Jumat, 22 Sep 2017

Ribuan Pelajar SD di Siak Dapat Bantuan

Oleh: Marsot
Rabu, 05 Apr 2017 20:18
BAGIKAN:
istimewa
Pelajar SD.
SIAK (EKSPOSnews): Seribu siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Kabupaten Siak, Riau, menerima bantuan perlengkapan sekolah yang diserahkan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Bantuan itu diserahkan pada acara penanaman perdana padi dan jagung di Kecamatan Bunga Raya, Rabu 5 April 2017.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Suprapto mengatakan bantuan perlengkapan sekolah tersebut dibagikan kepada pelajar yang kurang mampu di wilayah setempat untuk meningkat motivasi siswa dalam menuntut ilmu.

"Bantuan perlengkapan sekolah itu dari PT Bumi Siak Pusako (BSP) dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui dana corparate social responsibility (CSR)," katanya usai kegiatan penanaman padi dan jagung seluas 5.000 hektare (Ha) yang dipusatkan di Kecamatan Bunga Raya, Siak.

Iriana Diah Parawansa (9) salah satu siswa sekolah dasar (SD) di SDN 08 Kemuning Muda yang menerima bantuan perlengkapan sekolah merasa senang karena diberikan langsung oleh panglima TNI, dan bisa bersalaman dengan Gubernur Riau dan Bupati Siak.

"Sangat senang bisa dapat bantuan perlengkapan sekolah seperti tas, alat-alat tulis, dan lainnya," kata siswi kelas III ini.

Iriana berasal dari keluarga kurang mampu, tetapi cerdas. Terbukti dia mendapat juara II pada semester lalu di sekolahnya.

Selain bantuan perlengkapan sekolah untuk anak kurang mampu, pada 2017 Kabupaten Siak dibanjiri bantuan untuk bidang pertanian baik dari pemerintah Provinsi Riau maupun pemerintah pusat, di antaranya benih padi sebanyak 21.375 kilogram untuk 855 hektare. Kemudian benih jagung hibrida sebanyak 1.455 kg atau 97 Ha, pengembangan desa pertanian organik seluas 20 Ha cukup dengan paket lengkapnya.

Ada juga satu unit paket lengkap pengelola pupuk organik (UPPO). Pengembangan Hazton seluas 200 Ha, subsidi benih seluas 2.000 Ha, combine Hervester sedang sebanyak tiga unit dan combine hervester sebanyak lima unit.

Selanjutnya pengembangan kawasan seluas 231 Ha berupa benih padi, pupuk, dan herbisida, dan handtraktor sebanyak enamunit, dan benih padi seluas 100 kg varietas Indragiri.

Semua itu dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau melalui dana yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi Riau yang diserahkan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman kepada petani.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian juga menyerahkan secara simbolis benih padi sebanyak 50 kg varietes mokonggo dan benih jagung sebanyak 100 kg SHS 101, serta polis asuransi pertanian yang diterima 1.500 petani Kabupaten Siak.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Nelayan Asahan Dapat Bantuan 8 Kapal

    ASAHAN (EKSPOSnews): Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, akan menerima bantuan delapan unit kapal nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk disalurkan kepada koperasi nelayan di daerah it

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak