Senin, 20 Nov 2017

USU Dapat Hibah dari Pemprov Sumut

Oleh: marsot
Rabu, 15 Nov 2017 04:33
BAGIKAN:
istimewa.
Universitas Sumatera Utara (USU).
MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberi dana hibah Rp10 miliar kepada Universitas Sumatera Utara untuk mendukung pembangunan Kampus II di Kwala Bekala, Kabupaten Deliserdang.

"Dana dari APBD itu untuk membangun embung keperluan pembangunan Kampus II Kwala Bekala," ujar Gubernur Suumut T Erry Nuradi usai penandatanganan prasasti pembangunan embung bersama Rektor USU Runtung Sitepu di Deliserdang, Selasa 14 November 2017.

Menurut Erry, dukungan untuk membangun Kampus II USU itu guna kepentingan peningkata sumber daya manusia (SDM) dimana USU akan membangun Fakultas Kehutanan.

Selain untuk SDM, bantuan membangun embung di kawasan Kwala Bekala itu dengan pertimbangan bisa difungsikan sebagai sanitasi air, tempat ekosistem hewan dan tumbuhan dan dapat dijadikan alternatif wisata air dan sarana olah raga dayung atau perahu naga.

Erry menjelaskan, sertifikat hak pakai tanah untuk kampus itu yang seluas 300 hektare milik PTPN juga sudah diterbitkan.

"Pemprov Sumut masih akan terus membantu USU mengingat Kampus USU I yang di Padang Bulan kondisinya sudah sangat padat." katanya.

Rektor USU, Runtung itepu, mengatakan, USU mengganggarkan Rp5 miliar pada 2018 untuk membangun Fakultas Kehutanan di kampus II Kwala Bekala itu.

"Harapannya kampus itu pada 2019 sudah mulai dioperasikan. Adapun proyeksi pembangunan kampus itu sendiri sampai tahun 2024 karena akan dilengkapi banyak fasilitas seperti tempat persinggaahn atau penginapan bagi peneliti," katanya.

Runtung menjelaskan, embung itu berbeda dengan bendungan atau waduk karena ukurannya lebih kecil.

Namun meski lebih kecil, embung itu nantinya akan dapat menampung air dengan volume air hingga 582.000 meter kubik.

"Sebagai ilustrasi, air sebanyak itu bisa digunakan mandi dan minum oleh 100 orang selama satu setengah tahun atau memelihara ikan lele 3 juta ekor sekaligus," ujarnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    RS Medistra Kerja Sama dengan Cipto Mangunkusumo

    JAKARTA (EKSPOSnews): Rumah Sakit swasta Medistra bekerja sama dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo bekerja sama dalam menyediakan pelayanan fasilitas terapi sel punca berbasis riset.Ketua Tim Sel Pu

  • 3 minggu lalu

    PTPN III dan SPBun Sosialisasi tentang Penyusunan PKB

    MEDAN (EKSPOSnews): PKB atau Perjanjian Kerja Bersama merupakan suatu perjanjian kedua belah pihak antara serikat pekerja atau beberapa serikat pekerja tercatat di instansi yang bertanggung jawab di b

  • 4 minggu lalu

    Tenang! Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan bahwa susu kental manis (SKM) aman dikonsumi oleh siapa pun, termasuk anak-anak."Itu kan sudah sejak lama kami periksa dan ada a

  • satu bulan lalu

    Rusuh di Kemendagri, 11 Tersangka

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan 11 tersangka terhadap pendemo yang rusuh di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI."11 orang kita naikkan statusnya menjadi tersangk

  • satu bulan lalu

    Wijaya Karya dan Kereta Api Bangun Rumah Susun

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Wijaya Karya Persero Tbk. (Wika) bersama PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) meresmikan pembangunan rumah susun (rusun) dengan konsep "transit oriented development (TOD)" at

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99