Minggu, 21 Jan 2018

USU Dapat Hibah dari Pemprov Sumut

Oleh: marsot
Rabu, 15 Nov 2017 04:33
BAGIKAN:
istimewa.
Universitas Sumatera Utara (USU).
MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberi dana hibah Rp10 miliar kepada Universitas Sumatera Utara untuk mendukung pembangunan Kampus II di Kwala Bekala, Kabupaten Deliserdang.

"Dana dari APBD itu untuk membangun embung keperluan pembangunan Kampus II Kwala Bekala," ujar Gubernur Suumut T Erry Nuradi usai penandatanganan prasasti pembangunan embung bersama Rektor USU Runtung Sitepu di Deliserdang, Selasa 14 November 2017.

Menurut Erry, dukungan untuk membangun Kampus II USU itu guna kepentingan peningkata sumber daya manusia (SDM) dimana USU akan membangun Fakultas Kehutanan.

Selain untuk SDM, bantuan membangun embung di kawasan Kwala Bekala itu dengan pertimbangan bisa difungsikan sebagai sanitasi air, tempat ekosistem hewan dan tumbuhan dan dapat dijadikan alternatif wisata air dan sarana olah raga dayung atau perahu naga.

Erry menjelaskan, sertifikat hak pakai tanah untuk kampus itu yang seluas 300 hektare milik PTPN juga sudah diterbitkan.

"Pemprov Sumut masih akan terus membantu USU mengingat Kampus USU I yang di Padang Bulan kondisinya sudah sangat padat." katanya.

Rektor USU, Runtung itepu, mengatakan, USU mengganggarkan Rp5 miliar pada 2018 untuk membangun Fakultas Kehutanan di kampus II Kwala Bekala itu.

"Harapannya kampus itu pada 2019 sudah mulai dioperasikan. Adapun proyeksi pembangunan kampus itu sendiri sampai tahun 2024 karena akan dilengkapi banyak fasilitas seperti tempat persinggaahn atau penginapan bagi peneliti," katanya.

Runtung menjelaskan, embung itu berbeda dengan bendungan atau waduk karena ukurannya lebih kecil.

Namun meski lebih kecil, embung itu nantinya akan dapat menampung air dengan volume air hingga 582.000 meter kubik.

"Sebagai ilustrasi, air sebanyak itu bisa digunakan mandi dan minum oleh 100 orang selama satu setengah tahun atau memelihara ikan lele 3 juta ekor sekaligus," ujarnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Luas Hutan di Aceh Menyusut

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) menyatakan luas hutan di provinsi itu menyusut sebesar 17.000 hektare lebih sepanjang 2017."Peny

  • 2 minggu lalu

    Ashari Tambunan-Ali Yusuf Siregar Daftar ke KPUD Deliserdang

    LUBUKPAKAM (EKSPOSnews): Pasangan Ashari Tambunan-Ali Yusuf Siregar resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati, Selasa

  • 2 minggu lalu

    Kerusuhan di LP Banda Aceh, Polisi Temukan Narkoba

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kepolisian menyita narkotika dan obat terlarang setelah kerusuhan diwarnai dengan pembakaran bangunan penjara dan mobil polisi di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas IIA Banda

  • 2 minggu lalu

    Tingkat Hunian Rumah Susun di Batam Tinggi

    BATAM (EKSPOSnews): Tingkat hunian rumah susun di Kota Batam Kepulauan Riau hanya 60 persen, kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Batam Herman Rozie.Ia menyatakan tingkat huni

  • satu bulan lalu

    Usut Tuntas Peredaran Obat Herbal Ilegal

    MEDAN (EKSPOSnews): Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Sumatera Utara meminta Polda Sumut agar mengusut tuntas penjualan obat-obat herbal ilegal yang secara bebas diperjualbelikan kepada masyarakat."P

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99