Senin, 25 Mei 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • Sarjana Membangun Desa dari Unimed Siap Diterjunkan ke Daerah Terpencil

Sarjana Membangun Desa dari Unimed Siap Diterjunkan ke Daerah Terpencil

Kamis, 01 Sep 2016 09:19
BAGIKAN:
ist
Sarjana (ilustrasi).

MEDAN (EKSPOSnews): Sebanyak 280 orang peserta Sarjana Membangun di Daerah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar dari Universitas Negeri Medan telah siap untuk dikirimkankan mengabdi ke lima daerah terpencil di Indonesia.

Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Syawal Gultom, ketika penutupan prakondisi di Stadion Unimed, berharap peserta Sarjana Membangun di Daerah Terdepan Tertinggal dan Terluar (SM3T) menjadi guru yang inspiratif.

Menurut dia, peserta SM3T harus mampu memberikan pencerahan, karena hal itu adalah tugas yang mulia dan pasti bermakna dalam sejarah hidup.

Hampir sama dengan tugas para nabi yang mencerdaskan masyarakat, SM3T juga dituntut untuk mampu mencerdaskan anak-anak di daerah pedalaman.

"Jadilah guru yang mampu menginspirasi murid-murid dan berbagi ilmu dengan guru-guru yang ada di daerah 3T," ujar Syawal, Rabu 31 Agustus 2016.

Ia mengatakan, peserta SM3T harus bersukur, karena dari 16 ribu peserta yang mendaftar dan setelah melalui beberapa tahapan seleksi, maka yang terpilih hanya 280 orang.

Sementara itu, Koordinator SM3T Unimed yang juga Wakil Rektor 1 Prof Dr Abdul Hamid mengungkapkan, peserta SM3T Unimed tahun 2016 akan diberangkatkan mulai Kamis (1/9) kelima lokasi sasaran.

Lokasi tersebut, menurut dia, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat sebanyak 76 orang, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat sebanyak 55 orang, dan Kabupaten Seluma, Bengkulu sebanyak 65 orang.

Kemudian, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat sebanyak 67 orang, dan Kabupaten Sabu Raijua, NTT sebanyak 17 orang.

"Mereka akan diantar oleh beberapa dosen dan staf sampai ke daerah tujuan, serta diserahkan kepada pemerintah daerah dimana sarjana SM3T akan melaksanakan pengabdian," ujar Hamid.

Tika Barus, salah seorang peserta SM3T mengatakan, pembelajaran pada masa prakondisi menjadi bekal bagi mereka di lapangan nanti.

Pihaknya menyampaikan terima kasih atas latihan kepribadian dan latihan fisik yang diberikan Kodam 1 Bukit Barisan.

"Saya memohon doa restu dari orang tua, teman, pimpinan Unimed dan panitia penyelenggara," kata Tika.

Salah satu orang tua peserta B Sihombing merasa bangga karena anaknya terpilih untuk mengikuti SM3T.

"Saya mendukung anak saya untuk mengikuti SM3T ini, supaya dia menjadi anak yang mandiri. Kegiatan ini juga bentuk pengabdian kepada negara," ucap Sihombing.(ant)


  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Syamsul Gultom Terpilh Menjadi Rektor Unimed

    MEDAN (EKSPOSnews): Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengapresiasi atas semua tahapan pemilihan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) berjalan tertib, aman dan lancar, serta sesuai den

  • tahun lalu

    Program Studi Baru Unimed Harus Terakreditasi

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Negeri Medan  Syawal Gultom mengatakan prodi baru S3 Teknologi Pendidikan harus segera mendapatkan visitasi akreditasi oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasi

  • tahun lalu

    UGM Buka Program Studi Sarjana Terapan

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada pada Tahun Ajaran 2019/2020 hanya akan menerima mahasiswa untuk Program Studi Sarjana Terapan atau Diploma 4."Mulai tahun ini kami hanya

  • tahun lalu

    Mahasiswa Unimed Raih Medali Emas

    MEDAN (EKSPOSnews): Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan berhasil meraih medali emas dan Most Favorit Penilaian Poster pada ajang bergengsi Indonesia Intern

  • tahun lalu

    Unimed Harus Mampu Bersaing dengan Universitas Terkemuka

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Negeri Medan Syawal Gultom, mengatakan perguruan tinggi negeri yang dipimpinnya itu, ke depan diharapkan harus bisa bersaingi dengan berbagai universitas terkemu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99