Sabtu, 25 Jan 2020

Sumut Siap Menarik dan Mengelola Puluhan Ribu Gur

Rabu, 13 Jul 2016 04:21
BAGIKAN:
Guru sedang mengajar
MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus bersiap untuk segera menarik atau mengalihkan pengelolaan dan status 20-ribuan guru serta tenaga administrasi di kabupaten/kota di wilayah setempat.

Gubernur Sumut T Erry Nuradi mengatakan langkah pengalihan itu sebagai implikasi dari pelaksanaaan UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sebanyak 20-ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) guru dan tenaga administrasi itu berasal dari 600 sekolah menengah atas dan SMK di 33 kabupaten/kota.

"Sesuai ketentuan dan rencana, 20-ribuan ASN kabupaten/kota akan dialihkan menjadi pegawai Pemerintah Provinsi Sumut per 1 Januari 2017," katanya, Selasa 13 Juli 2016.

Karena waktunya sudah dekat, maka dewasa ini sedang dilakukan persiapan.

"Semua sedang dalam persiapan terkait pengalihan sebagian urusan pendidikan dari kabupaten/kota ke provinsi," katanya.

Dia mengakui, pengalihan tanggung jawab itu merupakan pekerjaan berat dan butuh perhatian serius dari semua pihak yang terkait.

Meski berat tanggung jawabnya tetapi karena sudah diamanatkan, maka Pemprov Sumut harus segera menyikapi aturan dan perkembangan dari implementasi UU 23/2014 itu yang menimbulkan banyak perubahan signifikan terkait soal pendidikan.

Erry mengaku sudah mengingatkan agar, Dinas Pendidikan Sumut terus melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait dan juga dengan pemkab/pemkot.

"Program itu harus benar-benar disiapkan dan masuk dalam rencana kerja Pemprov Sumut tahun 2017, sehingga tidak ada lagi yang tertinggal," katanya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah pengalihan urusan pendidikan sekolah menengah atas itu.

Dia mengakui ada lima daerah di Sumut yakni Tebingtinggi, Tapanuli Selatan, Nias, Dairi dan Batubara dan 42 kabupaten/kota di Indonesia yang menggugat UU itu ke Mahkamah Konstitusi.

"Namun meski ada gugatan, Pemprov Sumut terus melakukan persiapan proses administrasi," kataya.

Dia menjelaskan dari 20-ribuan ASN, sebanyak 19 ribu orang lebih merupakan guru dan sisanya pegawai administrasi.

"Memang perlu koordinasi dan serius karena dengan menjadi kewenangan provinsi, maka penggajian ASN itu harus ditampung dalam APBD Provinsi," katanya.

Diperkirakan ada penambahan anggaran mencapai Rp1 triliun per tahun untuk keperluan gaji ASN tambahan itu.(ant)

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Ninoy Ancam Laporkan Pengurus Masjid Al Falaah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pegiat media sosial Ninoy Karundeng mengancam akan melaporkan Ketua Pengurus Masjid Al Falaah, Iskandar, ke polisi lantaran menyebarkan informasi yang tidak benar terkait peristi

  • 6 bulan lalu

    MK Batalkan SK KPU Sumut untuk DPRD Provinsi Dapil 9

    JAKARTA (EKSPOSnews): Majelis Mahkamah Konstitusi melalui putusannya membatalkan Surat Keputusan KPU terkait rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk daerah pemilihan Sumut 9 DPRD Provinsi Sumatera

  • 7 bulan lalu

    Tingkatkan Kesejahteraan Guru Kontrak

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kini telah memperoleh hasil akhir oleh Mahkamah Konstitusi. Hal ini kemudian menuai harapan dari para guru kontrak agar presiden terpi

  • 8 bulan lalu

    Pengurusan Paspor di Meulaboh Melonjak

    MEULABOH (EKSPOSnews): Pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mengalami peningkatan dari biasanya setelah dibuka kembali usai libur bersama perayaan Hari

  • 8 bulan lalu

    Demo karena Diajak Guru Ngaji?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Dari ikut-ikutan teman, ingin melihat langsung demo di Jakarta hingga diajak seorang yang diduga guru ngaji menjadi alasan banyak anak-anak ikut aksi penolakan hasil rekapitulasi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99