Senin, 25 Mei 2020

USU Berangkatkan Ratusan Mahasiswa ke Riau dan Aceh

Rabu, 13 Jul 2016 04:52
BAGIKAN:
ist
Mahasiswa
MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Sumatera Utara memberangkatkan sebanyak 272 mahasiswa kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat tahun 2016 ke Provinsi Aceh dan Kepulauan Riau.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Runtung Sitepu mengatakan sebagai wahana sinergi bagi mahasiswa dan masyarakat dalam rangka meningkatkan pemahaman serta mencari pemecahan masalah yang dihadapi masyarakat.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), menurut dia, dirancang menjadi empat program kegiatan yaitu, KKN-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Reguler dilaksanakan di Kabupaten Karo, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Simalungun.

Sedangkan KKN Pulau Terluar, di Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh, dan Kabupaten Nias Utara, ujar Runtung.

KKN Tematik dilakukan di Kota Tanjungbalai dan KKN Kebangsaan di Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Khusus untuk lokasi Tanjung Pinang, karena pada tahun 2016 Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) telah ditunjuk sebagai tuan rumah, sehingga peserta KKN pada program kebangsaan ini berasal dari berbagai universitas di wilayah Barat Indonesia.

Kepada peserta KKN USU, Rektor berpesan agar 272 orang mahasiswa dapat belajar langsung di lapangan dengan cara melakukan "sharing" bersama masyarakat setempat.

"Kami juga berharap agar mahasiswa dapat bekerja bersama masyarakat dalam rangka memecahkan berbagai masalah yang dihadapi di lapangan pada saat KKN nantinya," ucapnya.

Rektor mengatakan, bagi mahasiswa yang berangkat ke Kabupaten Karo, dimana masyarakat di daerah tersebut tengah tertimpa musibah, tentunya menghadapi banyak masalah karena erupsi Gunung Sinabung.

Bantulah mereka, karena masyarakat di daerah itu membutuhkan bantuan.

Demikian juga mahasiswa yang akan melakukan KKN di Provinsi Aceh dan Kepulauan Riau, tunjukkan kemampuan dan kompetensi anda kepada masyarakat di provinsi tersebut.

"Ingat anda tidak hanya sebagai peserta KKN saja, tetapi juga sebagai 'Duta' Universitas Sumatera Utara," kata Runtung.

Pada acara tersebut dihadiri Wakil Rektor I Rosmayati, Wakil Rektor II Muhammad Fidel Ganis Siregar, Wakil Rektor III  Mahyuddin KM Nasution, Wakil Rektor V Luhut Sihombing dan Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat USU  Darma Bakti.(ant)

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Polda Riau Tetapkan Tersangka Pembakaran Hutan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau menaikkan status perkara menjadi penyidikan dan segera menetapkan tersangka terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di k

  • 7 bulan lalu

    Penusukan Wiranto Jadi Pelajaran

    JAKARTA (EKSPOSnews): Peristiwa penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10) menjadi sorotan warganet d

  • 9 bulan lalu

    Jembatan di Aceh Barat Ambruk

    MEULABOH (EKSPOSnews): Aktivitas ribuan masyarakat di di empat desa meliputi Desa Peulanteu LB, Ujong Simpang, Karang Hampa dan Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat hingga Sel

  • 9 bulan lalu

    15 Mahasiswa Diamankan

    BANDUNG (EKSPOSnews): Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan pihak Polres Cianjur telah mengamankan sedikitnya 15 mahasiswa setelah kejadian aksi mahasiswa yang berujun

  • 10 bulan lalu

    KPK Periksa Sejumlah Pejabat Provinsi Kepulauan Riau

    BATAM (EKSPOSnews): Sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi terkait kasus perizinan reklamasi yang melibatkan Gubernur Kepri nonaktif Nurdin

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99