Rabu, 22 Mei 2019

Sekolah Akan Terhubung Internet

Oleh: marsot
Senin, 25 Mar 2019 20:46
BAGIKAN:
istimewa.
Internet.
KUPANG (EKSPOSnews): Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo),  Rudiantara mengatakan, 214 ribu sekolah, baik SMA, SMP dan SD akan terhubung internet berkecepatan tinggi.

Selain sekolah, ada 83 ribu kantor desa, 5.000 puskesmas, kantor polsek dan koramil juga akan terhubung internet, katanya, di desa Detusuko, Ende, Senin 25 Maret 2019.

Dia mengemukakan hal itu, menjawab pertanyaan pada acara sosialisasi pemanfaatan akses internet di SMA Negeri Detusoko, sekitar 30 km arah barat Kota Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam dialog itu, sejumlah guru meminta perhatian pemerintah, di mana banyak sekolah di NTT yang belum bisa melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (unbk) karena sulitnya akses internet.

"Saat ini ada 214 ribu sekolah yang belum terhubung internet, tetapi nanti tidak ada lagi sekolah yang tidak terhubung internet dengan kecepatan tinggi," kata Menkominfo.

Menurut dia, pemerintah sudah menyiapkan pembangunan satelit yang menghasilkan internet berkecepatan tinggi ini sejak dua tahun yang lalu.

"Bagaimana supaya semua sekolah bisa terhubung internet, pemerintah sudah menyiapkan dua tahun dengan membangun satelit, karena untuk menghubungkan internet ke sekolah, puskemas dan polsek serta koramil harus menggunakan satelit," katanya.

Dia mengatakan, pembangunan satelit memang membutuhkan waktu 6-7 tahun, tetapi harus dimulai karena jika tidak, maka kita tidak bisa menghubungkan Indonesia.

Menkominfo mengatakan, jika ada satelit yang bisa disewakan, maka pemerintah akan menyewa agar Indonesia bisa merdeka lebih awal dari sinyal.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Daerah Tertinggal di Sumbar Dapat Internet Cepat

    PADANG (EKSPOSnews): Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar di Sumatera Barat mendapatkan akses internet cepat melalui program Palapa Ring dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakt

  • 2 bulan lalu

    Pemkot Ternate Bangun Internet Gratis

    TERNATE (EKSPOSnews): Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Pemkot Ternate, Maluku Utara (Malut), akan membangun internet gratis bagi masyarakat di berbagai titik, terutama di daerah pesisir Pu

  • 2 bulan lalu

    Memperbaiki Gedung Sekolah di Palembang

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan berupaya memperbaiki gedung sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Mengah Pertama (SMP) secara bertahap sesuai deng

  • 2 bulan lalu

    Internet Indosat 4G Hampir Mencakup Seluruh Indonesia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Indosat Ooredoo mengimplementasi teknologi 4G di seluruh jaringannya sehingga pelanggan di 422 kota/kabupaten yang mencakup 80 persen populasi Indonesia dapat menikmati jaringan

  • 2 bulan lalu

    UKM di Natuna Dapat Layanan Internet

    NATUNA (EKSPOSnews): PT Hawk Teknologi Solusi atau HTSnet menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi usaha kecil-menengah agar dapat membantu mereka mengatasi biaya internet yang bes

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99