Senin, 25 Mei 2020

Sarjana Membangun Desa Pelatihan di Unimed

Selasa, 16 Agu 2016 05:01
BAGIKAN:
ist
Sarjana (ilustrasi).

MEDAN (EKSPOSnews): Sebanyak 287 Sarjana Membangun Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal Angkatan VI Universitas Negeri Medan mengikuti kegiatan pelatihan Prakondisi di Lembaga Pendidikan Perkebunan Medan, 15-31 Agustus 2016.

Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Syawal Gultom ketika membuka pelatihan tersebut,  mengatakan, peserta Sarjana Membangun Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) harus mampu menjadikan masa pengabdian itu sebagai nilai ibadah yang paling utama.

Sebab, menurut dia, peserta SM3T tersebut akan jauh dari orang tua, saudara, serta keramaian yang selama ini diperoleh di perkotaan.

"Bila yang mendasari aktivitas nanti adalah pengabdian kepada bangsa yang didasari nilai ibadah, selama di lokasi penempatan akan merasa nyaman dan tenang pikiran," ujar Syawal, Senin 16 Agustus 2016.

Ia mengatakan, peserta harus memiliki kesiapan yang matang, baik dari sisi pengetahuan, skill mengajar, mau pun kemampuan bersosial yang baik dengan masyarakat dan lain sebagainya.

Dalam proses pengabdian nanti, kegiatan pembelajaran harus mampu membangkitkan semangat belajar para siswa, karena guru yang baik adalah guru yang bisa membuat murid bisa bertanya dan bergairah dalam belajar.

Peserta harus yakin bahwa dengan dasar niat yang baik, nilai ibadah, selalu berbuat dan bergaul dengan masyarakat, pastinya akan mendapatkan ketenangan.

"Semoga saudara diberikan kesehatan, ketenangan, dan kebahagiaan di lokasi pengabdian. Saya berharap saudara tetap menjunjung tinggi nama baik Unimed di tengah-tengah masyarakat, khususnya di lokasi tempat pengabdian pada program SM3T Angkatan VI ini," kata Rektor.

Kegiatan Prakondisi itu bertujuan untuk membekali kesiapan peserta sekaligus sebagai seleksi kesiapan fisik dan mental.

Semua kegiatan yang telah dirancang, diisi oleh para instruktur yang ahli dibidangnya. Keseluruhan peserta sebelumnya telah mengikuti seleksi yang ketat, dari seleksi berkas, ujian tes secara online, dan wawancara di Unimed.

Prakondisi merupakan tahapan berikutnya yang harus diikuti peserta sebelum diberangkatkan ke daerah yang menghadapi permasalahan pendidikan di wilayah 3T.(ant)


  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Syamsul Gultom Terpilh Menjadi Rektor Unimed

    MEDAN (EKSPOSnews): Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengapresiasi atas semua tahapan pemilihan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) berjalan tertib, aman dan lancar, serta sesuai den

  • 12 bulan lalu

    Tradisi Ziarah Rumah Gadang di Desa Sikabau

    PULAU PUNJUNG (EKSPOSnews): Tradisi ziarah rumah gadang suku Mandahiliang di Nagari (Desa Adat) Sikabau, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) masih bertahan sebagai sarana silaturahmi dalam

  • tahun lalu

    Program Studi Baru Unimed Harus Terakreditasi

    MEDAN (EKSPOSnews): Rektor Universitas Negeri Medan  Syawal Gultom mengatakan prodi baru S3 Teknologi Pendidikan harus segera mendapatkan visitasi akreditasi oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasi

  • tahun lalu

    UGM Buka Program Studi Sarjana Terapan

    YOGYAKARTA (EKSPOSnews): Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada pada Tahun Ajaran 2019/2020 hanya akan menerima mahasiswa untuk Program Studi Sarjana Terapan atau Diploma 4."Mulai tahun ini kami hanya

  • tahun lalu

    Mahasiswa Unimed Raih Medali Emas

    MEDAN (EKSPOSnews): Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan berhasil meraih medali emas dan Most Favorit Penilaian Poster pada ajang bergengsi Indonesia Intern

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99