus II Kwala Bekala itu.

"Harapannya kampus itu pada 2019 sudah mulai dioperasikan. Adapun proyeksi pembangunan kampus itu sendiri sampai tahun 2024 karena akan dilengkapi banyak fasilitas seperti tempat persinggaahn atau penginapan bagi peneliti," katanya.

Runtung menjelaskan, embung itu berbeda dengan bendungan atau waduk karena ukurannya lebih kecil.

Namun meski lebih kecil, embung itu nantinya akan dapat menampung air dengan volume air hingga 582.000 meter kubik.

"Sebagai ilustrasi, air sebanyak itu bisa digunakan mandi dan minum oleh 100 orang selama satu setengah tahun atau memelihara ikan lele 3 juta ekor sekaligus," ujarnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 jam lalu

    Tekanan Massa Agar Bebaskan Gubernur Aceh dari Tahanan KPK

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Massa dari Koalisi Masyarakat Aceh Bersatu (KMAB) sebelumnya berunjuk rasa menuntut Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dibebaskan, bertahan di kantor gubernur Aceh.Massa KMA

  • 21 jam lalu

    16 Pelaku Rusuh di Tapanuli Utara Diamankan Polisi

    TARUTUNG (EKSPOSnews): Polres Tapanuli Utara mengamankan 16 terduga pelaku demo rusuh yang mengakibatkan kerusakan kantor panitia pengawas dan menyebabkan dua anggota kepolisian mengalami luka saat ak

  • 2 hari lalu

    UMK Fasilitasi Dua UMKM Ikuti Bazar di Stadio Joyo Kusumo

    PATI (EKSPOSnews): Universitas Muria Kudus (UMK) melalui Program Pengabdian Masyarakat Iptek bagi Produk Unggulan Daerah (IbPUD), memfasilitasi dua Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMK) mitra IbPUD, un

  • 2 hari lalu

    Penyusup Saat Final Piala Dunia

    MOSKOW (EKSPOSnews): Olga Kurachyova, anggota grup band Rusia yang anti-Kremlin, 'Pussy Riot', kini masih dalam tahanan polisi setelah bersama beberapa orang lainnya masuk ke lapangan saat p

  • satu minggu lalu

    USU Perpanjang Pendaftaran Seleksi Calon Mahasiswa Mandiri

    MEDAN (EKSPOSnews): Universitas Sumatera Utara (USU) masih membuka kesempatan para calon mahasiswa yang berkeinginan kuliah di perguruan tinggi negeri itu untuk mengikuti jalur Seleksi Masuk Mandiri(S

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99